HomeGaya hidupSeksTernyata Begini Cara Menggunakan Vibrator yang Tepat
Seks

Ternyata Begini Cara Menggunakan Vibrator yang Tepat

Annisa Hapsari, 02 Jun 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pakai vibrator demi memuaskan hasrat seksual sah-sah saja. Namun, Anda harus tahu cara menggunakan vibrator dengan benar. Simak 5 tipsnya di sini.

Ternyata Begini Cara Menggunakan Vibrator yang Tepat

Vibrator adalah alat bantu seks yang umumnya digunakan oleh wanita. Meski begitu, sex toys ini juga populer di kalangan pria, lho

Cara kerja vibrator adalah dengan memberikan getaran pada area tubuh, terutama pada bagian kelamin. Tujuannya, untuk memberikan rangsangan seksual.  

Biasanya, vibrator digunakan wanita untuk menstimulasi area kelamin seperti klitoris dan vagina. Sementara itu, vibrator jenis penis stimulation bisa memberikan rangsangan pada penis pria.

Nah, agar manfaatnya optimal, penting mengetahui cara menggunakan vibrator yang tepat. Di bawah ini cara memakai vibrator yang bisa Anda terapkan.

Artikel Lainnya: Tips Memilih Vibrator untuk Lansia

1. Coba Berbagai Tingkat Getaran, Tekanan, dan Gaya

Jika Anda baru pertama kali menggunakan vibrator, temukan titik kenyamanan Anda terlebih dahulu. Caranya dengan mencoba berbagai tingkat getaran, tekanan, dan gaya penggunaan vibrator.

Hal ini bertujuan untuk membantu memaksimalkan penggunaan alat bantu seks ini. Soalnya, setiap orang punya selera yang beragam dalam menggunakan vibrator.

Jika Anda kurang bereksperimen dengan vibrator, mungkin saja kepuasan seksual yang diharapkan sulit didapatkan. 

Cara menggunakan alat bantu seksualitas wanita ini bisa dengan menekan vibrator perlahan di area genital. Gelitik area genital menggunakan tempo getaran lambat hingga cepat.

Usahakan untuk menggunakan ritme yang stabil, sembari menemukan getaran yang Anda sukai. Lalu, Anda bisa memasukkan vibrator ke dalam vagina menggunakan tekanan yang bervariasi.

Vibrator bisa dimasukkan ke dalam miss V menggunakan bantuan tangan. Atau, mainan seks ini bisa Anda tunggangi.

Sementara untuk pria, cukup pasangkan vibrator pada penis. Lalu, temukan tempo getaran sesuai selera.

Anda juga bisa mengeksplorasi posisi pakai vibrator yang nyaman, misalnya sambil berdiri, duduk, atau jongkok.

2. Bangun Suasana yang Mendukung

Seperti melakukan hubungan seks dengan pasangan, Anda perlu membangun suasana guna mendukung gairah seksual saat pakai vibrator.

Sebab, rangsangan seksual mungkin sulit diperoleh jika vibrator digunakan dalam kondisi yang tidak nyaman. Kondisi yang dimaksud, misalnya kamar berantakan atau tubuh bau keringat. 

Karena itu, Anda harus menciptakan suasana yang bisa memicu gairah seks, sehingga penggunaan vibrator juga optimal. 

Berikut cara membangun suasana sembari menggunakan vibrator: 

  • Mendengarkan lagu dengan kandungan musik dan lirik sensual
  • Menyalakan aromaterapi 
  • Mandi dengan sabun yang wangi
  • Menggunakan parfum pasangan
  • Menonton film porno jika diperlukan 
  • Menggunakan tangan untuk merangsang bagian sensitif tubuh lainnya

3. Gunakan Sembari Pakai Celana Dalam

Jika Anda memiliki area genital yang sangat sensitif, tidak ada salahnya menggunakan vibrator sembari mengenakan celana dalam. 

Meski begitu, jenis celana dalam yang Anda gunakan tidak bisa sembarangan. Bahan celana juga dapat mempengaruhi efektivitas penggunaan vibrator. 

Sebaiknya, pilih celana dalam berbahan sutra atau satin, agar sensasi getaran sex toys yang satu ini tetap bisa Anda rasakan. Anda juga bisa memakai celana dalam berbahan katun.

Untuk menghindari gesekan antar kain dan vibrator, oleskan pelumas terlebih dahulu pada bagian bawah celana dalam Anda. 

Artikel Lainnya: Menyingkap Efek Vibrator pada Kesehatan Vagina

4. Pakai Bantuan Pelumas

Tidak sedikit orang yang sulit terangsang meskipun menggunakan vibrator dengan suasana mendukung. Akibatnya, area dalam vagina tetap tidak terlumasi secara optimal.

Kondisi ini berbahaya, karena rentan membuat miss V lecet dan teriritasi. Untuk mengatasinya, gunakan pelumas seks terlebih dahulu.

Penggunaan pelumas dapat membantu vibrator bergerak lebih mudah di dalam vagina tanpa macet atau tersendat.

Anda bisa menggunakan pelumas berbahan dasar air yang diproduksi khusus untuk dipakai bersama alat bantu seks. 

5. Gunakan pada Bagian Sensitif Tubuh Lainnya

Anda bisa bereksperimen menggunakan vibrator dengan menempelkannya pada bagian sensitif tubuh selain bagian kelamin. Misalnya, pada area leher, paha bagian dalam, atau kaki. 

Cara pakai vibrator ini dapat menambah kenikmatan seksual yang mungkin belum pernah Anda bayangkan. Cara ini juga membantu Anda mengeksplorasi bagian tubuh yang sensitif terhadap rangsangan seksual. 

Itu dia 5 cara menggunakan vibrator. Agar tidak berdampak buruk bagi alat kelamin, selalu pastikan kebersihan mainan seks ini sebelum digunakan ya! 

Disampaikan dr. Devia Irine Putri, menjaga kebersihan vibrator sangatlah penting. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko iritasi dan infeksi pada organ kelamin, termasuk penyakit menular seksual.

Dapatkan informasi seputar info kesehatan seksual di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa tanya dokter secara langsung mengenai topik seks, dengan menggunakan layanan konsultasi dokter online di KlikDokter. 

(ADT/JKT)

Referensi: 

Healthline. Diakses 2022. How to Use a Vibrator Solo or with a Partner. 

Planned Parenthood. Diakses 2022. Sex Toys.

WebMD. Diakses 2022. What Are Vibrators?

Ditinjau oleh dr. Devia Irine Putri

alat bantu seksSeks

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter