Sukses

Fakta Tentang Kebersihan Air yang Wajib Anda Ketahui

Belum banyak yang mengetahui fakta di balik air yang setiap hari dikonsumsi. Yuk, cari tahu selengkapnya di sini.

Manusia tidak bisa dipisahkan dari air. Karena substansi ini memegang peranan penting dalam menunjang kehidupan. Namun belum banyak yang mengetahui fakta di balik air yang setiap hari dikonsumsi. Anda salah satunya?

Berikut adalah fakta mengenai air yang wajib Anda ketahui:

  • Fakta tentang Kebersihan Air #1: Tidak sembarang air dapat diminum

Banyak orang yang masih bingung mengenai kriteria air yang baik untuk dikonsumsi.

Kriteria tersebut penting untuk menghindarkan diri dari berbagai macam penyakit yang tidak diinginkan. Untuk itu, memerhatikan dengan saksama sumber air minum menjadi hal yang sangat penting.

  • Fakta tentang Kebersihan Air #2: Di negara berkembang, 80% penyakit disebabkan karena kualitas air yang buruk

Kualitas air yang buruk dapat diidentikkan dengan penyakit. Air minum dengan kualitas yang buruk –misalnya mengandung bakteri E. coli atau mengandung logam– dapat menyebabkan penyakit infeksi dan keracunan. Untuk keperluan sanitasi, air yang mengandung bakteri dapat menyebabkan penyakit kulit seperti iritasi dan infeksi.

  • Fakta tentang Kebersihan Air #3: Hampir 1 dari 6 anak Indonesia tidak memiliki akses terhadap air minum yang aman

Kualitas air minum yang rendah juga dapat berarti penyakit dan kematian. Angka kematian yang tinggi karena diare pada anak di Indonesia, salah satunya disumbangkan oleh kebersihan air minum yang rendah. Akses terhadap air minum yang aman dikonsumsi bukan hanya terjadi di pedesaan, namun juga di perkotaan meskipun angkanya lebih rendah.

  • Fakta tentang Kebersihan Air #4: Baru 29% masyarakat Indonesia yang dapat mengakses air bersih dari perpipaan

Kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya air bersih masih sangat rendah. Hal ini didukung dengan masih rendahnya ketersediaan akses air bersih dari perpipaan di Indonesia. Padahal banyak sekali penyakit yang dapat ditimbulkan dari air yang tidak bersih, misalnya diare baik karena virus maupun bakteri, demam tifoid, sakit kuning, serta infeksi kulit.

Kualitas sumber daya manusia yang baik juga turut ditentukan dari kualitas air yang digunakan. Selain sumber air, kebersihan dan higienitas pribadi juga harus diperhatikan, karena kesehatan dimulai dari diri sendiri.  Yuk kita hidup sehat!

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar