Sukses

Cara Menjaga Kesehatan Email Gigi

Memiliki email gigi yang sehat banyak keuntungannya, karena email gigi adalah lapisan terluar yang berfungsi sebagai pelindung gigi.

Kebanyakan pasien yang berobat ke dokter gigi datang dalam kondisi gigi sudah berlubang, bahkan tak jarang gigi sudah terlanjur rusak parah. Hal ini dapat disebabkan banyak hal, mulai dari pasien takut ke dokter gigi, kesibukan dan jadwal yang padat, dll. Selain itu, kadang kala pasien juga sering tidak menyadari bahwa giginya mulai berlubang, karena jika dilihat sekilas gigi tampak utuh dan baik-baik saja. Tapi begitu dicermati, ternyata email gigi sudah dalam kondisi memprihatinkan.

Apabila karies gigi sudah terjadi pada email gigi dan kondisi kebersihan gigi dan mulut buruk, lubang gigi dapat berkembang dengan pesat. Setitik saja lubang yang terjadi pada email gigi dapat memberi akses masuk bagi bakteri untuk memasuki lapisan gigi yang lebih dalam yaitu dentin. Lapisan dentin jauh lebih lunak dibanding email gigi, sehingga mungkin saja terjadi email masih tampak utuh namun dentin di dalamnya sudah keropos dan menggaung. 

Jadi salah satu strategi untuk mencegah gigi berlubang adalah memperkuat lapisan email gigisupaya tidak mudah keropos. Bagaimana caranya?

Tahap awal terjadinya lubang gigi adalah larutnya mineral yang terdapat pada lapisan email gigiyang disebabkan karena asam dari hasil metabolisme bakteri. Semakin banyak mineral yang larut membuat lapisan gigi menjadi rusak, akibatnya terbentuklah lubang. Bakteri tumbuh subur pada plak gigi yang tidak dibersihkan dengan baik. Oleh karena itu, kebersihan gigi mutlak diperlukan sebagai langkah awal mencegah karies.

Pola Makan

Selanjutnya, pola makan juga sangat penting diperhatikan. Hindari makanan yang lengket dan manis karena lebih sulit dibersihkan. Minuman kemasan biasanya sangat banyak mengandung gula dan pemanis buatan, maka hindarilah konsumsi yang berlebihan.

Sikat Gigi Teratur

Cara menjaga kebersihan gigi tentunya melibatkan penyikatan gigi yang teratur, namun cara sikat gigi yang salah justru dapat merusak email gigi. Hindari tekanan berlebihan saat menyikat gigi, dan gerakkanlah sikat ke arah gusi ke gigi dengan perlahan, sambil sedikit memutar mengikuti bentuk gusi. Bagian leher gigi yang berbatasan dengan gusi harus ikut tersikat, karena daerah inilah yang menjadi tempat awal menumpuknya plak gigi.

Pemilihan Pasta Gigi

Gunakan pasta gigi yang mengandung bahan aktif penguat email gigi seperti HAP mineral, yang dapat terkandung dalam pasta gigi dalam bentuk senyawa seperti sodium monofluorophosphate. HAP mineral dapat memperkuat email gigi dan membuat mineral gigi lebih sulit larut oleh asam.

Selain itu, pilihlah pasta gigi yang mengandung Microgranules yang dapat membersihkan sela-sela gigi 94% lebih bersih dibanding pasta gigi biasa dan Zinc-Citrate yang memiliki daya kerja ekstra dalam membunuh kuman sehingga memberikan perlindungan terhadap bakteri dan plak pada gigi.

Konsultasikan dan periksakan diri Anda dan keluarga secara berkala ke dokter gigi, agar karies gigi dapat terdeteksi secara dini.

0 Komentar

Belum ada komentar