HomeGaya hidupDiet dan NutrisiKiat Sehat Konsumsi Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi
Diet dan Nutrisi

Kiat Sehat Konsumsi Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi

dr. Kartika Mayasari, 16 Sep 2020

Bagi Anda yang ingin sedikit mencicipi makanan dengan kolesterol tinggi, ada kiat sehat dalam mengonsumsinya.

Kiat Sehat Konsumsi Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi

Saat berat badan ideal dan kadar kolesterol dalam darah sudah normal mungkin ada sedikit terbesit dalam pikiran Anda untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Aneka jenis gorengan dan makanan bersantan, termasuk makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Memang dalam kehidupan sehari-hari Anda tentu tidak akan bisa lepas dari jenis-jenis makanan tersebut. Jika Anda masih ingin mengonsumsinya, ikutilah kiat-kiat sebagai berikut:

1. Batasi jumlahnya

Pada dasarnya manusia membutuhkan kolesterol agar sel dalam tubuhnya dapat berfungsi dengan baik. Jadi sebenarnya tidak ada larangan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol. Tapi yang perlu diperhatikan adalah seberapa banyak kolesterol itu masuk ke dalam tubuh Anda.

Awalnya Dietary Guideline membatasi kolesterol yang boleh dikonsumsi per hari tidak lebih dari 300 mg, dan tidak boleh lebih dari 200 mg untuk penderita jantung koroner. Jadi, batasi konsumsi kolesterol Anda untuk dapat tetap menjalani hidup dengan sehat.

Artikel Lainnya: Ciri Kolesterol Tinggi yang Perlu Anda Waspadai

2. Perhatikan jenis kolesterol

Ada banyak jenis kolesterol yang terkandung dalam makanan. Anda harus mengerti bahwa setiap jenis kolesterol tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ada 4 macam lemak yang ada di setiap makanan, yaitu kolesterol, saturated fat atau lemak jenuh, unsaturated fat atau lemak tidak jenuh dan trans fat.

Yang dibatasi jumlahnya oleh Dietary Guidelines adalah jumlah saturated fat yang tidak boleh lebih dari dari 10% dari jumlah kalori total per hari. Yang termasuk dalam saturated fat atau lemak jenuh adalah daging merah, jeroan, seafood dan masih banyak lagi.

Untuk unsaturated fat adalah lemak baik yang justru bisa menurunkan jumlah LDL dalam darah. Yang termasuk di dalamnya adalah canola oil, kacang almond, buah alpukat dan masih banyak lagi. Sedangkan trans fat ada pada makanan yang di goreng dan makanan cepat saji.

Artikel Lainnya: Air Kelapa untuk Olahraga dan Menurunkan Kolesterol

3. Olahraga

Setelah Anda mengonsumsi makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi, untuk menebus “dosa” tersebut ada baiknya jika Anda mengimbanginya dengan melakukan olahraga. Lakukan olahraga secara rutin minimal 4 kali dalam seminggu selama minimal 30 menit.

Sebenarnya tidak semua makanan yang mengandung kolesterol itu berbahaya. Anda perlu mengetahui lebih jauh tentang kandungan zat apa saja yang terdapat di dalamnya. Banyak makanan penurun kolesterol yang dapat Anda konsumsi juga.

Yang tidak kalah penting, Anda juga perlu tahu batasan jumlah dalam mengonsumsi makanan tersebut, serta selalu mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat lainnya dan melakukan olahraga secara rutin. Konsumsi makanan  berkolesterol tinggi, siapa takut?

[NP/RVS]

Artikel Terkait

Lihat Semua
Makanan Dikerubungi Semut, Masih Boleh Dimakan?

Makanan Dikerubungi Semut, Masih Boleh Dimakan?

Diet dan Nutrisi16 Agu 2022

Tidak sengaja makan makanan yang sudah disemutin, apakah masih aman atau ada dampak buruknya bagi kesehatan?

Mana Lebih Baik untuk Kesehatan, Minyak Kelapa atau Minyak Zaitun?

Mana Lebih Baik untuk Kesehatan, Minyak Kelapa atau Minyak Zaitun?

Diet dan Nutrisi15 Agu 2022

Jangan sampai salah memilih minyak untuk memasak. Di antara minyak kelapa dan minyak zaitun, mana yang paling baik?

Daging Merah vs Daging Putih, Mana yang Lebih Kaya Gizi?

Daging Merah vs Daging Putih, Mana yang Lebih Kaya Gizi?

Diet dan Nutrisi12 Agu 2022

Mungkin kamu bingung memilih antara daging merah dan daging putih. Keduanya sama-sama memiliki banyak gizi. Namun manakah yang lebih baik untuk dikonsumsi?

Aqua Panas Ujan
Pepsodent Sensitive Mineral Expert