Sukses

Salah Mencuci Tangan, Sia-sia Belaka

Agar efektif dalam mencegah serangan penyakit, Anda tetap perlu mematuhi beberapa langkah dan aturan dalam mencuci tangan.

Klikdokter.com, Jakarta Tangan merupakan salah satu media untuk perpindahan bakteri, virus, dan jamur. Saat menyentuh, mengambil, dan memindahkan barang atau bahkan menyentuh orang lain, berbagai kuman akan ikut berpindah ke tangan Anda.

Kuman tersebut bisa jadi merupakan kuman yang menyebabkan penyakit, sehingga dapat mengganggu kesehatan Anda. Bakteri penyebab diare, infeksi saluran napas, dan penyakit mata merupakan sumber penyakit yang mudah menempel di tangan.

Selain itu, kuman tersebut dapat bersembunyi di area tangan yang jarang dibersihkan, seperti pada sela-sela jari dan di bawah kuku Anda. Oleh karena itu, kegiatan mencuci tangan pakai sabun sangat penting untuk membasmi kuman penyakit.

Meski merupakan kegiatan sederhana, mencuci tangan tetap tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Mencuci tangan dengan cara yang tidak tepat justru akan menjadi sia-sia. Anda pun berisiko terserang penyakit.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan untuk mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun dalam enam langkah. Langkah-langkah tersebut meliputi membersihkan telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, bawah kuku, dan lekukan-lekukan pada telapak tangan. Jadi, tidak ada area tangan yang luput.  

Jika enam langkah tersebut dikerjakan dengan benar, maka jumlah kuman yang mati lebih banyak. Kuman yang hidup di tempat tersembunyi juga bisa dibersihkan. Dengan langkah mudah dan murah, yaitu mencuci tangan pakai sabun, Anda sudah dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit. Ayo cuci tangan dengan benar!

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar