Sukses

Ampuhkah Minyak Jarak untuk Memanjangkan Bulu Mata?

Minyak jarak dipercaya dapat menumbuhkan rambut, termasuk memanjangkan bulu mata. Apakah benar-benar ampuh?

Klikdokter.com, Jakarta Beruntunglah Anda jika memiliki bulu mata yang dari sananya sudah panjang dan lentik. Beberapa wanita masih harus berjuang untuk mendapatkannya. Mereka melakukan eyelash extensions hingga membubuhkan minyak jarak (castor oil) demi aset kecantikan yang satu itu.

Minyak jarak memang sudah lama dipercaya dapat menumbuhkan rambut. Berasal dari biji pohon jarak, ramuan ini sering dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit dan membuat kosmetik.

Biasanya minyak jarak ini difungsikan sebagai pencahar. Namun, ada juga yang menggunakannya untuk menyembuhkan infeksi jamur dan bakteri, mengatasi ketombe, dan menangani wasir.

Lalu, apakah minyak jarak benar-benar ampuh untuk memanjangkan bulu mata? Menurut laporan yang ditulis Healthline, belum ada studi ilmiah yang menunjukkan bahwa minyak jarak dapat membantu pertumbuhan rambut bulu mata.

Namun ada bukti bahwa asam risinoleat, senyawa kimia di dalam minyak jarak, dapat membantu mengembalikan rambut rontok.

Studi lainnya memperlihatkan bahwa asam risinoleat dapat membantu menghalangi protein prostaglandin D2, salah satu faktor penghambat pertumbuhan rambut, dan berpotensi membuat rambut kepala tumbuh kembali.

 Meski demikian, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memahami apakah asam risinoleat dapat digunakan untuk mengobati jenis kerontokan rambut lainnya.  

1 dari 3 halaman

Cara menggunakan minyak jarak

Walaupun masih membutuhkan studi lebih lanjut, silakan saja jika Anda tetap ingin mencoba minyak jarak. Siapa tahu benar-benar berhasil, kan?

Sebelum membeli minyak jarak, bacalah labelnya secara saksama untuk memastikan bahwa itu benar-benar minyak jarak murni. Minyak jarak yang dicampur dengan minyak atau bahan lainnya mungkin dapat memicu iritasi, atau tidak bisa memberikan hasil seperti yang Anda inginkan.

Ada dua jenis minyak jarak yang sering digunakan untuk kecantikan, yaitu minyak jarak cold-pressed dan minyak jarak hitam Jamaika. Keduanya mengandung sifat yang sama yang menguntungkan untuk pertumbuhan bulu mata.

Sehari sebelum perawatan bulu mata, oleskanlah minyak jarak ke bagian lain dari kulit Anda, seperti lengan. Jika tidak mengalami iritasi kulit, minyak tersebut seharusnya aman digunakan pada bulu mata Anda.

Waktu terbaik untuk menggunakan minyak jarak adalah sebelum tidur malam. Berikut langkah-langkah dalam mengaplikasikan minyak jarak ke bulu mata:

  • Pastikan bulu mata bersih dan bebas dari kosmetik.
  • Tuangkan sedikit minyak jarak ke cotton bud.   
  • Usapkan cotton bud dengan hati-hati ke sepanjang garis bulu mata bagian atas. Jangan sampai minyak tersebut masuk ke dalam mata karena dapat mengiritasi. Bila sudah telanjur, segeralah cuci mata dengan air.
  • Bersihkan minyak jarak pada pagi hari dengan air atau pembersih khusus kosmetik.
2 dari 3 halaman

Alternatif resep lainnya

Selain minyak jarak, beberapa resep rumahan yang sering digunakan untuk memperpanjang bulu mata adalah petroleum jelly, teh hijau, dan lidah buaya. Namun, mereka semua belum terbukti efektif dan aman.

Hal ini berbeda dengan Latisse yang terbukti aman. Obat pemanjang bulu mata ini telah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA), Amerika Serikat. Bahan aktif di dalamnya, bimatoprost, merupakan senyawa yang berasal dari asam lemak yang diyakini dapat mengaktifkan pertumbuhan folikel rambut.

Awalnya, perusahaan farmasi Allergen menggunakan bimatroprost untuk Lumigan, obat glaukoma. Para periset lalu menemukan bahwa obat ini ternyata dapat merangsang pertumbuhan bulu mata. Dari sinilah mereka terpikir untuk menciptakan Latisse.

Jika Anda memang tertarik dengan Latisse, Anda dapat langsung menemui dokter karena ini termasuk obat resep.

Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, Latisse harus diaplikasikan secara teratur setidaknya selama dua bulan. Begitu Anda mulai memakai Latisse, Anda harus terus menggunakannya agar hasilnya bertahan. Jika tidak, bulu mata Anda akan kembali ke kondisi semula.

Para peneliti mengatakan bahwa Latisse aman dan efektif untuk kebanyakan orang. Efek sampingnya pun minimal. Beberapa kemungkinan dampak buruknya adalah mata gatal dan merah, mata kering, kelopak mata menggelap, dan pertumbuhan rambut di sekitar mata.  

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk berhati-hati saat mengoleskan obat pemanjang bulu mata ini. Jangan sampai terkena mata dan area kulit lainnya untuk mencegah efek samping. Jadi, bagaimana? Anda lebih tertarik mencoba minyak jarak atau Latisse untuk memanjangkan bulu mata?

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar