Kesehatan Bayi

Tips Menyiapkan MPASI untuk Ibu Bekerja

dr. Ratih Puspita Sp.A, 05 Jan 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bagi ibu bekerja, menyiapkan MPASI juga bisa dilakukan dengan mudah dan efisien. Bagaimana caranya? Baca kiat-kiatnya di sini.

Tips Menyiapkan MPASI untuk Ibu Bekerja

Menyiapkan MPASI memang bukan pekerjaan yang mudah. Sering kali kegiatan ini menyita waktu yang cukup banyak. Jika Anda adalah seorang ibu yang sibuk, efisiensi dalam menyiapkan MPASI menjadi sangat penting. Berikut ini beberapa kiat menyiapkan MPASI bagi Anda yang bekerja:

  • Untuk meningkatkan efisiensi, belanja bahan makanan bisa dilakukan cukup satu kali seminggu. Setelah belanja, bersihkan dan potong bahan makanan tersebut menjadi porsi-porsi sesuai porsi makanan bayi. Lalu masukkan dalam wadah-wadah bersih yang tertutup dan simpan dalam lemari es.
  • Pilih alat masak yang praktis. Ibu bekerja dapat memilih alat masak yang lebih praktis dan aman, salah satunya slow cooker untuk membuat makanan tetap segar saat dimakan oleh anak. Bahan makanan bisa langsung dicampur menjadi satu dan tak perlu ditunggu seperti memasak di kompor.
  • Simpan makanan dalam bentuk frozen food dan masukkan ke dalam wadah yang aman. Jika ingin memberikan kepada anak, frozen food ini bisa dihangatkan terlebih dahulu.
  • Apabila betul-betul sibuk dan tidak dapat memasak, membeli MPASI homemade yang banyak dijual bisa dijadikan pilihan. Beberapa orang memiliki usaha membuat MPASI dalam jumlah yang cukup banyak, lalu dijual dalam porsi kecil sesuai porsi makan bayi.

Namun, Anda harus ekstra hati-hati dalam memilih supplier makanan bayi ini. Pastikan bahwa makanan yang dijual mengandung zat gizi seimbang, aman dari bahan berbahaya, fresh (dibuat setiap hari), serta proses pengolahannya bersih.

  • Pemberian MPASI instan fortifikasi juga dapat menjadi pilihan. MPASI instan fortifikasi mengandung makronutrien dan mikronutrien yang dibutuhkan bayi, sehingga Anda tidak perlu khawatir bayi akan kekurangan zat gizi.

MPASI tepat, bayi pun sehat!

[RS/RH]

makanan pendamping ASIMPASIBayiIbu Bekerja

Konsultasi Dokter Terkait