Sukses

Rayyan Gibran, Anak Kedua Asri Welas Menderita Katarak

Rayyan Gibran Ridharaharja, anak kedua Asri Welas, terdeteksi menderita katarak.

Klikdokter.com, Jakarta Aktris Asri Welas tengah mengalami kesedihan. Anak keduanya yang bernama Rayyan Gibran Ridharaharja terdeteksi menderita katarak. Saat ini, Ibran, panggilan untuk anak keduanya itu, telah usai menjalani operasi.

Melalui akun instagramnya, Asri mengaku heran kenapa Ibran bisa menderita katarak. Padahal, hasil pemeriksaan laboratorium terhadap dirinya dan janin menunjukkan hasil negatif dari virus rubella dan toksoplasmosis.

“Ada banyak sebab kenapa bisa terkena katarak. Bisa juga disebabkan oleh virus rubella atau tokso. Tapi di kehamilan Asri terbukti hasilnya negatif. Di Mas Ibran sendiri juga tidak ada virus tersebut,” kata Asri Welas di Instagram pribadinya.

Saat itu Ibran masih berusia tiga bulan dan harus menjalani serangkaian proses pengobatan untuk menghilangkan kataraknya. Mata kanan Ibran lebih dulu dioperasi, disusul dengan mata kirinya. Sebagai ibu, Asri Welas tentunya tak henti dilanda rasa cemas. Beruntung, semua proses berhasil dilewati dengan baik. Kini, penglihatan Ibran berangsur membaik.

Untuk diketahui, katarak pada bayi (katarak kongenital) memang penyakit yang jarang ditemukan. Katarak kongenital yang terjadi pada bayi baru lahir dapat disebabkan karena keturunan, infeksi, masalah metabolik, diabetes, trauma, inflamasi, atau reaksi obat.

Katarak kongenital ini dapat terjadi semenjak kehamilan, yaitu di saat ibu hamil mempunyai penyakit infeksi, seperti campak atau rubella (yang merupakan penyebab paling umum), rubeola, cacar air, cytomegalovirus, herpes simplex, herpes zoster, poliomyelitis, influenza, virus Epstein-Barr, sifilis, dan toksoplasmosis.

Katarak merupakan penyakit mata yang disebabkan karena lensa mata yang keruh, sehingga masuknya cahaya pada retina jadi terhalang

Umumnya penyakit katarak dialami oleh mereka yang sudah lanjut usia. Namun, katarak juga bisa diderita oleh bayi yang baru lahir, seperti yang terjadi pada Rayyan Gibran, anak kedua dari Asri Welas.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar