Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupSehat dan BugarIngin Wajah Awet Muda? Lakukan Ini 30 Menit Sehari
Sehat dan Bugar

Ingin Wajah Awet Muda? Lakukan Ini 30 Menit Sehari

Rieke Saras, 11 Jan 2018

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Singkirkan dulu krim-krim malam Anda. Lakukan ini saja agar wajah lebih awet muda!

Ingin Wajah Awet Muda? Lakukan Ini 30 Menit Sehari

Rahasia wajah awet muda ternyata cukup sederhana! Studi baru menunjukkan bahwa wanita yang rutin yoga wajah 30 menit sehari, beberapa kali dalam seminggu, dapat terlihat 3 tahun lebih muda. Hasil penelitian ini telah diterbitkan di JAMA Dermatology.

Beberapa tahun belakangan, yoga wajah memang banyak digemari oleh wanita. Mereka memercayai klaim yang mengatakan bahwa latihan ini dapat meremajakan wajah yang telah mengalami penuaan. Namun sayangnya, belum ada uji klinis yang dapat membuktikan.

Melihat hal tersebut, ahli dermatologi dan peneliti dari Northwestern University mencoba mengkajinya dan mengajak Gary Sikorsi, pendiri Happy Face Yoga, untuk bekerja sama.

Mereka menguji teknik yoga wajah pada sekelompok kecil wanita usia antara 40 dan 65 tahun yang ingin terlihat lebih muda. Para partisipan ini diinstruksikan untuk melakukan yoga wajah di rumah setiap hari selama 8 minggu. Setelah itu, mereka diminta untuk terus berlatih setiap hari.

Dalam 20 minggu, hasilnya pun sudah terlihat. Menurut para peneliti, mereka yang menjalankan yoga wajah secara rutin rata-rata tampak 3 tahun lebih muda. “Olahraga wajah terbukti dapat memperbaiki penampilan wajah dan mengurangi beberapa tanda penuaan yang terlihat," kata Dr Murad Alam, profesor dermatologi yang terlibat dalam penelitian tersebut.

Latihan ini, lanjutnya, dapat menguatkan otot wajah sehingga wajah menjadi lebih kencang, toned, dan terlihat muda.  Setelah melihat perbaikan di wajah mereka, para partisipan juga melaporkan bahwa mereka sangat puas dengan hasil yoga wajah mereka. Meskipun rutinitasnya memang cukup memakan waktu.

Praktikkan gerakan yoga wajah ini

Ada dua contoh gerakan yoga wajah dari penelitian yang dapat Anda coba di rumah. Berikut di antaranya: 

  • The Cheek Lifter: Buka mulut dan bentuk menjadi huruf "O". Posisikan bibir atas di atas gigi, tersenyum untuk mengangkat otot pipi ke atas, dan letakkan jari dengan lembut di bagian pipi atas. Lepaskan atau turunkan, lalu angkat kembali. Ulangi gerakan menurunkan dan mengangkat pipi ini beberapa kali. 
  • The Happy Cheeks Sculpting: Katupkan bibir dan tersenyum tanpa menunjukkan gigi, paksa otot pipi naik. Letakkan jari di sudut mulut, dan geser ke atas pipi. Tahan selama 20 detik. Kini Anda dapat memilih cara yang lebih murah dan tidak “beracun” agar wajah lebih awet muda. Dan tentu saja, Anda harus melakukan yoga wajah ini secara rutin untuk mendapatkan hasilnya.

Bagaimana, sudah siap mencobanya?

[RVS]

Awet MudaWajah Awet MudaSenam Wajah

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter