Sukses

Proses Pemulihan Kondisi Asisten Demian Aditya Pasca Kecelakaan

Kecelakaan atraksi The Death Drop mencederai asisten Demian Aditya. Saat ini Edison Wardhana tengah menjalani proses pemulihan.

Klikdokter.com, Jakarta Kecelakaan tragis dialami asisten Demian Aditya, Edison Wardhana. Ia mengalami cedera parah akibat kecelakaan saat menggantikan Demian Aditya dalam atraksi The Death Drop. Peristiwa mengejutkan itu mewarnai malam puncak SCTV Awards 2017, Rabu (29/11/2017) malam lalu.

Dalam aksi tersebut, Demian Aditya seharusnya menampilkan aksi berjuang keluar dari sebuah peti yang tergantung dengan tali. Beberapa meter di bawah peti itu, tegak berdiri batang-batang besi. Sang asisten, Edison, menggantikan posisi Demian dalam kotak. Dan terjadilah peristiwa tersebut: kotak jatuh tepat menimpa besi-besi tersebut, sedangkan Edison masih berada di dalam kotak.

Cedera serius dan kompleks

Cedera akibat kecelakaan yang terjadi pada Edison Wardhana memang tergolong serius dan kompleks. Kerusakan organ yang dialami Edison terletak di organ paru, adanya fraktur iga dan trauma tusuk di organ bokong.

Trauma paru yang dialami oleh Edison termasuk ke dalam trauma thoraks akibat tertusuk benda tajam. Cedera ini dapat menyebabkan kerusakan dinding thoraks akibat robeknya dinding thoraks, pada kasus Edison kemungkinan memicu terjadinya pneumothoraks dan hematothoraks. Sedangkan fraktur iga dapat terjadi karena rongga thoraks dibatasi oleh iga – iga.

Kondisi trauma thoraks ini dapat menyebabkan hipoksia yang menyebabkan gangguan pernapasan. Adanya luka di area paru – paru menyebabkan udara dapat keluar menuju rongga dada, sehingga paru – paru tidak dapat mengembang secara sempurna dan dapat mengecil di dalam rongga dada akibatnya gangguan pernapasan akan terjadi.

Selain itu Edison bisa mengalami gangguan hipovolemia yaitu suatu kondisi kurangnya cairan ekstraseluler tubuh akibat kehilangan darah dalam jumlah banyak. Perdarahan banyak terjadi akibat luka tusuk di organ paru – paru serta fraktur iga, tindakan bedah thoraks untuk memperbaiki kondisi paru dan fraktur iga merupakan tindakan yang paling tepat dilakukan.

Dalam kasus ini, organ paru – paru perlu mendapatkan perhatian ekstra karena trauma tusuk di organ tersebut menyebabkan gangguan pernapasan bagi penderita dan perdarahan yang membahayakan jiwanya yang kemungkinan akibat pneumothoraks atau hematothoraks.

Pada pneumothoraks penderita mengalami gejala nyeri dada, sesak napas. Sedangkan pada gangguan hematothoraks terjadi perdarahan di rongga dada, jika selama perdarahan jumlah darah yang keluar lebih dari 200 ml tiap jam, maka dibutuhkan tindakan operasi secara cepat.

Proses pemulihan Edison

Yang sangat memengaruhi proses pemulihan kondisi Edison adalah tindakan medis yang dilakukan dengan cepat setelah kecelakaan terjadi. Dan itu sudah dilakukan.

Namun, setelah menjalani operasi, Edison juga perlu membiasakan diri untuk melakukan aktivitas fisik secara bertahap.  Aktivitas fisik ini diperlukan untuk mempercepat proses pemulihan karena dapat mempromosikan aliran darah ke luka operasi. 

Jika tubuh Edison menerima respon dengan baik setelah tindakan operasi, maka kemungkinan dia akan dapat menjalankan aktivitasnya secara bertahap hingga kondisi tubuhnya dinyatakan fit.

Melihat kondisi Edison saat ini, ia memang masih memerlukan waktu lebih lama untuk pulih seperti sedia kala. Sehingga ia tidak boleh langsung melakukan aktivitas berat seperti yang biasa dilakukannya sebelum kecelakaan.

Untuk itu, proses pemulihan Edison sangat tergantung dari kondisi serta usahanya untuk pulih pasca operasi. Tidak perlu ada patokan durasi waktu kapan dia dapat beraktivitas seperti semula. Yang terpenting, kondisi Edison perlu mendapatkan penanganan yang tepat dan saksama serta fisioterapi yang rutin, untuk membuatnya kembali pulih dan beraktivitas kembali.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar