HomeGaya hidupDiet dan NutrisiTernyata Kulit Mangga Punya Segudang Manfaat untuk Tubuh
Diet dan Nutrisi

Ternyata Kulit Mangga Punya Segudang Manfaat untuk Tubuh

dr. Muhammad Isman S, 16 Mei 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tahukah Anda bahwa kulit mangga bisa menurunkan risiko kanker? Cari tahu selengkapnya tentang manfaat kulit mangga untuk kesehatan lewat fakta di berikut ini!

Ternyata Kulit Mangga Punya Segudang Manfaat untuk Tubuh

Apakah mangga termasuk buah favorit Anda? Jika ya, pernahkah Anda berpikiran untuk mengonsumsi buah tersebut bersama dengan kulitnya?

Ya, kulit mangga bisa dikonsumsi, lho. Faktanya, bagian mangga yang umumnya berwarna kehijauan ini mengandung serat, polifenol dan karotenoid, serta vitamin C dan E.

Berbagai kandungan tersebut membuat kulit mangga bermanfaat untuk kesehatan, khususnya apabila diolah dan disajikan dengan cara yang tepat. 

Artikel lainnya: Manfaat Mangga Muda untuk Ibu Hamil

Apa saja manfaat kulit mangga bagi kesehatan tubuh? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Menurunkan Risiko Kanker

Rutin mengkonsumsi kulit mangga dapat menurunkan risiko penyakit kanker. Hal ini karena kulit mangga mengandung begitu banyak antioksidan, seperti mangiferin, norathyriol, dan resveratrol.

Mengonsumsi kulit mangga secara rutin konon bisa menurunkan risiko kanker paru, kanker usus, kanker otak, dan kanker sumsum tulang belakang.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat kulit mangga yang selanjutnya, yaitu mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Kemampuan tersebut berasal dari kandungan phytonutrient, salah satu jenis beta cryptothanxin, yang ada di dalamnya.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada kulit mangga juga berkontribusi dalam menurunkan risiko penyakit jantung. 

Hal tersebut ditunjukkan pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard University. Disebutkan bahwa partisipan yang menjalankan diet tinggi serat memiliki 40% risiko lebih rendah untuk terkena penyakit jantung.

Artikel Lainnya: Mau Diet? Hindari Makan Buah-Buah Tinggi Kalori Ini

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ini merupakan kabar baik bagi Anda yang sedang dalam program diet. Sebab, konsumsi kulit mangga diyakini bisa membantu menurunkan berat badan. 

Hal tersebut disampaikan dalam sebuah penelitian oleh Queensland University. Dikatakan bahwa konsumsi ekstrak kulit mangga dapat menurunkan pembentukan sel lemak di dalam tubuh. 

Agar dapat memperoleh khasiat tersebut, pastikan untuk tetap menjaga pola makan sehari-hari, ya!

4. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada kulit mangga juga baik bagi kesehatan saluran pencernaan. 

Salah satu manfaatnya, yaitu membuat Anda terhindar dari risiko penyakit-penyakit saluran pencernaan, seperti divertikulitis.

Terdapat dugaan yang menyebut bahwa rutin mengonsumsi serat, seperti yang terdapat pada kulit mangga, dapat menurunkan 40% risiko terkena penyakit tersebut.

Artikel Lainnya: Penderita Diabetes Makan Buah Mangga, Amankah untuk Gula Darah?

5. Meningkatkan Sistem Imun

Kulit mangga kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang berperan besar dalam regulasi sistem imun (kekebalan tubuh). 

Kandungan tersebut akan melindungi Anda dari risiko invasi mikroorganisme berbahaya, seperti virus dan bakteri.

6. Membantu Menjaga Kesehatan Otak

Otak merupakan salah satu organ paling penting di dalam tubuh manusia. Ini karena fungsinya sebagai pusat kontrol seluruh tubuh. 

Oleh karena itu, menjaga kesehatan otak harus menjadi perhatian bagi setiap orang. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi kulit mangga yang kaya akan vitamin B6. 

Seperti diketahui bahwa kecukupan B6 diperlukan untuk mencegah penurunan fungsi kognitif pada otak.

7. Mengontrol Kolesterol dan Menurunkan Risiko Diabetes

Konsumsi kulit mangga disebut-sebut bisa membantu tubuh mengontrol kadar kolesterol. 

Selain itu, kulit mangga juga dipercaya mampu menurunkan risiko diabetes berkat kandungan triterpenoid dan triterpene di dalamnya.

Artikel Lainnya: Khasiat Makan Mangga untuk Kesehatan Kulit

Itulah berbagai manfaat dari konsumsi kulit mangga. Meski bermanfaat, Anda tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsinya. 

Pasalnya, kulit mangga rentan terpapar pestisida dengan intensitas yang tinggi. Begitu juga dengan sisa getah di kulit mangga, yang bisa menyebabkan reaksi alergi.

Untuk menghindari risiko tersebut, Anda mesti mencuci buah mangga hingga bersih sempurna sebelum dikonsumsi. Sementara itu, bagi Anda yang punya riwayat alergi, sebaiknya hindari mengonsumsi kulit buah mangga.

Masih ada pertanyaan seputar buah mangga, nutrisi, dan manfaat sehatnya? Tanyakan saja kepada dokter melalui layanan Live Chat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

NutrisibuahMangga

Konsultasi Dokter Terkait