HomeGaya hidupSeks9 Fungsi Menggunakan Kondom saat Berhubungan Seks
Seks

9 Fungsi Menggunakan Kondom saat Berhubungan Seks

Siti Putri Nurmayani, 27 Apr 2023

Ditinjau Oleh dr.Atika

Icon ShareBagikan
Icon Like

Beberapa pria menganggap penggunaan kondom bisa mengurangi kenikmatan. Ketahui, ini 9 fungsi kondom yang bermanfaat saat berhubungan seksual.

9 Fungsi Menggunakan Kondom saat Berhubungan Seks

Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi yang banyak digunakan. Pasalnya, alat kontrasepsi ini paling mudah untuk dibeli. Sayangnya, sebagian laki-laki enggan untuk menggunakan kondom karena bisa mengurangi kenikmatan saat berhubungan intim.

Padahal, kondom memiliki banyak manfaat. Lalu, apa saja fungsi kondom saat berhubungan seksual? Mari ketahui apa itu kondom dan kegunaannya dengan membaca artikel di bawah ini.

Apa Itu Kondom?

Mungkin kamu bertanya-tanya, kondom itu apa? Jawabannya sangat sederhana, kondom artinya alat kontrasepsi penghalang yang terbuat dari bahan sintetis.

Bila digunakan dengan tepat, arti kondom bisa berfungsi sebagai pembatas antar tubuh. Dengan begini, kondom artinya dapat membantu menghentikan sperma agar tidak masuk ke dalam rahim pasangan.

Manfaat Kondom 

kondom

Selain mengetahui apa arti kondom, maka penting untuk memahami kondom buat apa. Berikut sejumlah kegunaan kondom yang digunakan selama berhubungan seksual:

1. Melindungi dari Penyakit Menular Seksual

Jika kamu bertanya apa kegunaan kondom, jawabannya adalah mencegah penularan penyakit seksual.

“Karena kontak dengan kulit, mukosa, atau cairan tubuh orang lain yang lebih rendah (meski tidak 100%), kondom bisa mencegah penyakit menular seksual,” jelas dr. Atika.

Bila digunakan secara konsisten dan benar, kondom efektif untuk melindungi kamu dan pasangan dari penyakit menular seksual seperti virus herpes simplex. Dikutip dari Cleveland Clinic, kondom juga dapat mengurangi penularan penyakit HIV sebesar 70-80 persen.

Artikel Lainnya: Deretan Mitos Kondom yang Tak Perlu Anda Percaya

2. Mencegah Kehamilan

Manfaat kondom selanjutnya adalah untuk mencegah terjadinya kehamilan. Berdasarkan Buku StatPearls Publishing, penggunaan kondom bisa efektif mencegah kehamilan hingga 98 persen.

Karena kondom merupakan alat kontrasepsi, maka alat ini bisa menahan air mani atau cairan yang berisi sperma agar tidak masuk ke dalam vagina dan membuahi sel telur. Dengan begitu, kehamilan pun bisa dicegah.

3. Mencegah Cedera

Kondom terbuat dari karet lateks, karet sintetis, atau bahan sintetis seperti nitril yang dapat melindungi mr. P dari cedera.

Menurut Dokter Atika, kondom bisa melindungi permukaan penis dan mengurangi risiko terjadinya iritasi atau lecet.

4. Alat Kontrasepsi Ekstra

Untuk mencegah kehamilan, mungkin pasangan telah menggunakan alat kontrasepsi seperti IUD atau pil KB. Meski begitu, Papa tetap bisa memakai kondom saat berhubungan intim.

Lalu, apa fungsi kondom jika sudah menggunakan alat kontrasepsi lain? Meski alat kontrasepsi tersebut 99 persen efektif untuk mencegah kehamilan, namun penggunaan kondom bisa membantu memberikan perlindungan ekstra.

5. Memiliki Risiko Efek Samping yang Rendah

Berdasarkan American Pregnancy Association, tidak ada efek samping dari penggunaan kondom, kecuali jika kamu alergi terhadap bahan lateks. Seperti yang telah diketahui, alat kontrasepsi ini terbuat dari karet lateks.

Selain itu, kamu hanya perlu menggunakan kondom saat berhubungan seksual. Bahkan, alat kontrasepsi ini juga tidak akan mempengaruhi kondisi tubuh, seperti perubahan hormon.

6. Memberikan Sensasi Kenikmatan Selama Berhubungan

Sebagian pria menganggap penggunaan kondom bisa mengurangi kenikmatan selama berhubungan intim.

Akan tetapi, saat ini kondom memiliki desain yang beragam. Misalnya seperti kondom yang tipis atau yang disertai dengan detail berbintik, yang dapat meningkatkan sensasi saat berhubungan seksual.

Selain itu, kamu dan pasangan juga bisa melakukan hubungan intim dengan lebih tenang, tanpa perlu memikirkan akan tertular penyakit menular seksual atau tidak.

Artikel Lainnya: Alasan Kondom Berbintik Bisa Tingkatkan Gairah Seksual

7. Memperpanjang Durasi Seks

Seks dengan durasi yang lebih lama bisa membuat kedua pasangan semakin bergairah. Menariknya, kondom bisa membantu memperpanjang durasi berhubungan intim dengan menahan ereksi lebih lama.

Dengan begitu, pasangan suami istri bisa menikmati seks dengan lebih lama dan nikmat.

8. Mengurangi Risiko Terjadinya Infeksi Lain

Membungkus penis dengan menggunakan kondom selama berhubungan seksual bisa membantu mengurangi risiko terjadinya bakterial vaginosis pada pasangan.

Pasalnya, cairan sperma dapat mengganggu pH vagina, sehingga bakteri baik yang berperan dalam infeksi akan sulit untuk bertahan hidup.

Penggunaan kondom dapat mencegah keluarnya cairan sperma yang dapat mengganggu pH vagina. Dengan begitu, bakteri baik tetap bisa hidup dan berkembang di dalam vagina.

9. Membantu Pembersihan yang Lebih Mudah

Penggunaan kondom dapat membantu pembersihan setelah berhubungan seksual menjadi lebih cepat dan mudah. Kamu tidak perlu khawatir tentang air mani yang keluar dari penis dan mengenai vagina.

Setelah mengetahui fungsi kondom untuk apa, kini tidak perlu ragu lagi untuk menggunakannya selama berhubungan seksual. Bila punya pertanyaan lain seputar fungsi kondom, jangan sungkan untuk hubungi dokter.

Kamu bisa gunakan layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi secara online. Yuk, #JagaSehatmu dengan menggunakan kondom untuk mencegah terjadinya risiko saat berhubungan seksual.

(NM)

Konsultasi Dokter Terkait