HomeIbu Dan anakKehamilanManfaat Susu Hamil, Kenapa Penting bagi Kehamilan?
Kehamilan

Manfaat Susu Hamil, Kenapa Penting bagi Kehamilan?

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 10 Des 2021

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kebutuhan nutrisi selama kehamilan bisa dipenuhi dengan minum susu. Tak hanya untuk tujuan itu, mengonsumsi susu hamil juga bisa memberikan manfaat berikut ini!

Manfaat Susu Hamil, Kenapa Penting bagi Kehamilan?

Memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari adalah hal penting yang harus selalu diperhatikan ibu hamil. Sebab, kebutuhan nutrisi yang terpenuhi penting untuk menjaga kondisi kehamilan agar tetap sehat hingga persalinan.

Jika saat ini sedang hamil, Anda mungkin akan dianjurkan oleh dokter atau orang-orang sekitar untuk minum susu hamil.

Anjuran tersebut berkaitan dengan manfaat susu hamil yang terbukti dapat menjaga kesehatan tubuh ibu maupun janin, baik sekarang maupun nanti.

Artikel Lainnya: Apa yang Terjadi Bila Ibu Hamil Tak Minum Susu?

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat susu hamil yang bisa dirasakan oleh ibu maupun janin dalam kandungannya:

1. Memiliki Kandungan Nutrisi yang Lengkap

Susu hamil lebih unggul dari segi kandungan nutrisi. Hal ini tidak lain karena susu hamil dilengkapi dengan kandungan zat besi, seng, kalsium, fosfor, vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, dan E, juga asam folat.

Selain itu, susu hamil juga mengandung AA dan DHA yang disesuaikan dengan kebutuhan selama kehamilan.

Semua gizi tersebut dibutuhkan ibu hamil dalam jumlah seimbang untuk mewujudkan kehamilan yang sehat dan persalinan yang lancar.

2. Rendah Lemak dan Kolesterol

Saat hamil, susu rendah lemak dan kolesterol adalah pilihan yang tepat. Nah, susu hamil memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang lebih sedikit dibandingkan susu biasa.

Hal tersebut membuat ibu hamil terhindar dari ancaman kolesterol tinggi, selama susu hamil dikonsumsi dalam takaran yang sesuai.

3. Meningkatkan Kualitas Air Ketuban

Kualitas air ketuban berperan penting bagi kelangsungan hidup janin selama di dalam kandungan. Untuk mempertahankan kualitas air ketuban agar kesehatan dan pertumbuhan janin terus optimal, salah satu asupan yang bisa Anda konsumsi adalah susu hamil.

Guna melipatgandakan manfaat susu hamil dalam hal ini, Anda mesti mengombinasikan konsumsinya dengan menu sehat dan bergizi seimbang. Anda juga perlu mempraktikkan gaya hidup bersih dan sehat.

4. Mengoptimalkan Fungsi Plasenta

Susu hamil juga bisa bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi plasenta. Seperti diketahui, plasenta merupakan saluran yang menghubungkan nutrisi ibu dengan janin dalam kandungannya.

Dengan fungsi plasenta yang terjaga, janin tidak akan kekurangan asupan nutrisi sehingga pertumbuhannya terus optimal.

Artikel Lainnya: Rajin Minum Susu saat Hamil Bikin Tubuh Bayi Tinggi, Mitos atau Fakta?

5. Menurunkan Risiko Anemia

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, susu hamil memiliki kandungan gizi yang lengkap dan telah disesuaikan dengan kebutuhan harian selama kehamilan. Hal ini membuat ibu hamil terhindar dari beragam penyakit, salah satunya anemia.

Faktanya, dengan nutrisi tambahan pada susu hamil, volume darah ibu juga bisa meningkat. Hal ini membuatnya tidak mudah terkena anemia atau penyakit kurang darah.

6. Menunjang Perkembangan Saraf Janin

Sederet kandungan gizi yang ada pada susu hamil dapat menunjang perkembangan saraf janin.

Kandungan asam folat pada susu hamil yang telah disesuaikan dengan kebutuhan selama kehamilan terbukti mampu menurunkan risiko cacat tabung saraf (neural tube defect).

7. Memperlancar ASI

Manfaat susu hamil tak hanya bisa dirasakan selama kehamilan. Manfaat tersebut juga bisa dirasakan hingga masa menyusui nanti.

Mengonsumsi susu hamil secara rutin dan teratur dapat memperlancar ASI. Hal ini berkat kandungan kalsium yang ada di dalam susu hamil.

8. Menunjang Pertumbuhan Tulang dan Gigi Bayi

Mengonsumsi susu hamil dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D. Hal ini tak hanya baik bagi kesehatan ibu hamil, namun juga dapat menunjang pembentukan tulang dan gigi janin.

9. Menurunkan Risiko Osteoporosis pada Ibu

Ibu hamil membutuhkan kalsium yang lebih banyak untuk menunjang tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Apabila ibu hamil tidak bisa memenuhi kebutuhan kalsium saat hamil, risiko mengalami osteoporosis atau pengeroposan tulang bisa lebih tinggi.

10. Memperbaiki Jaringan Tubuh Ibu dan Bayi

Mengonsumsi susu hamil secara teratur dapat membantu menjaga serta memperbaiki jaringan otot, hati, jantung, mata, dan kulit, baik pada ibu hamil maupun janin.

Begitu banyak manfaat susu untuk ibu hamil. Namun, Anda tetap perlu mengingat bahwa susu hamil hanyalah asupan penunjang, bukan yang utama.

Pada dasarnya, pasokan nutrisi yang paling baik dan utama berasal dari makanan sehat yang Anda konsumsi sehari-hari.

Jadi, apabila Anda sedang hamil dan ingin merasakan segala kebaikan susu kehamilan, tak ada salahnya untuk terlebih dahulu berkonsultasi kepada dokter. Hal ini dilakukan untuk bisa mengetahui dosis serta jenis susu hamil yang paling sesuai dengan kondisi kehamilan Anda.

Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter apabila memiliki pertanyaan seputar susu hamil atau kehamilan itu sendiri.

(NB/JKT)

susuKehamilan