Kesehatan Anak

9 Makanan dan Minuman untuk Anak yang Sariawan

Bunga Sandha Pragastiwi, 24 Nov 2023

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Anak yang sariawan biasanya kesulitan mengunyah. Supaya si Kecil nyaman dan cepat pulih, berikan makanan dan minuman yang tepat ketika anak sariawan

9 Makanan dan Minuman untuk Anak yang Sariawan

Saat anak mengalami sariawan, ia akan enggan makan karena kesulitan mengunyah dan merasa tidak nyaman saat makanan masuk ke mulut. Karena itu, Mama dan Papa harus memilih makanan serta minuman yang tepat untuk dikonsumsi anak yang sedang sariawan.

Untuk membantu meredakan sariawan dan memastikan asupan nutrisi yang cukup, berikut adalah daftar makanan dan minuman yang bisa menjadi pilihan.

1. Bubur

Bubur adalah makanan lembut yang mudah dicerna dan cocok untuk anak-anak dengan sariawan. Jenis bubur yang direkomendasikan adalah yang kaya akan serat dan vitamin.

Sebaiknya hindari bubur dengan tekstur kasar yang dapat mengiritasi area sariawan. Bubur oat adalah contoh yang baik, karena mengandung serat dan memiliki tekstur lembut.

Artikel Lainnya: Penyebab Sariawan pada Anak

2. Sup Hangat

Sup hangat, terutama sup ayam, tidak hanya memberikan rasa nyaman pada tenggorokan tetapi juga menyediakan protein penting dan nutrisi lainnya.

Dalam beberapa kasus, tambahkan potongan sayuran yang lembut ke dalam sup untuk memberikan tambahan vitamin dan mineral.

3. Kentang Tumbuk

Kentang tumbuk adalah sumber karbohidrat yang lembut dan mudah dicerna. Karbohidrat ini penting untuk menjaga energi anak selama masa penyembuhan.

Pastikan kentang tumbuk tidak terlalu panas saat disajikan untuk menghindari iritasi tambahan.

4. Puding

Puding tidak hanya lezat tetapi juga mudah ditelan. Pilih puding rendah gula atau buat puding sendiri dengan menggunakan buah-buahan segar.

Dengan begitu, anak bisa makan lebih nyaman tapi kebutuhan gizinya tetap terpenuhi. Selain itu, makan puding dapat memberikan sensasi dingin yang menyegarkan pada bagian sariawan anak.

5. Buah-buahan

Buah-buahan seperti pisang dan melon mengandung banyak air dan vitamin. Pisang juga mengandung kalium, yang penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Potong buah-buahan menjadi potongan kecil untuk memudahkan anak dalam mengonsumsinya.

6. Smoothies

Smoothies adalah cara yang baik untuk menyajikan berbagai nutrisi dalam satu sajian. Campurkan buah-buahan lembut seperti strawberry atau mangga dengan yogurt rendah lemak. Smoothies juga dapat diperkaya dengan tambahan nutrisi seperti protein powder atau serat.

7. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik yang bermanfaat untuk kesehatan saluran pencernaan. Pilih yogurt tanpa pemanis buatan dan rendah lemak.

Yogurt dapat dikonsumsi langsung atau dicampur dengan buah-buahan tumbuk untuk variasi rasa dan tekstur.

Artikel Lainnya: 8 Kiat Cerdas Mengatasi Anak yang Enggan Makan Akibat Sariawan

8. Air Kelapa

Air kelapa adalah sumber hidrasi yang alami dan mengandung elektrolit. Selain memberikan cairan, air kelapa juga memberikan rasa ringan dan segar. Pastikan air kelapa yang dikonsumsi tidak terlalu dingin untuk menghindari ketidaknyamanan.

9. Susu

Susu adalah sumber kalsium dan vitamin D yang penting untuk pertumbuhan tulang anak-anak. Pastikan susu yang diberikan tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Jika anak sulit mengonsumsi susu, pertimbangkan untuk memberikan yogurt sebagai alternatif.

Selain memilih makanan yang membantu meredakan sariawan, penting juga untuk menghindari makanan pedas dan asam yang dapat memperparah iritasi pada area sariawan. Memberikan perhatian ekstra pada pemilihan makanan dapat membantu anak pulih lebih cepat dan menjaga kenyamanan selama proses penyembuhan.

Artikel Lainnya: Pilihan Obat Sariawan yang Aman untuk Bayi

Mama dan Papa juga bisa memberikan obat sariawan yang aman untuk anak, salah satunya Aloclair Plus. Aloclair Plus diformulasikan dengan bahan-bahan alami seperti Lidah Buaya, Akar Manis, dan Sodium Hialuronat.

Obat sariawan anak ini aman bisa digunakan dari anak yang berusia 2 tahun ke atas. Pasalnya Aloclair Plus aman tertelan karena tidak mengandung alkohol dan tidak menimbulkan sensasi perih saat digunakan. Mama dan Papa bisa memilih salah satu dari tiga varian produk Aloclair, yaitu gel, mouthwash, serta spray, dan sesuaikan dengan kebutuhan anak.

Dengan memberikan makanan, minuman, dan obat yang tepat, semoga dapat membantu atasi sariawan anak. Bila Mama dan Papa punya pertanyaan atau kondisi sariawan anak tak kunjung sembuh, segera konsultasi ke dokter dengan menggunakan fitur Tanya Dokter atau Temu Dokter di KlikDokter. 

Hanya sekali klik, kamu bisa #JagaSehatmu dan kesehatan keluargamu! Yuk, download aplikasi KlikDokter sekarang

Konsultasi Dokter Terkait