Sukses

6 Pose Yoga Untuk Meningkatkan Stamina

Jika Anda sering lemas dan merasa mudah lelah, beberapa pose yoga berikut dapat membantu Anda meningkatkan stamina. Yuk, coba di rumah!

Klikdokter.com, Jakarta Stamina yang kurang baik memang sering kali menyulitkan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Pekerjaan di rumah dan kantor pun menjadi terbengkalai dan hubungan dengan pasangan tak jarang ikut terganggu. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba beberapa pose yoga yang bermanfaat bagi tubuh, termasuk meningkatkan stamina.

Banyak orang menganggap yoga hanya sebagai olahraga ‘senang-senang’. Padahal, pose-pose yoga bermanfaat untuk melatih pernapasan, keseimbangan, memberikan efek relaksasi, dan membuat stamina prima sepanjang hari. Apalagi jika Anda rutin melakukannya.

Berbagai pose yoga diyakini mampu meningkatkan fungsi jantung dan paru, sehingga dapat bekerja dengan lebih efisien. Dengan demikian, Anda pun memiliki stamina yang prima dan tidak mudah lelah.

Berikut adalah beberapa contoh pose yoga yang dapat Anda praktikkan untuk meningkatkan stamina. Untuk melatih pernapasan dan meningkatkan kapasitas paru-paru, Anda dapat melakukan rangkaian pose Asana, di antaranya Urdhya Dhanurasana (pose busur) dan Ustrasana (pose unta).

1 dari 7 halaman

1. Pose Busur

Pertama-tama, berbaringlah terlentang di lantai yang sudah diberi matras yoga. Tekuk siku, letakkan kedua telapak tangan di sisi kiri dan kanan kepala seperti akan kayang. Kencangkan bokong, tekuk lutut, lalu angkat badan Anda. Tahan hingga 5–10 detik dan ulangi 3–10 kali.

2 dari 7 halaman

2. Pose Unta

Berlututlah di lantai yang sudah diberi matras. Atur lutut selebar pinggul dan paha tegak lurus dengan lantai. Kencangkan bokong Anda, raih kedua tumit dengan kedua tangan Anda, condongkan bahu ke belakang. Arahkan kepala dan pandangan mata ke atas. Pertahankan pose ini antara 30–60 detik.

Selain melatih pernapasan dan memperbesar kapasitas paru-paru, pose ini dapat memperkuat otot agar tidak mudah lelah. Pose unta juga dapat dilakukan dengan beberapa pose, seperti Parsvakonasana (pose sisi menyamping) dan Navasana (pose perahu).

3 dari 7 halaman

3. Pose Sisi Menyamping

Tangan kanan bertumpu ke lantai, posisikan tungkai kanan di depan lalu tekuk dan posisikan tungkai kiri Anda lurus ke belakang. Tarik lengan kiri Anda ke atas. Arahkan kepala dan pandangan mata Anda ke arah tangan kiri tersebut. Pertahankan pose ini selama 30–60 detik. Anda dapat mengganti posisi tangan dan kaki sebaliknya.

4 dari 7 halaman

4. Pose Perahu

Duduklah di lantai dengan posisi kaki lurus. Letakkan kedua lengan Anda di samping pinggul. Tegakkan tulang punggung, condongkan badan ke belakang, dan angkat kedua tungkai Anda. Pastikan Anda menahan dan mengencangkan perut ketika melakukan pose ini. Lakukan pose ini selama 5–60 detik, tergantung kemampuan Anda.

5 dari 7 halaman

5. Pose Split

Lakukan split dan letakkan kedua lengan Anda di sisi kiri dan kanan tubuh. Condongkan tubuh agak ke depan, arahkan pandangan mata ke atas. Pertahankan pose ini selama 5–10 detik, ulang gerakan ini sebanyak 5 kali. Pose ini juga dapat membantu melancarkan peredaran darah.

6 dari 7 halaman

6. Pose Dewi

Berdirilah dengan tegak, buka tungkai lebar-lebar, lalu tekuk tungkai Anda. Arahkan jari-jari kaki secara diagonal ke luar. Angkat kedua lengan, buka telapak tangan. Arahkan telapak tangan Anda ke depan. Pertahankan pose ini antara 30–60 detik.

Demikianlah beberapa pose yoga yang bisa Anda praktikkan untuk meningkatkan stamina. Pose-pose tersebut cukup mudah untuk dicoba oleh pemula dan dapat dipraktikkan sendiri di rumah. Lakukan secara rutin setiap pagi sebelum beraktivitas agar hari-hari Anda lebih bersemangat. Selamat mencoba!

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar