Sukses

Asyiknya Menikmati Keju Tanpa Takut Gemuk

Jika dikonsumsi dengan benar, keju tidak akan bikin Anda gemuk. Ini caranya.

Klikdokter.com, Jakarta Banyak orang terpaksa menjauhi keju karena menganggap makanan lezat tersebut dapat membuat gemuk. Namun benarkah keju menyebabkan berat badan meningkat?

Seperti ditulis situs Live Strong, keju memang memiliki sejumah kalori yang cukup tinggi dan bisa membuat badan gemuk bila dikonsumsi secara berlebihan. Namun memilih keju yang memiliki kalori lebih rendah dapat membantu Anda terhindar dari penumpukan lemak di dalam tubuh.

Berdasarkan bahannya, keju dibagi menjadi dua jenis yaitu keju natural (natural cheese) dan keju olahan (processed cheese). Seperti ditulis Liputan6.com. Darmanto Setyawan, insinyur kimia dari Institut Teknologi Bandung, mengungkapkan bahwa kedua jenis keju tersebut memiliki perbedaan.

"Keju natural bisa disebut juga dengan fresh cheese. Biasanya tidak mengandung berbagai macam tambahan lain," ujar Darmanto seperti dikutip dari Liputan6.com.

Sementara keju olahan adalah keju natural yang telah melewati beberapa proses olahan dan penambahan campuran. Biasanya keju olahan dicampur dengan susu bubuk, lemak nabati, pewarna, dan bahkan perisa supaya rasanya lebih enak.

Jika melihat kandungan yang ditawarkan, keju natural mengandung lebih banyak susu yang baik untuk tubuh. Bahan alami yang sering ditemukan dalam keju natural seperti enzim, jamur, atau ragi. Bahan-bahan ini biasanya ada dalam bagian tempe dan digunakan untuk mengawetkan tempe agar bisa terus dikonsumsi.

Biasanya rasa dari keju natural lebih lembut dan creamy. Tampilan keju natural juga tidak mengilap. Aromanya bisa bermacam-macam tergantung pada waktu penyimpanan keju. Keju natural juga akan lebih mudah hancur bila dilipat.

Salah satu keju natural yang baik untuk dikonsumsi adalah keju Camembert. Dalam proses produksinya, keju Camembert dibantu oleh jamur Penicillum Candidum. Jamur tersebut yang merupakan sejenis ragi yang aman dikonsumsi.

"Lapisan putih di permukaan keju Camembert bisa dibandingkan dengan jamur putih yang tumbuh pada tempe untuk memberikan rasa yang khas. Ini mirip dengan keju Camembert yang semakin lama proses pematangannya, keju terasa semakin enak," ungkap Darmanto.

Jadi, cara asyik menikmati keju tanpa takut gemuk yaitu dengan memilih keju yang tdak diproses dengan bahan tambahan lain. Meski demikian, Anda tetap perlu mengonsumsinya dalam takaran yang wajar. Selain itu, Anda juga harus mengimbanginya dengan olahraga supaya berat badan tetap terjaga.

Baca artikel lainnya di sini

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar