HomeGaya hidupDiet dan NutrisiManfaat Sehat Konsumsi Kimchi yang Tak Pernah Anda Duga
Diet dan Nutrisi

Manfaat Sehat Konsumsi Kimchi yang Tak Pernah Anda Duga

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 14 Apr 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kimchi, salah satu makanan khas Korea, memilik banyak manfaat kesehatan. Mulai dari untuk meningkatkan daya tahan tubuh hingga memperlambat penuaan!

Manfaat Sehat Konsumsi Kimchi yang Tak Pernah Anda Duga

Bagi Anda penggemar masakan Korea, tentu sudah tak asing lagi dengan kimchi. Selain enak dan menyegarkan, manfaat kimchi juga sangat beragam bagi kesehatan tubuh.

Kimchi adalah makanan yang terbuat dari sayuran segar yang difermentasi dan diberi bumbu pedas. 

Sayuran yang paling sering digunakan adalah sawi putih, tapi orang juga biasa menggunakan lobak, wortel, atau mentimun untuk membuatnya.

Kimchi memiliki kandungan gizi yang beragam dan juga termasuk makanan rendah kalori. Dalam 100 gram kimchi mengandung 18 kkal kalori, 7 gram karbohidrat, 2 gram serat, serta berbagai vitamin dan mineral.

Karena rendah kalori serta tidak memiliki lemak, tentu saja kimchi termasuk ke dalam salah satu makanan sehat. Yuk, intip apa saja manfaat konsumsi kimchi untuk kesehatan tubuh:  

1. Mengandung Bakteri Baik

Proses fermentasi dalam pembuatannya telah membuat kimchi mengandung probiotik, seperti Lactobacillus. 

Lactobacillus merupakan bakteri baik yang secara alami terdapat di saluran pencernaan, dan dapat membantu tubuh mencerna makanan yang Anda konsumsi. 

2. Sarat Nutrisi

Kubis sebagai salah satu bahan utama dalam kimchi, contohnya, menawarkan vitamin A, vitamin C, setidaknya 10 mineral berbeda, serta lebih dari 34 asam amino. 

Terlebih lagi, proses fermentasi dapat mengembangkan nutrisi tambahan yang lebih mudah diserap oleh tubuh Anda.

Karena bahan kimchi sangat bervariasi, maka beragam nutrisi baik seperti vitamin K dan riboflavin juga hadir dalam makanan ini. 

Vitamin K memainkan peran penting dalam banyak fungsi tubuh, termasuk metabolisme tulang dan pembekuan darah. Sementara riboflavin membantu mengatur produksi energi, pertumbuhan sel, dan metabolisme.

Artikel lainnya: Kimchi Bermanfaat untuk Cegah Kanker, Mitos atau Fakta?

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sekitar 75 persen sistem imunitas tubuh terdapat di saluran pencernaan, sebab itu berasal dari apa yang Anda konsumsi sehari-hari. 

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Medicinal Food menyebutkan bahwa bakteri baik yang dihasilkan dari fermentasi kimchi juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Karena itu, makan kimchi secara teratur bermanfaat untuk menjauhkan Anda dari berbagai serangan penyakit. 

4. Mengurangi Peradangan

Kimchi sangat bermanfaat untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh Anda. 

Dalam salah satu penelitian mengenai kimchi, didapatkan bahwa probiotik dan komponen aktif yang terkandung di dalamnya dapat berperan sebagai antiradang bagi tubuh.

5. Memperlambat Penuaan

Terpapar radikal bebas setiap hari dapat memicu kerusakan sel dalam tubuh dan mempercepat proses penuaan. 

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of Medicinal Food, senyawa fenolik, vitamin C, klorofil, dan karotenoid yang terdapat di dalam kimchi mampu memperpanjang umur sel dengan melawan radikal bebas.

6. Mencegah Infeksi Jamur

Kandungan bakteri baik di dalam kimchi membuatnya bermanfaat sebagai pengobatan alami untuk mengatasi infeksi jamur. Salah satunya jamur Candida albicans. 

Salah satu studi laboratorium menunjukkan bahwa Lactobacillus dari kimchi menunjukkan aktivitas antimikroba terhadap jamur tersebut. 

Selain itu, sulfida dan isosianat yang terkandung di dalam kimchi dapat berperan sebagai antimikroba.

Artikel lainnya: Makan Kimchi saat Buka Puasa Bikin Sakit Perut, Kenapa Bisa?

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Karena terbuat dari sayuran segar, kimchi mengandung kalori yang rendah, serat tinggi, dan tentunya probiotik. Hal tersebut berguna untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

Ini diperkuat dalam salah satu studi yang diikuti oleh 22 orang yang obesitas. Mereka yang rutin mengonsumsi kimchi mengalami penurunan berat badan dan juga kadar gula darah.

8. Baik untuk Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat kimchi bagi kesehatan adalah dapat menjaga kesehatan jantung Anda. Apa rahasianya?

Selain sawi putih, kimchi juga terbuat dari cabai, bawang putih, lobak, serta jahe. 

Bahan-bahan tersebut dapat berperan sebagai antioksidan yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung, karena memiliki efek antiperadangan dan mampu menurunkan kadar kolesterol “jahat” (LDL).

9. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kaitan antara kimchi dan kolesterol sebenarnya belum jelas. Namun, beberapa studi menemukan bahwa mereka yang teratur mengonsumsi kimchi cenderung memiliki kadar kolesterol "jahat" yang lebih rendah. 

Para ilmuwan belum sepenuhnya yakin bahan mana dalam kimchi yang bertanggung jawab secara spesifik menurunkan kolesterol “jahat”.

Namun, yang bisa dipastikan adalah bahan penyusun kimchi seperti kubis, cabai merah, bawang putih, jahe, dan daun bawang, semuanya menawarkan potensi manfaat kesehatan bagi tubuh Anda.

10. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat kimchi juga berhubungan dengan organ mata. Satu porsi kimchi dapat memenuhi 18 persen dari nilai harian vitamin A di dalam tubuh. 

Seperti yang Anda ketahui, vitamin A merupakan antioksidan alami yang sangat diperlukan untuk kesehatan mata.

11. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Kandungan vitamin A dan C dalam kimchi yang cukup tinggi dapat berguna untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. 

Oleh karena itu, konsumsi kimchi secara teratur yang diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya bisa mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

Kimchi menawarkan sejumlah manfaat untuk kesehatan, seperti mengatur sistem kekebalan tubuh, membantu penurunan berat badan, melawan peradangan, bahkan memperlambat proses penuaan. 

Nah, tentu Anda semakin tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah dan mengonsumsi kimchi setelah mengetahui manfaatnya di atas. Selamat mencoba!

Baca artikel kesehatan lainnya hanya di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Live Chat 24 jam.

[RS]

Kimchi

Konsultasi Dokter Terkait