Sehat dan Bugar

7 Tips Olahraga yang Ideal Untuk Orang Tua

dr. Sara Elise Wijono MRes, 20 Okt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Olahraga tidak hanya dibutuhkan bagi orang muda saja, para orang tua yang sudah lanjut usia juga sangat membutuhkannya.

7 Tips Olahraga yang Ideal Untuk Orang Tua

Sebuah pemahaman yang keliru bahwa para orang tua lanjut usia hanya perlu menikmati hidup dengan bersantai saja. Seiring bertambahnya usia seseorang, fungsi-fungsi organ tubuh pasti akan mengalami penurunan. Namun, proses penurunan fungsi organ tubuh tersebut dapat dikendalikan. Penurunan bisa terjadi dengan cepat atau secara perlahan tergantung pada pola hidup seseorang dan asupan makanan yang dikonsumsinya.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa gaya hidup yang terlalu santai yang kebanyakan dilakukan oleh para orang tua lanjut usia justru meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung, hal ini disebabkan karena melemahnya fungsi otot-otot jantung akibat kurangnya aktifitas fisik. Oleh karena itu, mereka yang telah lanjut usia harus tetap didorong serta diberi semangat untuk melakukan aktivitas fisik terutama berolahraga agar supaya hidupnya tetap berkualitas.

Olahraga yang dikhususkan untuk para orang tua berbeda kadar serta intesitasnya dengan olahraga yang dilakukan oleh para kaum muda, karena itu memilih olah raga yang cocok untuk mereka wajib dilakukan sehingga dapat menghindarkan dari cedera.

Untuk menunjang orang tua saat akan olahraga dan beraktifitas, popok dewasa sangat disarankan untuk digunakan setiap saat. Karena selain membantu orang tua menahan buang air kecil atau biasa disebut penyakit inkontinesia urine yang terkadang dialami oleh orang tua, popok dewasa juga membantu melancarkan kegiatan sehari-hari tanpa perlu takut bolak-balik toilet.

Berikut beberapa olahraga yang direkomendasikan untuk mereka yang telah lanjut usia, di antaranya:

  • Senam

Berbagai jenis senam dapat dilakukan oleh orang lanjut usia, namun jenis senam jantung sangat disarankan untuk mereka. Gerakan yang ada dalam sesi senam hendaknya disesuaikan dengan umur mereka, gerakan cepat dan dinamis sangat tidak disarankan.

  • Jalan Kaki

Ajaklah ayah - ibu, kakek dan nenek atau paman serta bibi Anda yang telah berusia lanjut untuk berpartisipasi dalam kegiatan jalan sehat. Pastikan bahwa mereka masih mampu melakukannya, pilihlah rute yang tidak terlalu jauh dan jalanan yang datar, hindari jalanan menanjak. Kegiatan jalan kaki ini dapat membantu memperkuat otot-otot tubuh, memperbaiki masa tulang, memperkuat jantung serta paru-paru mereka, jika dilakukan secara rutin.

  • Angkat Beban

Jangan dibayangkan mereka disuruh mengangkat barbel yang berkilo-kilo beratnya. Angkat beban yang ditujukan untuk para orang tua bisa jadi hanya seberat botol air mineral ukuran sedang. Olahraga ini berguna untuk tetap melatih kekuatan otot-otot tangan mereka.

  • Berenang

Olahraga berenang sangat minim menyebabkan cedera akibat benturan fisik, oleh karena itu olahraga ini sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh para orang lanjut usia. Olahraga berenang selain menguatkan otot-otot tubuh juga dapat melatih kekuatan otot jantung dan paru-paru mereka.

  • Latihan keseimbangan

Tak seorang pun dapat mencegah proses penuaan tubuh, tatkala tubuh mulai menua seringkali diikuti oleh penurunan fungsi motorik seseorang. Fungsi motorik berkaitan dengan gerak keseimbang seseorang. Ajaklah keluarga Anda yang telah lanjut usia untuk berlatih keseimbangan, salah satu caranya adalah dengan berdiri dengan menggunakan satu kaki secara bergantian. Lakukanlah kegiatan ini secara rutin setiap pagi dan niscaya fungsi motorik mereka akan tetap terjaga.

  • Berkebun dan Beternak

Rata-rata para lanjut usia sangat mengemari kegiatan ini, dengan kegiatan berkebun dan berternak terbukti ampuh dapat mengurangi tingkat stres mereka dan melatih daya ingat serta konsetrasi mereka.

  • Yoga atau latihan pernapasan

Latihan yoga untuk para lanjut usia hanya berupa olah pernapasan dan peregangan badan. Ketika seseorang melakukan kegiatan ini mereka dapat melatih diri agar selalu merasa tenang dan bahagia dalam menjalani kehidupan di usia tua. Pada dasarnya semua kegiatan aktifitas yang dapat mengeluarkan keringat serta membakar kalori bisa dikategorikan sebagai olahraga, seperti: mencuci piring, mengepel lantai, mencuci mobil, dll.

Demikianlah berbagai jenis olahraga yang cocok dilakukan oleh golongan orang tua. Walau telah menginjak usia senja, kesempatan untuk tetap aktif dan sehat masih dapat dimiliki dengan pilihan olahraga yang sesuai. Oleh sebab itu untuk kenyamanan beraktivitas, rekomendasikan penggunaan popok dewasa pada orang tua Anda.

Orang TuaOlahragaOlahraga Orang Tua

Konsultasi Dokter Terkait