HomeGaya hidupDiet dan NutrisiManfaat Ganggang Chlorella bagi Kesehatan
Diet dan Nutrisi

Manfaat Ganggang Chlorella bagi Kesehatan

Ayu Maharani, 14 Sep 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pernah dengar tentang manfaat chlorella? Ganggang ini tergolong sebagai superfood sehingga disinyalir sangat baik buat tubuh, lho. Yuk, cari tahu faktanya!

Manfaat Ganggang Chlorella bagi Kesehatan

Jika sebelumnya kamu sudah mengenal spirulina, ada jenis ganggang lain yang juga punya banyak manfaat. Ganggang yang satu ini dikenal dengan nama chlorella.

Saking banyaknya manfaat chlorella bagi kesehatan, ganggang yang satu ini bahkan dianggap sebagai superfoodlho!

Chlorella merupakan ganggang air tawar hijau bersel tunggal. Dari 30 spesiesnya, ada dua yang dianggap paling berkhasiat dan sering diteliti secara ilmiah.

Ganggang ini memiliki dinding sel yang keras sehingga tak dapat dicerna oleh manusia. Menjadikannya bubuk atau suplemen merupakan solusi jitu agar manusia bisa merasakan kebaikannya.

Berikut adalah sejumlah manfaat chlorella untuk kesehatan:

1. Membantu Detoksifikasi

Chlorella mampu membantu tubuh melakukan proses detoksifikasi. Khasiat ini sudah dibuktikan oleh berbagai penelitian.

Banyak studi ilmiah pada hewan yang menunjukkan bahwa ganggang ini efektif menghilangkan logam berat, seperti kadmium dan timbal. Begitu pula dengan senyawa berbahaya lainnya dari dalam tubuh.

Artikel Lainnya: Kandungan Gizi dan Manfaat Natto untuk Kesehatan

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Penelitian yang dipublikasikan dalam Nutrition Journal mengatakan, pria menghasilkan lebih banyak antibodi setelah mengonsumsi suplemen ganggang chlorella.

Temuan itu juga sudah dibandingkan dengan plasebo. Hasil penelitian tersebut dianggap sangat bermanfaat untuk mencegah risiko penularan penyakit.

3. Menurunkan Kolesterol Jahat (LDL)

Apakah kamu bermasalah dengan kolesterolmu? Jika ya, konsumsi chlorella bisa membantu.

Mengonsumsi 5 hingga 10 gram chlorella setiap hari dapat menurunkan kolesterol total, kolesterol jahat (low-density lipoprotein/ LDL), serta trigliserida pada orang dengan hipertensi dan kolesterol tinggi.

Manfaat chlorella tersebut diwujudkan oleh kandungan niasin, serat, dan karotenoid yang memang mampu melawan lemak dalam darah.

4. Bertindak sebagai Antioksidan

Chlorella memiliki antioksidan tinggi sehingga baik untuk kesehatan, khususnya dalam menangkal radikal bebas. Faktanya, antioksidan membantu melawan penyakit kronis, termasuk komplikasi diabetes.

Ganggang ini mengandung antioksidan seperti beta-karoten, likopen, dan lutein. Selain itu, protein di dalamnya juga banyak dan lengkap (sembilan asam amino esensial).

Bonusnya lagi, ganggang ini bisa dijadikan asupan vitamin B12, zat besi, dan vitamin C. 

Suplemen chlorella pun diduga mampu meningkatkan kadar antioksidan pada perokok berat, sehingga risiko kerusakan oksidatif bisa menurun.

Artikel Lainnya: Ini Dia Superfood Versi Lokal yang Layak Anda Konsumsi

5. Mengontrol Tekanan Darah

Suplemen chlorella disinyalir bisa meningkatkan kesehatan jantung dan ginjal sehingga menjaga tekanan darah tetap normal.

Orang dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) ringan yang mengonsumsi 4 gram suplemen chlorella setiap hari selama 12 minggu disebut mengalami perbaikan kondisi.

Chlorella ditemukan mampu mengurangi kekakuan arteri berkat kandungan arginin, kalium, kalsium, dan omega-3 di dalamnya. Semua nutrisi tersebut dapat mencegah pembuluh arteri mengeras.

6. Mengendalikan Kadar Gula Darah 

Tahukah kamu bahwa chlorella juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh?

Satu studi dalam jurnal Current Pharmaceutical Design menemukan, mengonsumsi chlorella selama 12 minggu dapat menurunkan kadar gula darah pada orang yang punya pola hidup tak sehat.

Namun, untuk menurunkan kadar gula darah, penting juga untuk melakukan cara lainnya. Misal dengan menjaga berat badan ideal, rutin olahraga, tidur secara cukup, dan lainnya.

7. Mengurangi Frekuensi Kekambuhan Penyakit Pernapasan

Kabar baik untuk mereka yang memiliki asma dan penyakit pernapasan lainnya!

Suplemen chlorella dianggap dapat membantu mengelola penyakit pernapasan seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dengan lebih baik.

Pasalnya, kandungan antioksidan di dalamnya bisa menekan peradangan yang ada. Alhasil, penyakit tidak mudah kambuh.

Artikel Lainnya: Manfaat Buah Kawista untuk Kesehatan

8. Meningkatkan Ketahanan Fisik

Berkat kandungan asam amino di dalamnya, chlorella bisa bermanfaat untuk memaksimalkan fungsi paru-paru dalam mendapatkan asupan oksigen.

Asam amino rantai cabang adalah kumpulan dari tiga asam amino yang bisa meningkatkan kinerja aerobik.

Karena itu, dengan mengonsumsi chlorella, kamu akan merasa lebih sehat dan kuat secara fisik. 

9. Memelihara Kesehatan Mata

Tentunya kita ingin memiliki mata yang selalu sehat. Untuk mewujudkan hal ini, salah satunya bisa dengan konsumsi chlorella

Ya, kegunaan chlorella bisa dirasakan oleh indra penglihatan. Ganggang ini bermanfaat untuk kesehatan mata berkat dua kandungannya, yaitu lutein dan zeaksantin.

Perlu kamu ketahui, dua karotenoid tersebut akan melindungi mata dan menurunkan risiko degenerasi makula.

10. Meredakan Gejala Pramenstruasi

Gejala yang dirasakan wanita saat sindrom pramenstruasi atau PMS kerap mengganggu aktivitas sehari-hari.

Nah, suplemen ganggang ini dapat meredakan gejala sindrom PMS karena ada kandungan vitamin B di dalamnya.

Vitamin tersebut dapat menurunkan rasa sakit, nyeri, dan pegal yang muncul sebelum datang bulan.

Artikel Lainnya: Jenis Rumput Laut yang Sehat dan Aman Dikonsumsi

11. Menangani Gangguan pada Sistem Pernapasan

Chlorella memiliki senyawa yang berfungsi untuk mengurangi peradangan. Oleh sebab itu, ganggang ini bisa mengatasi masalah pernapasan seperti asma dan penyakit paru-paru obstruktif.

Satu penelitian menemukan bahwa suplemen chlorella dapat meningkatkan antioksidan pada pasien paru-paru obstruktif. Namun, tidak ada perbaikan yang bermakna pada pernapasan. 

Sementara itu, penelitian yang menunjukkan bahwa chlorella dapat membantu sistem pernapasan secara langsung masih dibutuhkan.

Meski ada banyak manfaat chlorella untuk kesehatan, tak semua orang bisa mengonsumsi superfood yang satu ini. 

Bagi kamu yang sedang mengonsumsi obat warfarin, konsumsi bersamaan dengan suplemen chlorella bisa mengurangi efektivitas obat.

Selain itu, suplemen ini berhubungan dengan peningkatan daya tahan tubuh. Jadi, penderita penyakit autoimun sebaiknya tidak mencobanya. Obat imunosupresan dan ganggang ini tidak bisa bekerja sama. 

Supaya lebih aman, konsultasikan terlebih dahulu terkait penggunaannya dengan dokter. Konsultasi lebih mudah bisa dilakukan melalui layanan Tanya Dokter. Jangan lupa juga untuk mengunduh aplikasi KlikDokter, solusi untuk #JagaSehatmu!

[WA]

herbalmakanan

Konsultasi Dokter Terkait