Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKesehatan AnakIde Resolusi untuk Anak di Tahun 2024
Kesehatan Anak

Ide Resolusi untuk Anak di Tahun 2024

Tri Yuniwati Lestari, 02 Jan 2024

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Resolusi tidak hanya untuk orang dewasa, anak-anak juga bisa membuat resolusi tahun baru. Cari tahu ide resolusi 2024 untuk anak di sini.

Ide Resolusi untuk Anak di Tahun 2024

Awal tahun adalah waktu yang tepat untuk membantu anak-anak membuat ide resolusi tahun baru. Membuat resolusi dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk membentuk kebiasaan baik.

Dengan membantu anak membuat resolusi, Mama dan Papa mengajarkan mereka menetapkan tujuan yang sehat dan bersikap realistis tentang tujuan tersebut. Lantas, seperti apa ide resolusi yang tepat untuk anak? Berikut penjelasan dari psikolog.

Resolusi yang Tepat Untuk Anak-Anak

Dijelaskan oleh Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, menentukan resolusi untuk anak perlu disesuaikan dengan usia dan juga kemampuan anak. Beberapa resolusi ini mungkin bisa menjadi pilihan.

1. Meningkatkan Skill atau Keterampilan

Dijelaskan oleh Psikolog Ikhsan, “Coba buat resolusi tahun baru dengan menuliskan kegiatan-kegiatan yang bisa meningkatkan keterampilan atau kemampuan anak. Lakukanlah kegiatan yang memang anak sukai atau terlihat memiliki bakat di bidang tersebut.”

Jika anak sudah menginjak bangku sekolah, Mama dan Papa dapat mengajak mereka menuliskan resolusi yang ingin dicapai di tahun yang baru.

Kemudian, tempelkan ide tersebut di dinding bersama-sama untuk membuatnya lebih menyenangkan.

“Membuat resolusi sebaiknya dilakukan secara tertulis. Tujuannya agar anak bisa dengan mudah mengingatnya. Selain itu, ia juga bisa melihat kembali catatan untuk reminder-nya selama setahun itu,” ucap Ikhsan.

2. Mencoba Hal Baru

Tuliskan hal-hal baru yang ingin anak coba. Misalnya, untuk anak sudah memasuki usia sekolah, resolusinya bisa berupa mengikuti les musik, menari, melukis, renang, atau kegiatan lainnya.

Jika anak sudah dapat diajak berdiskusi, Mama dan Papa bisa menanyakan apa yang ingin ia coba lakukan di tahun yang baru.

Berilah beberapa pilihan yang sesuai dengan kemampuan anak agar dapat mudah memilihnya.

Psikolog Ikhsan menambahkan, “Ajak anak mengikuti kegiatan yang baru. Misalnya, ikut komunitas atau kegiatan bersosial, untuk menambah pengalaman serta meningkatkan sosial anak.”

3. Menabung

Melansir dari Healthline, tidak hanya orang dewasa yang perlu membuat resolusi finansial. Anak-anak pun perlu belajar mengatur keuangan mereka sejak dini.

Oleh sebab itu, menabung bisa menjadi ide resolusi tahun baru. Dengan membiasakan menabung, anak akan lebih menghargai nilai suatu uang.

Di samping itu juga, merupakan bagian dari penerapan delayed gratification. Artinya, mengajarkan anak bersabar demi mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan.

Menerapkan menabung pada anak dapat Mama dan Papa lakukan dengan cara membuat celengan. Tulis atau tempelkan gambar pada bagian depan celengan apa yang ingin anak dapatkan.

Dengan melihat celengan tersebut, anak akan menjadi bersemangat menyisihkan uang jajan mereka untuk ditabung.

4. Menjadi Lebih Disiplin

Buat resolusi untuk anak dengan mengajarkan mereka lebih disiplin dan bertanggung jawab. Misalnya, katakan pada anak, “tahun depan usiamu sudah 6 tahun, jadi mulai tahun depan setiap bangun tidur kamu yang membereskan sendiri kasurmu, ya”.

Membiasakan anak bertanggung jawab akan dirinya sendiri sejak dini dapat membentuk pribadi yang penuh tanggung jawab saat mereka dewasa.

Namun, pastikan selalu dampingi anak dan jangan lupa berikan apresiasi ketika ia berhasil menjalani kewajibannya.

5. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Awal tahun selalu menjadi hal yang baik untuk memulai pola hidup sehat. Ajak anak melakukan pola hidup sehat di tahun yang baru. Jelaskan pada anak betapa pentingnya menerapkan pola hidup sehat.

Kemudian, agar anak lebih bersemangat untuk menjalaninya di tahun yang baru, Mama dan Papa dapat mencontohkannya kepada mereka.

Ajak anak olahraga pagi di taman, serta siapkan makan makanan yang sehat dan bergizi seimbang untuk anak dan anggota keluarga lainnya.

Itulah beberapa ide resolusi tahun baru untuk anak yang bisa pula diterapkan sebagai ide resolusi tahun 2024 ini.

Jaga kesehatan fisik dan mental dengan baik untuk dapat menemani anak mencapai resolusi-resolusi yang telah dibuat bersama.

Konsultasi masalah kesehatan anak langsung dengan dokter dapat Mama dan Papa lakukan melalui fitur Tanya Dokter dan Temu Dokter  di aplikasi KlikDokter.


psikologisAnakkesehatan mental

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter