Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan NutrisiHari Gizi Nasional, Ini Dia 20 Superfood Pilihan untuk Kesehatan Keluarga yang Lebih Baik
Diet dan Nutrisi

Hari Gizi Nasional, Ini Dia 20 Superfood Pilihan untuk Kesehatan Keluarga yang Lebih Baik

Christovel Ramot, 25 Jan 2024

Ditinjau oleh dr. Gia Pratama

Icon ShareBagikan
Icon Like

Temukan 20 superfood pilihan untuk kesehatan optimal bersama dr. Gia Pratama dan tim KlikDokter. Dapatkan wawasan nutrisi dan manfaat kesehatan menjelang Hari Gizi Nasional. Simak selengkapnya disini!

Hari Gizi Nasional, Ini Dia 20 Superfood Pilihan untuk Kesehatan Keluarga yang Lebih Baik

Gaya hidup sehat dan pola makan yang optimal merupakan kunci keberhasilan dalam menjaga kesehatan tubuh, dan inilah saatnya memperkenalkan 20 superfood pilihan yang akan memberikan dukungan maksimal untuk kesehatan keluarga.

Superfood, kelompok makanan istimewa yang memiliki kandungan gizi yang luar biasa, akan diulas secara mendalam oleh dr. Gia Pratama dan tim redaksi KlikDokter menjelang peringatan Hari Gizi Nasional pada 25 Januari.

Bersiaplah untuk mengeksplorasi nutrisi yang terkandung dalam setiap superfood, serta mendapatkan wawasan tentang manfaat yang melimpah di dalamnya.

1. Alpukat

Alpukat terbukti menjadi salah satu superfood paling populer saat ini. Kandungan gizi utamanya adalah lemak sehat, termasuk lemak tak jenuh tunggal yang dapat menjaga kesehatan jantung.

Tidak hanya itu, alpukat juga menyajikan paket lengkap dengan serat, vitamin K, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, folat, potassium, dan antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin, yang tidak hanya menyehatkan tubuh tetapi juga memberikan manfaat pada kesehatan mata.

2. Sayur Bayam

Beralih ke sayuran yang tak boleh terlewatkan, bayam tidak hanya berperan sebagai superfood berdaun hijau biasa.

Bayam membanggakan diri dengan kandungan nutrisi yang luar biasa, mencakup vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, potassium, magnesium, dan zat besi dalam jumlah yang signifikan.

Tidak hanya itu, bayam juga memanjakan tubuh dengan serat yang melimpah dan menyediakan perlindungan ekstra melalui antioksidan hebat seperti beta-karoten dan lutein.

3. Blueberry

Blueberry mengandung sejumlah antioksidan luar biasa, termasuk vitamin C, vitamin K, dan flavonoid berupa anthocyanins yang memberikan warna biru pada buah ini.

Tak hanya mempesona secara visual, anthocyanins juga memberikan manfaat kesehatan yang signifikan.

Selain itu, blueberry juga merupakan sumber vitamin C yang baik, serat, dan vitamin B-complex yang berperan positif untuk kesehatan otak.

4. Brokoli

Brokoli, dengan keberagaman nutrisinya, merupakan salah satu makanan unggulan. Kandungan vitamin C, vitamin K, folat, potassium, serat, dan antioksidan seperti sulforaphane menjadikannya pilihan makanan yang mendukung kesehatan secara menyeluruh.

Sulforaphane, khususnya, telah dikaitkan dengan potensi melawan kanker, menjadikan brokoli bukan hanya lezat tetapi juga bermanfaat. Ditambah lagi, rendah kalori, brokoli menjadi teman baik untuk mendukung penurunan berat badan.

5. Chia Seeds

Gizi 25 Januari 2024

Chia seeds, yang sering disebut sebagai superfood, merupakan pilihan sempurna untuk kesehatan. Kandungan serat, omega-3 asam lemak, protein, dan antioksidan membuatnya unggul.

Mineral penting seperti kalsium, fosfor, magnesium, dan mangan turut melengkapi kebaikan chia seeds. Dengan semua nutrisi ini, chia seeds bisa menjadi tambahan yang berharga untuk pola makan sehat.

6. Cokelat Hitam

Sensasi kenikmatan cokelat hitam tak hanya terletak pada rasanya yang lezat, tetapi juga pada kandungan superfoodnya yang tinggi kakao dan flavonoid.

Flavonoid ini bukan hanya menyajikan cita rasa, tetapi juga membawa potensi antioksidan dan antiinflamasi yang baik untuk kesehatan jantung.

Cokelat hitam juga memberikan manfaat tambahan dengan kandungan magnesium dan zat besi yang menyeluruh.

Artikel Lainnya: 10 Superfood Lokal yang Tak Kalah dari Produk Impor 

7. Buah Delima

Ketika berbicara tentang buah superfood, delima tampil sebagai salah satu bintang dengan kandungan antioksidan kuat yang disebut punicalagin.

Tetapi tak hanya itu, delima juga menjadi sumber vitamin C, vitamin K, folat, potassium, dan serat. Dengan segala kebaikan ini, delima tak hanya menggoda selera, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan, termasuk perlindungan bagi jantung dan penurunan risiko penyakit kronis.

8. Gandum Utuh

Gandum utuh tak hanya sekadar biji-bijian, melainkan makanan pilihan kaya serat, vitamin B-complex, mineral seperti magnesium, selenium, dan antioksidan berupa lignan.

Menyajikan lebih dari sekadar kelezatan, mengonsumsi gandum utuh merupakan langkah cerdas untuk menjaga kesehatan jantung, mengatur kadar gula darah, dan mendukung pencernaan yang prima.

9. Kacang Almond

Kacang almond bukan hanya sekadar camilan lezat, tetapi juga sumber nutrisi berlimpah. Dengan kandungan lemak tak jenuh tunggal, protein, serat, vitamin E, magnesium, dan antioksidan, almond telah diakui karena manfaatnya seperti menurunkan risiko penyakit jantung dan membantu pengaturan berat badan. Setiap gigitan adalah investasi dalam kesehatan yang nikmat.

10. Kacang Kenari

Kacang kenari mengandung lemak tak jenuh tunggal, omega-3 asam lemak, protein, serat, vitamin E, magnesium, dan antioksidan menjadikannya sebagai bahan makanan super yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kadar kolesterol tetap seimbang. Sebuah camilan cerdas untuk sebuah kesehatan yang baik.

11. Ubi

Gizi ubi 25 januari

Ubi menganduung kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B6, potassium, serat, dan antioksidan. Lebih dari sekadar rasa manisnya, ubi memiliki indeks glikemik yang rendah, menjadikannya pilihan cerdas untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Dengan segala kebaikan ini, ubi bukan hanya sajian lezat, tetapi juga opsi baik bagi kesehatan.

12. Kuning Telur

Meskipun seringkali menjadi sumber kontroversi, kuning telur sebenarnya menyimpan sejumlah nutrisi penting.

Dalam setiap kuningnya, terdapat protein, vitamin B-complex, vitamin D, vitamin E, zinc, selenium, dan kolin.

Meskipun dikenal tinggi kandungan kolesterolnya, kuning telur juga memberikan kontribusi lemak tak jenuh tunggal yang dikenal baik untuk kesehatan jantung.

Jadi, sekarang kamu dapat menikmati telur dengan penuh kebijakan, menambahkan kekayaan nutrisi ke dalam pola makan sehari-hari.

13. Kurma

Kurma dikenal sebagai buah superfood yang tidak hanya lezat tetapi juga penuh dengan manfaat. Mengandung energi tinggi dalam bentuk gula alami, serat, vitamin B-complex, vitamin K, potassium, dan magnesium, kurma menjadi pilihan yang cerdas untuk meningkatkan kebugaran tubuh.

Selain itu, kurma juga sumber antioksidan yang baik, kurma membantu melawan radikal bebas dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

14. Labu

Labu, dengan warna oranye khasnya, Kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin E, potassium, serat, dan beta-karoten, labu telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mendukung kesehatan mata.

Menyantap labu tidak hanya memberikan rasa nikmat, tetapi juga memberikan kontribusi positif untuk kesehatan.

15. Ikan Salmon

Ikan Salmon dikenal sebagai superfood yang membawa manfaat besar untuk kesehatan. Mengandung omega-3 asam lemak, protein, vitamin D, vitamin B-complex, selenium, dan zinc, salmon dapat mendukung kesehatan jantung dan otak.

Menambahkan hidangan salmon dalam menu makanan tidak hanya memuaskan lidah tetapi juga memberikan nutrisi esensial yang diperlukan tubuh.

16. Buah Tomat

Tomat, buah berwarna merah yang lezat, menyuguhkan sejumlah nutrisi penting. Dikemas dengan vitamin C, vitamin K, potassium, serat, dan likopen sebagai antioksidan utama, tomat memberikan manfaat luar biasa, termasuk perlindungan terhadap jantung dan mengurangi risiko kanker.

Warna merah yang khas pada tomat adalah tanda kehadiran likopen, senyawa hebat yang menjadi pilihan cerdas untuk kesehatan menyeluruh.

17. Wortel

Wortel, dengan warna oranye alaminya, bukan hanya sekadar sayuran biasa. Mengandung vitamin A, vitamin C, potassium, serat, dan beta-karoten, wortel adalah paket lengkap kesehatan.

Beta-karoten, yang memberikan warna pada wortel, tidak hanya menyuguhkan cita rasa yang menggiurkan, tetapi juga memberikan manfaat besar untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh.

Artikel Lainnya: Tidak Perlu Impor, Inilah Super Food Asli Indonesia

18. Yogurt Yunani

Yogurt Yunani, dengan kelezatan dan khasiatnya, menjadi pilihan sempurna untuk menjaga keseimbangan gizi.

Sebagai sumber protein yang kaya, kalsium, probiotik, dan vitamin B-complex, yogurt Yunani tidak hanya mendukung kesehatan pencernaan tetapi juga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

19. Zucchini (Zukini)

Zucchini, tidak hanya menambah variasi dalam hidangan tetapi juga menjadi sumber nutrisi yang luar biasa. Kaya akan vitamin C, vitamin K, potassium, serat, dan antioksidan, zucchini adalah pilihan sempurna untuk mendukung kesehatan.

Keistimewaan zucchini tidak hanya terletak pada nilai gizinya yang tinggi, tetapi juga pada kecocokannya untuk diet rendah karbohidrat, menjadikannya teman setia bagi mereka yang mengikuti gaya hidup sehat.

20. Teh Hijau

Teh hijau, menyuguhkan kelezatan dalam setiap tegukan, tidak hanya menjadi minuman yang menyegarkan, tetapi juga penyedia manfaat kesehatan yang luar biasa.

Di balik rasanya yang khas, teh hijau mengandung katekin, sejenis antioksidan kuat yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Dari peningkatan metabolisme hingga perlindungan jantung, bahkan hingga mengurangi risiko kanker, katekin menjadi kunci keajaiban teh hijau.

Menghadirkan makanan superfood ini dalam pola makan sehari-hari bukan hanya memberikan variasi rasa yang menarik, tetapi juga menyediakan amunisi nutrisi bagi tubuh.

Namun, selayaknya kunci sebuah puzzle, penting untuk diingat bahwa tidak ada makanan ajaib yang dapat menggantikan pentingnya pola makan seimbang dan gaya hidup sehat secara menyeluruh.

Saat merayakan Hari Gizi Nasional, mari tingkatkan kesadaran akan pentingnya makanan superfood dan kegiatan fisik yang cukup.

Pastikan juga untuk berkomunikasi dengan ahli gizi jika memiliki kondisi kesehatan tertentu atau membutuhkan panduan khusus mengenai pola makan sehari-hari.

Jangan lupa untuk download aplikasi KlikDokter untuk mendapatkan informasi kesehatan terkini. Kamu juga bisa manfaatkan fitur Tanya Dokter dan Temu Dokter untuk konsultasi dan booking dokter lebih mudah.

Yuk #JagaSehatmu selalu ya!

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter