Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupSehat dan Bugar11 Olahraga Peninggi Badan yang Efektif dan Mudah Dilakukan
Sehat dan Bugar

11 Olahraga Peninggi Badan yang Efektif dan Mudah Dilakukan

Nimas Mita, 31 Okt 2023

Ditinjau oleh dr. Dyah Novita

Icon ShareBagikan
Icon Like

Olahraga seperti renang, bersepeda, hingga yoga bisa mendorong fungsi dan kesehatan tulang agar terus tumbuh, sehingga bisa membantu menambah tinggi badan dan menjaga kesehatan tubuh

11 Olahraga Peninggi Badan yang Efektif dan Mudah Dilakukan

Katanya, ada beberapa jenis olahraga yang bisa bantu menambah tinggi badan. Ini tidak lepas dari manfaat olahraga yang pada dasarnya menjaga kesehatan tubuh dan memaksimalkan kinerja organ, termasuk tulang.

Olahraga peninggi badan ini bisa merangsang tulang untuk terus tumbuh, sehingga tinggi badan seseorang akan semakin bertambah.

Ada banyak jenis olahraga peninggi badan yang mudah dilakukan di rumah. Contohnya seperti renang, bersepeda, hingga bermain voli disebut efektif untuk membantu menambah tinggi badan dengan cepat. 

Nah, berikut adalah rekomendasi olahraga terbaik yang bisa kamu coba jika ingin menambah tinggi badan:

1. Renang

Renang disebut-sebut sebagai salah satu olahraga peninggi badan yang cepat dan efektif. Hal ini karena, berenang melibatkan hampir semua otot tubuh, terutama otot-otot punggung, perut, dan kaki.

Nah, gerakan renang yang berirama membantu meregangkan tulang belakang, sehingga memperbaiki postur tubuh dan berpotensi menambah tinggi badan.

Ditambah lagi, berenang juga baik untuk semua bagian tubuhmu! Kamu bisa coba berenang seminggu sekali atau dua kali agar tinggi badan bisa bertambah maksimal.

2. Bersepeda

Olahraga peninggi badan yang kedua adalah bersepeda. Olahraga ini cocok dilakukan untuk semua usia, termasuk anak-anak, remaja, hingga dewasa. Bukan cuma menyenangkan, olahraga bersepeda ini dapat membantu menambah tinggi badan kamu.

Saat bersepeda, otot-otot kaki akan bekerja keras, dan latihan ini akan membantu merangsang pertumbuhan tulang pada kaki dan bagian tubuh lainnya.

Kamu bisa bersepeda di akhir pekan bersama keluarga, hitung-hitung sambil menghabiskan quality time bersama orang tersayang.

3. Bermain Basket

Suka bermain basket? Nah, kabar baiknya, olahraga ini dapat membantu menambah tinggi badanmu! 

Bermain basket melibatkan gerakan melompat yang membantu meregangkan tulang-tulang kaki dan mendorong pertumbuhan tulang.

Selain itu, olahraga peninggi badan yang satu ini juga baik untuk menguatkan otot tubuh.

4. Bermain Tenis

Jika kamu gemar bermain tenis, inilah saatnya untuk semakin sering bermain!

Olahraga ini melibatkan gerakan melompat dan berlari yang dapat merangsang pertumbuhan tulang dan membantu mencapai tinggi badan maksimal.

Kamu bisa bermain tenis bersama keluarga atau teman, seminggu sekali sambil menikmati akhir pekan!

5. Latihan Menggantung

Jika kamu sering olahraga berat sebelum tidur, latihan menggantung sepertinya tidak boleh dilewatkan. Latihan menggantung pada alat seperti pull-up bar, bisa menjadi salah satu cara menyenangkan untuk menambah tinggi badan.

Melakukan latihan menggantung secara teratur membantu meregangkan tulang belakang dan merangsang pertumbuhan tulang.

6. Bermain Voli

Selain menjadi olahraga tim yang seru, manfaat bermain voli juga dapat disebut-sebut sebagai olahraga yang bisa membantu menambah tinggi badan dengan cepat.

Pasalnya, gerakan melompat dalam permainan voli bisa membantu meregangkan tulang-tulang kaki dan membantu mencapai tinggi badan yang kamu idam-idamkan.

7. Yoga

Salah satu olahraga peninggi badan yang bagus kamu lakukan sebelum tidur adalah yoga. Pasalnya, olahraga ini selain bisa membantu pertumbuhan tulang yang membuat kamu lebih tinggi, juga dapat membuat tubuh lebih rileks, sehingga membantu kamu agar cepat tidur.

Bukan cuma itu, olahraga yoga juga bisa membuat badan lentur lagi, lho! Sehingga, badan akan terasa lebih bugar dan tidak kaku saat bangun tidur.

8. Bermain Bulu Tangkis

Bulu tangkis adalah olahraga yang menyenangkan dan ringan, tapi ternyata juga bisa membantu menambah tinggi badan.

Gerakan melompat dan berlari dalam bulu tangkis dapat merangsang pertumbuhan tulang dan memberikan manfaat positif bagi tinggi badanmu.

9. Berlatih Berdiri Tegak

Meskipun terdengar sederhana, berlatih gerakan berdiri tegak dengan postur yang baik memiliki pengaruh besar pada penampilan tinggi badan.

Ketika kamu menjaga postur tubuhmu dengan benar, kamu akan terlihat lebih tinggi dan percaya diri.

10. Berlatih Squat

Squat adalah latihan yang fokus pada otot-otot paha dan kaki. Latihan squat yang tepat dan teratur dapat membantu meningkatkan postur tubuh secara keseluruhan dan berkontribusi pada usaha mencapai tinggi badan yang ideal.

11. Lompat Tali

Lompat tali adalah olahraga yang bisa membantu meningkatkan tinggi badan dengan cara yang menyenangkan.

Manfaat lompat tali bisa membantu melatih otot-otot kaki, punggung, dan tulang belakang. Latihan reguler dengan tali akan membantu membentuk otot-otot tubuh dan mempertahankan postur yang baik, yang merupakan faktor penting dalam pertumbuhan tinggi badan.

Ingat, untuk mencapai hasil yang maksimal, lakukan olahraga penambah tinggi badan di atas secara rutin dan seimbang dengan pola makan yang sehat dan bergizi.

Jangan lupa untuk memberi waktu tubuhmu untuk beristirahat dengan cukup dan tidur yang berkualitas, karena itu juga berperan penting dalam mendukung pertumbuhan tinggi badanmu.

Jika ingin berkonsultasi pada dokter seputar tinggi badan, kamu bisa chat dokter langsung di aplikasi KlikDokter. Di sini kamu juga bisa pesan online layanan pemeriksaan tulang dengan mudah dan cepat. Yuk, download aplikasi KlikDokter sekarang!

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter