HomeGaya hidupDiet dan NutrisiInilah Manfaat Jeruk Nipis Bagi Tubuh Anda
Diet dan Nutrisi

Inilah Manfaat Jeruk Nipis Bagi Tubuh Anda

dr. Nadia Octavia, 23 Jan 2017

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Selain vitamin C, ternyata jeruk nipis juga memiliki kandungan lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, lho!

Inilah Manfaat Jeruk Nipis Bagi Tubuh Anda

Jeruk nipis. Siapa tak kenal buah hijau yang rasanya asam dan segar ini? Buah yang terkenal karena tinggi vitamin C ini sering digunakan sebagai pelengkap sambal, makanan, atau bahkan campuran minuman.

Berdasarkan data dari US Department of Agriculture National Nutrient Database, perasan 1 buah jeruk nipis (44 gram) mengandung 11 kalori, 4 gr karbohidrat dan dapat memenuhi 22% anjuran asupan vitamin C harian Anda.

Artikel Lainnya : Benarkah Konsumsi Jeruk Nipis Ampuh untuk Diet?

Selain tinggi vitamin C, ternyata jeruk nipis juga memiliki kandungan bermanfaat berikut ini:

  • Asam Sitrat

Rasa asam jeruk nipis berasal dari asam sitrat yang terkandung di dalamnya. Asam sitrat merupakan pengawet alami, yang dapat memperlancar pencernaan dan membantu mencegah pembentukan batu ginjal.

  • Zat Fitokimia

Sama seperti buah jeruk pada umumnya, jeruk nipis mengandung berbagai fitokimia yang dapat berperan sebagai antioksidan. Di dalam tubuh, antioksidan diperlukan untuk menangkal radikal bebas, berperan sebagai zat antiradang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Vitamin A dan Antioksidan

Jeruk nipis juga mengandung vitamin A dan antioksidan lainnya, seperti alpha, ß-carotenes, ß-cryptoxanthin, zea-xanthin dan lutein. Vitamin A dan antioksidan tersebut diperlukan untuk menjaga kesehatan membran mukosa kulit, serta kesehatan mata.

  • Vitamin B Kompleks

Tak hanya vitamin A dan C, jeruk nipis juga merupakan sumber vitamin B kompleks yang baik seperti asam pantotenat, piridoksin dan folat. Vitamin B kompleks diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan saraf.

  • Mineral

Jeruk nipis juga mengandung berbagai mineral, seperti zat besi, potasium dan kalsium yang diperlukan tubuh untuk dapat mempertahankan fungsinya dengan optimal.

Meski jeruk nipis kaya akan berbagai manfaat, namun Anda tetap harus tetap membatasi konsumsinya. Apalagi jika Anda adalah penderita mag. Pasalnya, konsumsi jeruk nipis dalam bentuk jus atau perasaan di saat kondisi perut sedang kosong dapat merangsang produksi asam lambung berlebih.

Yuk, konsumsi jeruk nipis, dan rasakan sendiri manfaatnya!

(NB/ RH)

vitamin Cmanfaat jeruk nipisKandungan Jeruk Nipis

Konsultasi Dokter Terkait