Sukses

Atasi Wajah Berminyak dengan Konsumsi Makanan Ini

Berikut ini daftar makanan yang dianjurkan jika Anda memiliki kulit wajah berminyak.

Klikdokter.com, Jakarta Anda memiliki kulit wajah berminyak? Jika ya, tentunya ini akan sedikit merepotkan dan mengganggu penampilan.

Tak hanya mudah terlihat kusam, wajah yang berminyak juga rentan mengalami masalah jerawat. Itulah sebabnya pemilik kulit berminyak biasanya lebih berhati-hati dalam mengunakan produk wajah, juga dalam mengonsumsi makanan tertentu.

Namun, jangan khawatir. Bagi Anda pemilik kulit berminyak, ada beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk mencegah munculnya minyak berlebih. Apa saja itu? Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Timun

Timun merupakan buah yang mengandung banyak air. Timun direkomendasikan untuk pemilik kulit berminyak karena dapat menghidrasi kulit dengan efek pendinginnya. Selain timun, buah lainnya seperti semangka juga dapat dikonsumsi karena mengandung kadar air yang tinggi.

  1. Kacang

Banyak mitos yang mengatakan bahwa kacang-kacangan dapat memicu jerawat. Padahal, kacang mengandung omega-3 yang baik dalam mengatasi masalah kulit berminyak. Jadi, untuk pemilik kulit berminyak, Anda masih dapat memakan kacang asalkan tidak berlebihan. Jenis kacang yang dipilih sebaiknya kacang sangrai atau kacang rebus, bukan dalam bentuk kacang goreng.

  1. Jeruk

Buah-buahan sitrus seperti jeruk dan lemon mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C ini dapat mendetoksifikasi racun dalam tubuh serta menghilangkan minyak berlebih dari kulit Anda. Itulah sebabnya, mengonsumsi jeruk dan lemon baik untuk pemilik kulit berminyak.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan. Selain baik untuk menjaga kesehatan tubuh, sayuran hijau juga baik untuk mengurangi minyak pada wajah. Tak hanya itu, sayuran hijau juga dapat menurunkan jumlah peradangan dalam tubuh, sehingga ikut menyurutkan jumlah jerawat.

  1. Alpukat

Alpukat mengandung antioksidan dan asam lemak “baik” yang dapat membantu mengatasi wajah berminyak. Selain dimakan, alpukat juga dapat dijadikan masker untuk mencegah sekresi minyak pada wajah sekaligus efektif melembapkan wajah.

  1. Anggur

Tidak hanya jeruk dan lemon, anggur juga kaya vitamin C yang dapat membantu menyingkirkan racun dalam tubuh sekaligus mengurangi minyak pada wajah. Di samping itu, anggur juga mengandung kadar air yang tinggi sehingga membantu menghidrasi kulit.

  1. Dark chocolate

Dark chocolate tidak hanya memiliki rasa yang nikmat, tetapi juga manfaat dalam mengatasi peradangan jerawat. Ini dikarenakan dark chocolate mengandung antioksidan yang tinggi yang bermanfaat mengontrol produksi minyak pada wajah.

Banyak sekali sebenarnya makanan yang dapat Anda konsumsi untuk mengontrol minyak pada wajah. Akan tetapi, ini perlu Anda kombinasikan dengan usaha lain seperti membersihkan wajah secara teratur, menghindari polusi dan sinar matahari, serta olahraga teratur.

Penting juga untuk menjauhi beberapa makanan yang dapat membuat kulit wajah makin berminyak. Contohnya makanan berkarbohidrat (nasi, pasta, kentang), gorengan, gula, dan alkohol. Untuk penggunaan kosmetik, sebaiknya pemilik kulit wajah berminyak memilih produk yang berlabel “oil-free” dan “non-komedogenik”. Dengan kombinasi berbagai usaha tersebut, minyak pada wajah Anda pun dapat terkontrol dengan baik.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar