Sukses

Keputihan Menggumpal Seperti Keju, Berbahayakah?

Tidak sedikit wanita yang mengeluhkan keputihan menggumpal seperti keju. Anda salah satunya?

Klikdokter.com, Jakarta Keputihan merupakan kondisi yang pasti dialami oleh wanita. Sebenarnya, ini adalah hal normal. Sayangnya ada beberapa jenis keputihan yang tergolong tak normal dan membuat pusing tujuh keliling. Salah satunya keputihan menggumpal seperti keju.

Keputihan pada dasarnya merupakan cairan yang keluar dari vagina. Kondisi ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu keputihan fisiologis dan keputihan patologis.

Keputihan fisiologis merupakan kondisi yang terjadi akibat perubahan hormonal –seperti menstruasi, stres, kehamilan atau pemakaian kontrasepsi. Pada kondisi ini, cairan vagina yang keluar berwarna bening, tidak berbau, dan tidak menimbulkan keluhan gatal atau yang lainnya.

Keputihan patologis terjadi akibat adanya infeksi parasit, jamur, atau bakteri. Pada kondisi ini, cairan yang keluar dari vagina mengalami perubahan warna, bau, menyebabkan gatal, menimbulkan rasa panas, gatal dan sebagainya.

Nah, keputihan menggumpal seperti keju termasuk ke dalam keputihan patologis. Ini karena penyebabnya adalah infeksi jamur. Keputihan menggumpal seperti keju umumnya juga disertai rasa gatal, panas, bahkan nyeri setelah berkemih atau saat berhubungan seksual.

Salah satu kondisi yang menyebabkan keputihan menggumpal seperti keju adalah menggunakan celana terlalu ketat. Ini karena hal tersebut membuat membuat vagina mudah lembap, sehingga jamur tumbuh dengan subur.

Jika Anda mengalami keputihan menggumpal seperti keju, sebaiknya hindari berhubungan seksual terlebih dahulu. Ini untuk mencegah penyebaran jamur atau infeksi. Adapun gaya hidup yang juga perlu Anda terapkan, yakni:

  • Selalu cuci vagina dengan air bersih setelah buang air kecil. Setelah itu, keringkan dengan sempurna.
  • Jika Anda menggunakan pembalut/ tampon, jangan lupa untuk menggantinya paling tidak 4–5 kali sehari.
  • Hindari penggunaan celana terlalu ketat. Segera ganti bila terasa basah atau lembap.
  • Cukup tidur dan istirahat, serta mengonsumsi asupan bergizi seimbang.

Jika Anda merasa keputihan menggumpal seperti keju terjadi berulang kali, jangan baikan. Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar