Jantung

8 Ciri-Ciri Serangan Jantung yang Perlu Diwaspadai

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 19 Mar 2024

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ciri-ciri serangan jantung bisa ditandai dengan gejala nyeri dada, keringat berlebih, kelelahan, hingga sesak napas. Mengetahui tanda penyakit jantung sejak dini bisa mencegah terjadinya komplikasi.

8 Ciri-Ciri Serangan Jantung yang Perlu Diwaspadai

Serangan jantung adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia yang bisa menyerang siapa saja, baik remaja atau orang dewasa pria dan wanita. Ciri-ciri penyakit jantung biasanya ditandai dengan rasa tidak nyaman pada area dada. Gejala penyakit jantung juga bisa seperti kelelahan, sesak napas, hingga sering berkeringat. 

Seseorang dapat memiliki risiko serangan jantung yang lebih tinggi apabila telah mengalami penyakit hipertensi alias tekanan darah tinggi, kegemukan atau obesitas, dan kolesterol tinggi

Mereka yang punya kondisi genetik bawaan, pola diet dan pola makan yang buruk, konsumsi alkohol berlebih, kebiasaan merokok, dan kurangnya aktivitas fisik juga bisa memiliki risiko serangan jantung yang tinggi. Sehingga, kamu perlu waspada terhadap gejala penyakit jantung dan segera periksakan diri ke dokter bila mengalami tanda tidak sehat pada jantung kamu. 

Serangan jantung terjadi ketika otot jantung tidak mendapatkan suplai darah yang memadai. Kondisi ini akan membuat otot jantung terganggu hingga mengalami kematian jaringan yang disebut infark miokard.

Sebelum menyebabkan kematian, berikut ini beberapa ciri-ciri serangan jantung yang bisa dikenali sejak dini:

1. Nyeri atau Rasa Tidak Nyaman pada Dada

Kebanyakan orang dengan serangan jantung mengalami semacam nyeri atau rasa tidak nyaman pada area dada. Namun, penting untuk dipahami bahwa tidak setiap kasus nyeri dada disebabkan oleh serangan jantung.

Seseorang yang mengalami serangan jantung akan mengeluhkan nyeri dada kiri yang menjalar hingga ke lengan kiri, leher, atau menembus ke punggung. Rasa nyeri terkadang terasa seperti tertindih benda berat, dan dirasakan lebih dari beberapa menit.

Nyeri dada biasanya akan menghilang dengan obat nitrat yang diberikan di bawah lidah. Obat tersebut merupakan pertolongan pertama sebelum mendapatkan perawatan gawat darurat di fasilitas kesehatan terdekat.

2. Nyeri Perut

Walaupun tidak khas, ciri-ciri sakit jantung juga bisa menimbulkan nyeri perut pada sebagian orang. Sakit perut akibat penyakit jantung biasanya diikuti nyeri pada area ulu hati. Keluhan ini kadang disalahartikan sebagai sakit maag, padahal merupakan gejala serangan jantung. 

Untuk membedakannya diperlukan pemeriksaan yang teliti, misalnya dengan aliran listrik jantung atau elektrokardiografi (EKG).

3. Berkeringat Banyak

Berkeringat lebih banyak dari biasanya, terutama jika kamu sedang tidak berolahraga atau aktif bergerak, bisa menjadi tanda awal penyakit jantung. 

Pasalnya, jantung butuh usaha lebih banyak untuk memompa darah melalui arteri yang tersumbat. Hal tersebut membuat tubuh berkeringat untuk mencoba menjaga suhu tetap rendah selama jantung beraktivitas ekstra. 

Jika terbangun dan mendapati tempat tidur yang basah kuyup, atau kamu tidak bisa tidur dengan keringat berlebih, hal ini juga bisa menjadi ciri-ciri serangan jantung terutama pada wanita.

4. Kelelahan

Tubuh mudah lelah juga bisa menjadi tanda serangan jantung ringan pada wanita. Menurut American Heart Association, beberapa wanita mungkin mengira gejala tersebut mirip dengan flu.

Serangan jantung dapat menyebabkan kelelahan, karena organ tersebut perlu bekerja ekstra untuk memompa darah melalui pembuluh yang tersumbat. 

5. Sesak Napas

Sesak dan kesulitan bernapas juga bisa menjadi tanda serangan jantung. Kondisi ini bisa disebabkan karena kegagalan pompa jantung, sehingga darah tidak dapat mengalir dengan lancar dan malah tertumpuk di paru.

6. Pusing Berputar

Kepala terasa ringan atau sensasi pusing berputar dapat menjadi gejala serangan jantung, yang umumnya dirasakan oleh wanita. Kondisi ini digambarkan seperti akan pingsan saat mencoba berdiri dari posisi duduk. 

Artikel Lainnya: Inilah Tanda Sebulan Sebelum Serangan Jantung

7. Jantung Berdebar

Salah satu gejala serangan jantung ringan adalah palpitasi atau jantung berdetak cepat. Penyakit mematikan tersebut juga dapat menyebabkan gejala perubahan irama jantung, sehingga organ ini berdenyut tidak seperti biasanya. 

Jantung dan tubuh mengandalkan detak yang konsisten untuk mengalirkan darah dan oksigen. Jika detaknya keluar dari ritme, disertai pusing, nyeri dada, atau pingsan, hal ini bisa menjadi tanda mengalami gangguan atau serangan jantung.

Jantung berdebar akibat serangan jantung bisa menimbulkan rasa tidak nyaman atau cemas, terutama pada wanita. Beberapa orang menggambarkan kondisi ini sebagai sensasi jantung berdetak kencang di leher, bukan hanya di dada.

8. Gangguan Pencernaan

Beberapa orang dapat mengalami gangguan pencernaan ringan dan masalah gastrointestinal lainnya sebelum serangan jantung. 

Jika kamu mengalami perut keras ataupun kram secara tiba-tiba, gangguan pencernaan atau tidak nyaman di sekitar ulu hati, jangan tunda untuk segera berobat ke dokter.

Keluhan mual dan muntah juga dapat dirasakan pada pasien dengan gangguan jantung. Hal ini membuat pasien kesulitan untuk makan.

Demikian berbagai ciri-ciri serangan jantung yang perlu kamu waspadai sejak dini. Jika kamu merasakan atau menemukan ada kerabat yang mengalami gejala tersebut, segera berobat ke dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Untuk cari tahu lebih lanjut mengenai ciri-ciri serangan jantung, kamu bisa berkonsultasi pada Dokter Spesialis Jantung secara online dan buat janji dengan Dokter Spesialis Jantung mudah dan cepat di aplikasi Klikdokter. Kamu juga bisa cek risiko penyakit jantung di layanan Klikdokter, ya. Download aplikasi Klikdokter sekarang dan manfaatkan konsultasi kesehatan mudah dan lengkap.

(NB/JKT)

Serangan Jantung

Konsultasi Dokter Terkait