Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKehamilanIbu Hamil Tidak Boleh Minum Air Es, Mitos atau Fakta?
Kehamilan

Ibu Hamil Tidak Boleh Minum Air Es, Mitos atau Fakta?

Krisna Octavianus Dwiputra, 29 Nov 2023

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ibu hamil tidak boleh minum es adalah mitos kehamilan. Faktanya, minum air dingin saat hamil tidak memiliki efek samping asalkan air yang diminum bersih dan sudah matang.

Ibu Hamil Tidak Boleh Minum Air Es, Mitos atau Fakta?

Selama kehamilan, beberapa jenis makanan dan minuman ada yang perlu dibatasi karena berisiko pada kesehatan janin dalam kandungan. Termasuk salah satu yang diperdebatkan adalah minum air es saat hamil. Banyak minum air es disebut dapat bikin kembung dan tidak baik untuk kesehatan. Lalu, apakah ibu hamil benar tidak boleh minum es? 

Ibu Hamil Tidak Boleh Minum Es Adalah Mitos Saat Kehamilan

Menurut dr. Devia Irine Putri, sah-sah saja kalau ibu hamil mau minum air es. Air es juga tidak akan memengaruhi kondisi janin dan ibunya. Hanya saja, ibu hamil harus memilih air yang sudah matang dan bersih. Air yang tak dimasak sampai matang bisa saja terkontaminasi virus, bakteri, dan kuman penyebab penyakit.

Minum air es saat hamil bahkan juga bermanfaat untuk mencegah dehidrasi. Jadi, kuncinya adalah ibu hamil harus tetap terhidrasi. Air suhu kamar, air hangat, ataupun air dingin sama-sama bisa membantu bumil tetap sehat. 

Tips Minum Air Es untuk Ibu Hamil

Memang tidak ada efek samping minum air es saat hamil yang perlu dikhawatirkan. Akan tetapi, kamu tetap harus memerhatikan beberapa hal supaya kebiasaan minum es saat hamil tidak memicu risiko bahaya untuk kesehatan.

Berikut adalah tips minum es yang aman untuk ibu hamil:

1. Tidak minum es tinggi gula

"Yang pertama, kalau mau minum minuman kemasan yang dingin, misalnya jus, soda sebaiknya dibatasi jumlahnya," kata dr. Devia Irine.

Minuman kemasan pada umumnya tinggi gula. Jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan masalah, seperti kenaikan berat badan berlebih dan diabetes gestasional. Perhatikan juga segel kemasan masih dalam keadaan baik untuk mencegah kontaminasi kuman. Ibu hamil lebih disarankan untuk membawa botol minum sendiri agar kebersihan alat minum yang dipakai lebih terjamin. 

2. Minum 8 gelas air per hari

Air menjaga darah tetap terhidrasi dengan baik, sehingga memudahkan jantung untuk memompa. Kecukupan air juga membantu mengoksigenasi organ dan otot sehingga risiko kram, ketegangan, dan masalah sirkulasi saat hamil berkurang.

Selain itu, kesehatan dan perkembangan bayi juga bergantung pada konsumsi air harian. Jumlah air yang diminum juga dapat memengaruhi volume cairan ketuban di sekitar bayi kamu.

Saat bayi bertumbuh, kebutuhan volume cairan yang dibutuhkannya juga meningkat. Sebaiknya, konsumsi air setidaknya delapan gelas setiap hari.

3. Hindari minum sampai menunggu haus

Begitu merasa haus, kamu sebenarnya sudah mengalami dehidrasi. Jangan biarkan tubuh kamu mencapai titik ini. Ingatlah untuk minum sepanjang hari untuk mencapai minimal minum delapan gelas air untuk tubuh dan kehamilan yang sehat.

4. Banyak minum sebelum tidur

Tubuh kamu akan mengalami sedikit dehidrasi saat bangun pagi, setelah 6-8 jam terlelap. Hal tersebut tidak dapat dicegah. Namun, kamu dapat mengurangi kadar dehidrasi dan pengaruhnya dengan banyak minum air putih sebelum tidur.

Sangat disarankan untuk ibu hamil minum satu gelas air putih sekitar 10 menit sebelum tidur. Meski metabolisme melambat di malam hari, tubuh tetap membutuhkan air agar berfungsi dengan baik.

Air yang kamu minum sebelum tidur juga dapat membantu tubuh memproses racun yang menumpuk sepanjang hari. Hal ini sekaligus membantu menghilangkan limbah yang diproduksi tubuh melalui pencernaan dan metabolisme.

Artikel Lainnya: Makanan dan Minuman Pantangan untuk Ibu Hamil

Tak ada dampak minum es saat hamil yang membahayakan ibu dan janin, asalkan air yang diminum matang dan bersih. Jika kamu ingin berkonsultasi langsung pada dokter terkait masalah kehamilan lainnya, yuk chat dokter spesialis kandungan di KlikDokter. Di aplikasi KlikDokter, kamu juga bisa memanfaatkanKalender kehamilan KlikDokter untuk cek dan hitung usia kehamilan serta prediksi hari kelahiran si Kecil. 

Download aplikasi KlikDokter sekarang!

[HNS/JKT]

Hamil

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter