Sukses

Ini Dia 5 Cara Bikin Tubuh Lebih Lentur

Beberapa gerakan berikut ini bisa membantu tubuh Anda jadi lebih lentur dan sehat. Yuk, coba minggu ini!

Klikdokter.com, Jakarta Kelenturan tubuh sangat diperlukan saat Anda mengerjakan aktivitas fisik sehari-hari. Oleh karena itu, menjaga tubuh tetap lentur adalah hal yang harus Anda lakukan. Dengan memiliki tubuh yang lentur, Anda bisa terhindar dari cedera, seperti sakit punggung.

Selain itu, kelenturan tubuh yang terjaga dengan baik mampu menjaga sendi tubuh agar dapat berfungsi dengan optimal. Nah, bagaimana membangun tubuh yang lentur, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Yoga

Yoga yang kita kenal saat ini adalah bentuk aktivitas fisik yang meliputi meditasi, pengaturan pernapasan, latihan fisik dan pembentukan postur tubuh. Aspek-aspek yang menjadi fokus dari latihan fisik melalui yoga adalah latihan kekuatan otot dan fleksibilitas tubuh.

“Saat berenang atau joging, aspek ketahanan aerobik, jantung dan paru merupakan bagian yang sangat dominan dilatih. Sedangkan pada yoga, yang menjadi aspek penting bukanlah ketahanan jantung dan paru akan tetapi kekuatan otot, ketahanan otot dan fleksibilitas serta kelenturan,” kata dr. Astrid Wulan Kusumoastuti.

Selain itu, yoga juga dapat menumbuhkan perasaan positif dan menurunkan perasaan negatif. Pikiran yang positif dibutuhkan oleh penderita penyakit kronis untuk tetap optimis dalam menjalani hidup yang sehat dan berkualitas.

2. Pemanasan sebelum olahraga

Agar tubuh tetap lentur, selalu lakukan pemanasan sebelum olahraga. Sebab tanpa pemanasan, risiko cedera pun meningkat. Akibatnya, tubuh menjadi susah untuk lentur.

Selain itu, lakukan perengangan otot secara rutin untuk membantu jangkauan gerakan sendi. Gerakan berputar, menekuk lutut ke dada dan lengan merupakan gerakan yang berguna untuk meningkatkan kelenturan.

3. Menari

Menari dipercaya dapat membuat tubuh lebih lentur. Gerakan-gerakan dalam aktivitas ini membuat otot dan sendi terus bergerak. Sebuah studi mengadakan penelitian terhadap orang-orang dengan gagal jantung yang rutin melakukan tarian jenis Waltz.

Hasil pengamatan tersebut membuktikan bahwa terjadi perbaikan dalam fungsi pembuluh darah dan kualitas hidup. Selain itu, menari secara rutin juga baik untuk menjaga berat badan ideal.

4. Pilates

Jenis olahraga ini dapat membantu menstabilkan sendi dan menguatkan otot-otot penyokong sendi. Prinsip dari pilates adalah menyelaraskan pikiran dan tubuh, sehingga tubuh dapat menggunakan kemampuannya untuk mencapai keseimbangan, kekuatan, dan kesehatan. Pilates juga dapat membantu menurunkan berat badan, sehingga mengurangi risiko obesitas.

5. Tai Chi

Bagi Anda yang menyukai olahraga santai dan tidak terlalu berat, mungkin bisa mencoba Tai Chi. Tujuan olahraga ini adalah untuk mengurangi nyeri, meningkatkan mobilitas dan menguatkan otot tubuh. Anda bisa meluangkan waktu 20-40 menit setiap harinya untuk melakukan Tai Chi.

Tidak sulit menjaga tubuh agar selalu lentur. Yang Anda perlukan adalah meluangkan waktu untuk rutin berolahraga. Dan kelima olahraga di atas dapat Anda jadikan pilihan untuk membangun tubuh agar lebih lentur, bugar dan tidak mudah cedera. Ayo tingkatkan kualitas hidup dengan membuat tubuh lebih lentur, sehat dan aktif.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar