Sukses

Inilah Olahraga yang Bisa Bakar Kalori Lebih Banyak

Olahraga sering kali menyita waktu dan kurang efektif membakar kalori jika tidak tepat. Apa solusinya?

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga merupakan kegiatan yang wajib untuk dilakukan agar tubuh sehat dan menjaga berat badan tetap ideal. Namun, tidak sedikit orang yang jarang berolahraga dengan alasan tidak ada waktu lantaran pekerjaan, keluarga dan kewajiban sosial.

Memang, berolahraga perlu sedikit perjuangan untuk menyisihkan waktu. Tentunya, memilih olahraga yang tepat dalam waktu yang singkat agar efektif adalah keinginan semua orang.

Aktivitas yang menggunakan lebih banyak otot dan melibatkan beban yang berat tentunya akan membakar kalori dalam jumlah besar. Selain itu, semakin tinggi intensitasnya juga akan membakar kalori yang lebih banyak.

Berikut olahraga yang tepat untuk membakar kalori yang lebih banyak:

  1. Lari

    Lari dengan kecepatan 12 km per jam akan membakar kalori paling banyak. Hampir 1000 kalori per jam yang dibakar ketika Anda berlari.

    Namun, berlari dengan kecepatan tinggi tersebut tentunya tidak bisa lama. Anda juga dapat mencoba untuk berlari interval yaitu 2 menit lari cepat dan berganti 1 menit jogging.

  2. Berenang

    Berenang adalah olahraga yang juga membakar banyak kalori. Pasalnya, seluruh anggota tubuh Anda bergerak ketika berenang.

    Rata-rata kalori yang terbakar per jam ketika berenang adalah 600 hingga 900 kalori, tergantung gayanya. Gaya yang paling banyak membakar kalori adalah gaya kupu-kupu, gaya punggung dan gaya dada.

  3. Bersepeda

    Bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan dan membakar banyak kalori. Jumlah kalori yang terbakar tergantung dari kecepatan Anda bersepeda.

    Ketika bersepeda dengan kecepatan 22 km per jam dapat membakar 500 hingga 700 kalori setiap jam nya. Tentunya semakin cepat Anda akan membakar lebih banyak kalori.

  4. Boxing

    Tinju atau boxing adalah olahraga yang intens. Olahraga tersebut membutuhkan gerakan yang konstan dan energi yang dikeluarkan besar untuk melawan pasangan Anda. Tinju dapat membakar 550 hingga 800 kalori per jam.

  5. Lompat tali

    Jangan menganggap remeh olahraga lompat tali. Memang terlihat tidak membutuhkan usaha, lompat tali adalah olahraga dengan intensitas tinggi. Banyak orang yang hanya bertahan melakukan lompat tali untuk beberapa menit. Jumlah kalori yang terbakar dalam waktu 30 menit adalah 400 kalori.

    Namun, sulit untuk melakukan lompat tali dalam waktu yang lama. Anda dapat melakukannya interval dengan jogging di tempat.

  6. Olahraga tim

    Olahraga permainan tim seperti sepak bola, basket, tenis dan lain-lain juga membakar kalori secara efektif. Sepak bola dapat membakar kalori hingga 1000 per jam, hal ini dikarenakan seringnya kegiatan berlari mengejar bola.

    Basket dan tenis dapat membakar kalori hingga 700 per jam. Tentunya olahraga tim ini sering menjadi olahraga kesukaan para remaja.

Jumlah kalori yang terbakar saat berolahraga tergantung dari intensitas, otot yang terlibat dan berapa lama olahraga tersebut dilakukan. Jadi, lakukanlah olahraga dengan cara benar agar efektif membakar kalori Anda.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar