HomeInfo SehatJantung7 Cara Cegah Penyakit Jantung
Jantung

7 Cara Cegah Penyakit Jantung

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 08 Apr 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

7 Cara Cegah Sakit Jantung. Penyakit jantung yang erat kaitannya dengan pola hidup adalah penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner merupakan penyakit akibat menyempitnya pembuluh jantung koroner akibat sumbatan plak lemak.

7 Cara Cegah Penyakit Jantung

KLIKDOKTER.com - Angka kematian akibat sakit jantung terus meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Salah satu hal yang turut menyumbang peningkatan sakit jantung adalah pola hidup yang tidak sehat.

Serangan jantung biasanya disebabkan karena penyakit jantung koroner, yaitu gangguan dimana pembuluh darah jantung tersumbat oleh plak. Meskipun sampai saat ini belum ada cara untuk mengetahui pasti kapan serangan jantung dapat terjadi, akan tetapi faktor-faktor risiko terkait dengan gangguan ini telah diketahui. Faktor risiko utama yang diketahui dan dapat dikontrol adalah tekanan darah tinggi, kadar kolesterol dalam darah yang tinggi, obesitasmerokok, dan gaya hidup tidak aktif.

Penyakit jantung yang erat kaitannya dengan pola hidup adalah penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner merupakan penyakit akibat menyempitnya pembuluh jantung koroner akibat sumbatan plak lemak. Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah bahwa sakit jantung dapat dicegah. Ada beberapa prinsip utama mencegah sakit jantung, apa saja?

Halaman berikut ini terdapat 7 cara cegah sakit jantung:

Cara Mencegah Sakit Jantung

Berikut beberapa cara mencegah sakit jantung:
  1. Jangan merokok Merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang perlu Anda tinggalkan. Merokok memberikan tubuh Anda stres oksidatif yang dapat meningkatkan perkembangan plak lemak di dalam pembuluh jantung koroner Anda.

  2. Pola makan yang sehat Bagaimana pola makan yang sehat? Prinsip dasar pola makan sehat untuk jantung Anda adalah: - pola makan tinggi buah dan sayuran, - makanan kaya gandum (oat), - sumber protein seperti ikan. - Makanan yang dimakan harus rendah garam dan lemak saturasi. - Hindari lemak saturasi yang buruk untuk jantung, banyak dijumpai pada junk food dan makanan yang digoreng. - Makanan lebih baik direbus, dikukus atau dipanggang daripada digoreng.

  3. Jaga berat badan ideal Anda Menurunkan beberapa kilogram berat badan Anda dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Berat badan berlebih biasanya lekat kaitannya dengan penyakit jantung, diabetes, dan kadar kolesterol yang buruk.

  4. Tetap aktif! Apapun itu olahraganya, mulailah sekarang! Olahraga dapat menjaga berat badan Anda tetap ideal, menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Pilihlah olahraga yang Anda suka, bisa dimulai dari bermain bulutangkis atau sampai berjalan cepat di sekitar rumah.

  5. Batasi alkohol Konsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan risiko peningkatan tekanan darah tinggi yang pada akhirnya menyebabkan peningkatan penyakit jantung Selain itu, alkohol yang berlebihan meningkatkan terjadinya penyakit hati.

  6. Hindari stress Stres berhubungan dengan sistem imun dan terjadinya penyakit. Jika Anda sedang berada dibawah tekanan dan stres, carilah pertolongan, bicaralah dengan orang terdekat atau lakukan kegiatan yang Anda suka untuk menurunkan tingkat stres Anda!

  7. Kontrol ke dokter Banyak orang yang takut untuk kontrol ke dokter. Padahal degan melakukan konsultasi dan pemeriksaan, Anda dapat mencegah berbagai penyakit pada tahap dini. Jadi janganlah menunda datang ke dokter sampai penyakit serius sudah menyerang Anda!

Itu dia beberapa cara mencegah penyakit jantung. Jadi pertanyaannya sekarang, apakah Anda mau meninggal akibat sakit jantung? Tentu tidak. Yuk, kita mulai makan yang sehat, berolahraga, hentikan merokok dan hindari stres!

 

Pengendalian Kolesterol7 Cara Cegah Penyakit JantungPenyakit Jantung

Konsultasi Dokter Terkait