Sukses

Dampak Mengumbar Hubungan dengan Pasangan di Medsos

Sebenarnya, apakah dampak dari mengumbar hubungan dengan pasangan di medsos?

Klikdokter.com, Jakarta Mengumbar hubungan asmara di media sosial (medsos) sudah menjadi hal yang tak asing saat ini. Anda mungkin penah melihat foto-foto pasangan kekasih yang berseliweran di beranda Facebook atau Instagram.

Ada yang berpendapat, hubungan asmara seharusnya hanya dinikmati oleh mereka yang tengah menjalaninya. Terlalu banyak mengumbar kebersamaan lewat medsos, bisa jadi malah membuat keruh hubungan yang tengah Anda jalani saat ini.

Sebenarnya, apakah dampak dari mengumbar hubungan dengan pasangan di medsos?

Dilansir elitedaily.com, ada sejumlah ancaman yang bisa menghantui hubungan Anda yang terlalu diekspos dalam medsos. Berikut di antaranya:

  1. Membandingkan dengan Hubungan Orang Lain

    Salah satu dampak yang akan terasa karena hubungan yang terlalu diumbar di medsos adalah ketidakpuasan dengan hubungan yang Anda miliki. Anda dan pasangan akan kerap membandingkan hubungan kalian dengan hubungan yang dimiliki oleh pasangan lain.

    Hanya karena Anda melihat pasangan lain memajang kebersamaan mereka di pantai dengan sunset yang sempurna, bukan berarti hubungan mereka lebih sempurna dari milik Anda.

  2. Mudah Curiga

    Anda menjadi cepat marah dan selalu curiga pada pasangan. Kecurigaan bisa jadi memuncak jika salah satu postingan di medsos pasangan Anda, disukai oleh mantan kekasihnya.

    Pikiran yang negatif dan emosi akan dengan cepat menguasai diri Anda. Ini bisa memicu keributan dalam sebuah hubunga. Ujung-ujungnya Anda menjadi tidak percaya lagi kepada pasangan.

  3. Mengurangi Quality Time

    Saat sedang makan malam bersama, Anda akan lebih terpaku pada medsos ketimbang pasangan yang ada di sebelah.

    Baik Anda maupun pasangan akan saling sibuk mengecek, apakah seluruh dunia sudah tahu bahwa kalian sedang makan malam bersama di restoran mewah yang baru dibuka, yang sebelumnya Anda umumkan melalui medsos.

Hubungan Tetap Mesra Tanpa Mengumbar di Medsos

Dengan tidak terlalu sering mengumbar hubungan di medsos, Anda bisa menjaga keterlibatan orang asing dalam hubungan yang tengah berjalan. Biasanya, Anda akan terpancing untuk ikut membagikan masalah yang sedang dialami melalui medsos.

Hal ini akan mengundang orang-orang di luar hubungan Anda ikut campur. Imbasnya, bisa jadi hubungan Anda akan menjadi bahan gunjingan dan menghadirkan gosip yang tidak mengenakkan.

Percayalah, dengan tidak terlalu sering mengumbar hubungan di medsos, Anda dan pasangan akan baik-baik saja.

Mengumbar Hubungan Lewat Medsos di Mata Ahli

Meski banyak argumentasi yang mengatakan bahwa mengumbar hubungan di medsos adalah hal yang tidak telalu baik, tetapi menurut profesor psikologi Universitas Villanova, Patrick Markey, Ph.D., tak ada yang salah selama medsos digunakan secara wajar dan bertanggung jawab. Artinya, konten-konten yang diumbar melalui medsos tidak melanggar etika, ataupun aturan yang berlaku.

“Saya tidak ingin menilai kualitas hubungan satu pasangan melalui postingan-postingannya,” ujar Markey.

“Satu yang menarik, Saya melihat biasanya orang memposting hal-hal positif yang mereka lakukan dengan pasangannya. Ini malah bisa bermanfaat untuk “meluluhkan” mereka saat hubungan sedang bermasalah,” sambungnya.

Postingan-postingan manis tersebut bisa menularkan energi positif di tengah prahara sepasang kekasih itu.

Jadi, mengumbar hubungan di medsos tidak selamanya berbuah negatif. Asalkan konten-kontennya tidak menyalahi etika yang berlaku.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar