Sukses

Bekal Makanan untuk Bayi Selama Bepergian

Apa saja yang harus diperhatikan dalam menyiapkan bekal bayi selama perjalanan? Berikut kiat lengkap dari dr. Dyan Mega!

Liburan kerap menjadi hal yang dinanti-nanti oleh banyak keluarga. Perbekalan makanan selama perjalanan sebaiknya dipersiapkan dengan matang, baik untuk Anda maupun bayi.

Menyiapkan bekal untuk bayi selama bepergian sebenarnya mudah dan tidak merepotkan. Hanya saja, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan untuk menghindari bayi mual dan muntah akibat mabuk perjalanan, seperti:

  • Menyiapkan makanan kecil yang bergizi dan menyegarkan
  • Memberikan air putih yang cukup selama dalam perjalanan untuk mencegah dehidrasi
  • Menghindari memberi makan saat kendaraan sedang bergerak agar bayi tidak mual

Bila perjalanan udara yang menjadi pilihan, beri makan bayi saat pesawat dalam kondisi stabil. Karena perjalanan relatif lebih singkat, usahakan makanan berat sudah diberikan beberapa waktu sebelum penerbangan. Di dalam pesawat, Anda dapat memberi camilan yang menyegarkan agar bayi tidak terlalu lapar. Pemberian camilan atau makan berat selama dalam perjalanan dapat membuat bayi lebih mudah mabuk perjalanan, jadi pilih makanan yang ringan tapi sehat untuk bayi.

Bekal makanan sehat dan praktis untuk bayi, yang bisa dijadikan pilihan selama perjalanan di antaranya:

  • Potongan buah segar atau kukusan sayur
  • Agar-agar atau puding
  • Biskuit susu

Bila perjalanannya singkat, bekal tidak perlu dibawa menggunakan box pendingin. Namun bila perjalanan yang akan ditempuh jauh, bawa bekal ini di dalam box pendingin. Akan tetapi bila sang bayi tidak menyukai makanan dingin, Anda dapat mengeluarkannya beberapa saat sebelum waktu makan hingga suhunya setara suhu ruangan, barulah menyajikannya kepada bayi. Bila tidak ada waktu menyiapkan dari rumah, Anda dapat membawa beberapa keeping biscuit susu. Lumatkan biskuit dengan air hangat sebelum diberikan kepada bayi.

Ingat, pemberian porsi makanan tidak perlu berlebihan karena perut bayi yang penuh dapat memicu terjadinya mabuk udara.

(RS)

0 Komentar

Belum ada komentar