HomeGaya hidupDiet dan NutrisiManfaat Telur Angsa yang Jarang Diketahui
Diet dan Nutrisi

Manfaat Telur Angsa yang Jarang Diketahui

dr. Vika Damay, 07 Sep 2021

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Meski tak sepopuler telur ayam, ini beragam manfaat telur angsa bagi kesehatan Anda.

Manfaat Telur Angsa yang Jarang Diketahui

Telur angsa mungkin cukup asing di kalangan orang Indonesia. Masyarakat umumnya memilih telur ayam untuk konsumsi harian karena mudah diperoleh dan diolah.

Meski tidak sepopuler telur ayam, faktanya telur angsa juga memiliki cukup banyak keunggulan, lho. Salah satunya adalah karena ukurannya yang lebih besar ketimbang ukuran telur dari unggas lain.

Ukuran yang besar ini tentu menjadi keunggulan tersendiri. Karena selain menyimpan nutrisi yang lebih banyak, pastinya Anda juga akan lebih kenyang!

Penasaran dengan keunggulan lainnya? Yuk, simak beberapa manfaat telur angsa bagi kesehatan berikut ini.

1. Meningkatkan Sistem Imun

Telur angsa memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Bagaimana tidak? Selain mengandung berbagai vitamin, telur angsa juga mengandung banyak mineral, seperti kalsium, magnesium, fosfor dan zat besi.

Artikel Lainnya: Telur Puyuh vs Telur Ayam, Mana yang Kolesterolnya Lebih Tinggi?

Berkat kandungan-kandungan tersebut, telur angsa dapat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda sehingga berbagai penyakit pun dapat dicegah.

2. Baik untuk Perkembangan Otak

Mengonsumsi telur angsa juga berguna untuk perkembangan otak Anda. Manfaat yang satu ini diperoleh dari kadar asam folat yang tinggi pada telur angsa.

Menurut banyak studi, asam folat sangat vital untuk perkembangan otak, baik untuk janin maupun dalam tiga tahun pertama kehidupan.

3. Membantu Mempercepat Proses Kehamilan

Bagi Anda yang berencana untuk hamil dalam waktu dekat, mengonsumsi telur angsa adalah pilihan yang tepat. Telur angsa bisa membantu menstimulasi dan mempercepat proses fertilisasi.

Namun, manfaat telur angsa tidak hanya berhenti sampai di situ. Karena mengandung asam folat yang tinggi, telur angsa juga baik untuk kesehatan janin Anda.

Artikel Lainnya: Manfaat Konsumsi Telur untuk Ibu Menyusui

4. Mengatasi Jerawat

Telur angsa juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat, khususnya bagian telur putihnya.

Bahkan, Anda bisa menjadikan putih telurnya sebagai masker wajah. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Pisahkan putih telur dari kuning telur.
  • Anda bisa menambahkan buah seperti jeruk nipis, alpukat, nanas, atau madu.
  • Kocok putih telur dan buah atau madu sampai membentuk busa atau foam.
  • Aplikasikan pada wajah Anda. Tunggu hingga mengering.
  • Setelah kering, cuci wajah Anda sampai bersih.

5. Sebagai Sumber Protein

Protein memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain sebagai sumber energi, protein juga merupakan bahan baku untuk sel-sel dan kekebalan tubuh. Cara untuk memenuhi kebutuhan protein harian, misalnya dengan konsumsi makanan tinggi protein.

Perlu Anda ketahui, telur angsa mengandung tinggi protein yang jumlahnya kurang lebih 13,9 persen dari berat telur angsa itu sendiri.

Artikel Lainnya: Makan Telur Kebanyakan Bisa Picu Diabetes, Benarkah?

6. Baik untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsium dan fosfor yang terkandung di dalam telur angsa cukup tinggi, masing-masing sebanyak 86,5 miligram dan 299,5 miligram. Kedua mineral ini sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi.

Manfaat mengonsumsi telur angsa bisa mencegah osteoporosis, dan sangat berguna untuk menambah tinggi badan, terutama bagi anak-anak di masa pertumbuhan.

7. Mengandung Berbagai Vitamin

Vitamin-vitamin pada telur angsa, antara lain:

  • Vitamin A sebanyak 269,3 mikrogram.
  • Vitamin B12 sebanyak 7,34 mikrogram.
  • Vitamin D sebanyak 2,4 mikrogram.
  • Vitamin E sebanyak 1,9 miligram.

Selain beberapa vitamin tersebut, telur angsa juga mengandung vitamin K walaupun dalam jumlah sedikit.

8. Kaya Zat Besi dan Kalium

Telur angsa juga mengandung zat besi dan kalium di dalamnya. Zat besi yang tersimpan di dalam telur angsa adalah 5,2 miligram, sedangkan kalium sebanyak 302 miligram.

Zat besi berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah. Selain itu, baik zat besi maupun potasium, keduanya sangat berperan dalam sistem imun serta penyembuhan luka.

Sudah tahu, kan, apa saja manfaat telur angsa bagi kesehatan? Perlu diingat bahwa kolesterol dan lemak yang terkandung dalam telur angsa pastinya juga lebih tinggi dibandingkan telur lainnya karena ukurannya yang lebih besar.

Oleh karena itu, hati-hati dalam mengonsumsi telur angsa bila memiliki faktor risiko penyakit kolesterol. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengonsumsinya.

Anda juga bisa mendapatkan informasi kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter. Konsultasikan juga masalah kesehatan Anda kepada dokter lewat Live Chat 24 jam. Unduh aplikasinya, ya!

[WA]

telur

Konsultasi Dokter Terkait