HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi12 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Rambut Kamu
Diet dan Nutrisi

12 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Rambut Kamu

dr. Nabila Viera Yovita, 09 Des 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kandungan dalam minyak kelapa berkhasiat untuk menjaga kesehatan rambut. Apa saja manfaat minyak kelapa untuk merawat rambut?

12 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Rambut Kamu

Coconut oil alias minyak kelapa sejak lama diakui memiliki kemampuan untuk melindungi rambut dari kerusakan akibat paparan bahan kimia, sinar ultraviolet, dan sejenisnya. 

Tidak hanya itu, sejumlah penelitian membuktikan manfaat minyak kelapa bagi rambut lainnya. Apa saja?

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Berikut sejumlah manfaat coconut oil untuk rambut: 

1. Melembapkan Kulit Kepala

Dibandingkan jenis minyak lainnya, minyak kelapa dapat menembus batang rambut. Manfaat minyak kelapa juga bisa membuat rambutmu lebih halus dan lembut. 

Bahkan, rambut yang rusak akibat paparan bahan kimia atau suhu panas bisa ikut membaik usai dioleskan coconut oil. Untuk memperoleh manfaat minyak kelapa dalam melembapkan kulit kepala, lapisi rambut pakai coconut oil. Gunakan sebelum kamu mengaplikasikan produk perawatan rambut atau membasuh rambut pakai air panas.

2. Mencegah Rambut Mengembang Berantakan

Rambut bisa jadi keriting dan bercabang ketika air masuk ke dalam batang rambut. Nah, minyak kelapa dapat membantu mengatasi masalah ini karena kemampuannya dalam menyerap air.

Agar rambut tidak mengeriting, oleskan 1-2 tetes minyak kelapa sebelum keluar rumah saat cuaca lembap atau hujan.

Artikel lainnya: Minyak Kelapa Bermanfaat untuk Hilangkan Karang Gigi?

3. Mendukung Pertumbuhan Rambut

Kondisi lingkungan maupun polusi bisa menyebabkan rambut rontok. Minyak kelapa dapat digunakan untuk mengatasinya.

Penelitian mengungkapkan bahwa minyak kelapa sanggup melindungi rambut dari kerusakan akibat polusi. Manfaat minyak kelapa lainnya, yaitu meningkatkan pertumbuhan rambut. 

4. Mencegah Kerusakan Rambut dari Produk Kimiawi

Kemampuan minyak kelapa dalam menembus batang rambut membuat coconut oil sanggup mencegah penyerapan bahan kimia berbahaya yang bisa merusak rambut. Studi menemukan penggunaan minyak kelapa sebelum berenang bermanfaat mencegah klorin masuk dan merusak rambut dari dalam.

5. Menambah Kilau Rambut

Rambut kamu kering dan tampak tidak berkilau? Coba oleskan sampo minyak kelapa secukupnya.

Penggunaan minyak kelapa pada rambut kering dapat menambah kilau rambut dan bikin teksturnya lebih halus. Agar manfaatnya lebih terasa, jangan pakai produk rambut yang mengandung silikon, ya! Cukup gunakan minyak kelapa sebagai alternatif cara merawat rambut.

Artikel lainnya: Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan Anda

6. Meminimalkan Kerusakan Rambut

Kamu dapat menggunakan minyak kelapa sebelum mengaplikasikan produk berbahan kimia pada rambut, seperti ketika bleaching, mewarnai rambut, maupun menggunakan sampo dengan detergen kadar tinggi. Minyak kelapa dapat mengurangi risiko kerusakan rambut berat.

7. Mengatasi Ketombe

Manfaat produk minyak kelapa untuk rambut lainnya adalah mengatasi ketombe. Ketombe salah satunya bisa disebabkan oleh pertumbuhan jamur berlebih.

Meskipun belum ada studi yang secara spesifik menganalisis efek minyak kelapa terhadap ketombe, minyak ini diketahui mengandung antimikroba yang dapat mengurangi jumlah jamur di kulit kepala.

8. Mencegah Infeksi Kutu Rambut

Sebuah studi kecil menemukan bahwa minyak kelapa yang dikombinasikan dengan adas manis dan diracik dalam bentuk semprotan, 40 persen lebih efektif dalam menangani kutu rambut dibandingkan menggunakan obat permethrin saja. Permethrin sering digunakan untuk mengobati kutu rambut. 

Artikel lainnya: Manfaat Minyak Kelapa untuk Penderita Diabetes

9. Mencegah Infeksi Jamur

Salah satu masalah kulit kepala yang sering muncul adalah infeksi jamur. Kondisi ini dapat mengganggu kesehatan akar rambut dan tak jarang menyebabkan kebotakan.

Manfaat minyak kelapa bagi rambut dapat mengatasi infeksi jamur.

10. Meredakan Iritasi Kulit Kepala

Minyak kelapa tersusun atas lemak jenuh alami yang dapat membantu mengatasi kulit kepala iritasi, gatal, dan terkelupas. Selain itu, minyak kelapa dapat menjaga kelembapan rambut kamu.

11. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat menyerap dengan baik ke dalam sel rambut. Olehnya itu, rutin menggunakan minyak kelapa setiap harinya akan membuat rambut kamu tumbuh lebih cepat.

Artikel lainnya: 17 Manfaat Minyak Kelapa yang Tak Pernah Anda Duga

12. Rambut Lebih Mudah Diatur

Manfaat terakhir menggunakan minyak kelapa, yaitu membuat rambut kamu lebih mudah diatur. Tentu saja ini menjadi kabar gembira bagi kamu yang memiliki rambut susah diatur. 

Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Rambut

Minyak Kelapa (Foto: Shutterstock)

Minyak kelapa dapat digunakan untuk berbagai jenis rambut, mulai dari yang bertekstur halus dan lemas hingga rambut tebal dan kasar. 

Untuk memperoleh manfaat tersebut, kamu harus memahami cara menggunakan minyak kelapa untuk rambut. Gunakan 1-2 tetes terlebih dahulu, pantau hasilnya, dan sesuaikan dengan keperluan kamu. Makin tebal volume rambut, makin banyak minyak yang diperlukan untuk memperoleh manfaatnya.

Sebelum kamu membeli produk perawatan rambut yang mengandung minyak kelapa, baca label kemasan dengan saksama. Pastikan tidak ada bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi dan reaksi alergi.

Artikel lainnya: Mana Lebih Baik untuk Kesehatan, Minyak Kelapa atau Minyak Zaitun?

Berikut cara merawat rambut pakai minyak kelapa yang bisa kamu terapkan.

1. Sebagai Kondisioner

Gunakan sampo seperti biasa pada rambut, kemudian oleskan minyak kelapa dari bagian tengah hingga ujung rambut sebagai kondisioner.

2. Sebagai Pencegah Rambut Kusut

Setelah menggunakan sampo dan kondisioner, oleskan minyak kelapa pada rambut sembari menyisirnya. Cara ini bisa mencegah rambut kusut usai mencuci rambut.

3. Sebagai Masker Rambut 

Aplikasikan minyak kelapa pada rambut dan diamkan selama beberapa jam. Kamu juga bisa mendiamkannya sembari tidur. Lalu, basuh rambut menggunakan air.

4. Sebagai Perawatan Kulit Kepala

Minyak kelapa bisa kamu gunakan sebagai pelindung rambut sebelum menggunakan sampo. Coconut oil juga bisa kamu gunakan sebelum tidur. 

Pijat ringan kulit kepala menggunakan minyak kelapa. Biarkan semalaman, lalu basuh rambut pakai sampo di pagi hari.

Setelah tahu manfaat minyak kelapa bagi rambut, apakah kamu tertarik mengaplikasikan bahan satu ini?

Pada kondisi tertentu, penggunaan minyak kelapa untuk rambut perlu dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter spesialis kulit, ya! Hal ini penting guna mencegah timbulnya efek samping yang merugikan rambut dan kulit kepala.

Konsultasi itu enggak sulit, kok! #JagaSehatmu bisa lebih praktis pakai fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(ADT/JKT)

Perawatan RambutMinyak Kelapa

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter