Sukses

Sudah Olahraga, Tapi Berat Badan Tak Juga Turun?

Jika Anda merasa sudah rajin olahraga tapi timbangan masih statis, maka ada yang salah dengan rutinitas harian Anda. Coba ingat-ingat, apakah pola makan Anda sudah benar?

Siapa pun kini berlomba untuk menerapkan gaya hidup sehat. Bisa dilihat dari banyaknya unggahan foto di sosial media yang menampilkan berbagai pose saat sedang berolahraga.

Hal itu tentu tidak ada salahnya, malah baik untuk kesehatan. Namun bagi Anda yang sedang berjuang menurunkan berat badan, olahraga sering kali dijadikan sebagai ‘senjata’ ketika ingin makan banyak agar tak merasa bersalah. Mungkin Anda salah satu orang yang pernah berkata, “Ah, tak apa makan martabak satu kotak, nanti saya bakar kalorinya dengan treadmill satu jam.”

Hati-hati! Kebiasaan tersebut dapat membuat angka timbangan Anda statis, meskipun Anda sudah rajin berolahraga.

Anda Bukan Atlet Profesional

Kebanyakan orang yang berolahraga bukanlah orang yang betul-betul memahami olahraga (seperti halnya atlet profesional). Porsi makan atlet profesional tak hanya dihitung dari jumlah kalorinya, namun juga kandungan nutrisinya. Misalnya, sebelum bertanding, seorang atlet sepeda yang hendak berlomba sejauh 150 km mengonsumsi makanan berkarbohidrat yang tinggi kalori.

Setelah makan satu porsi ayam goreng, kentang goreng, dan es krim dari restoran cepat saji, Anda mungkin ingin menghilangkan rasa bersalah dengan bersepeda keliling komplek. Sebetulnya boleh saja Anda berolahraga setelah makan banyak, namun tetap perhatikan kandungan gizi dari makanan yang dikonsumsi hingga jumlah kalorinya.

Jaga Pola Makan

Untuk bisa menurunkan berat badan dan membentuk otot, Anda membutuhkan latihan yang rutin dan tepat. Namun jika pola makan tidak dijaga, maka Anda tidak akan memiliki cukup energi untuk berolahraga secara maksimal. Contohnya, sebelum berolahraga Anda mengonsumsi minuman yang tinggi gula, yang justru akan membuat Anda mudah lemas dan tidak bertenaga saat akan berolahraga.

Makanan yang tidak sehat seperti makanan yang tinggi gula dan tinggi lemak akan membuat Anda menjadi lemas serta malas berolahraga. Sebaliknya, jika Anda mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, Anda akan menjadi lebih bersemangat berolahraga. Jadi pastikan sebelum berolahraga, Anda mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein sebagai sumber energi.

Kunci untuk mendapatkan tubuh ideal adalah mengatur pola makan dan berolahraga teratur. Berolahraga saja tidak cukup jika Anda makan sembarangan dan tidak memperhatikan kandungan gizi.

[RS]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar