Sukses

Kiat Ampuh Cegah Kuku Rapuh

Tak sedikit orang merasa terganggu akan kuku rapuh. Jangan khawatir, kuku rapuh bisa dicegah, kok.

Klikdokter.com, Jakarta Kuku rapuh merupakan salah satu tanda infeksi jamur. Dalam dunia medis infeksi jamur pada kuku disebut onikomikosis.

Jenis-jenis onikomikosis bergantung pada seberapa luas daerah kuku yang terkena. Ada yang mengenai bagian ujung kuku, ada pula yang mengenai seluruh bagian kuku.

Jamur ini sering menyerang kuku kaki dibandingkan kuku tangan. Sebab penggunaan sepatu terus-menerus membuat jamur senang hidup di daerah yang lembab dan gelap.

Namun tak perlu khawatir, kuku rapuh dapat dicegah dengan kiat berikut ini:

  1. Jemur sepatu setiap habis digunakan

    Sepatu yang digunakan seharian mungkin akan terkontaminasi kuman yang berasal dari kaki kita. Menjemur sepatu akan membuat kuman tidak berkembang biak. Selain itu, jangan malas membersihkan sepatu.

  2. Jangan gunakan sepatu tertutup terus-menerus

    Kuku juga perlu istirahat. Cobalah untuk bergantian menggunakan sepatu dan sandal agar kuku dapat bernafas setiap harinya.

  3. Gunakan kaus kaki

    Kaus kaki berfungsi menyerap keringat ketika seharian menggunakan sepatu. Pengunaan kaus kaki akan mengurangi kelembapan di area kuku kaki agar tidak terinfeksi jamur.

  4. Konsumsi banyak air putih serta buah dan sayur

    Kurangnya asupan cairan dapat membuat kuku tidak sehat. Selain itu dengan banyak mengonsumsi vitamin yang terkandung dalam buah dan sayur juga berperan dalam kesehatan kuku Anda.

Gejala kuku rapuh bisa dikenali dari perubahan warna kuku menjadi kuning, kusam, dan menebal. Jika sudah terjadi infeksi, gunakan salep yang bisa dibeli didapatkan pasaran.

Namun jika tidak menunjukkan perbaikan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Mungkin obat oles saja tidak cukup mengatasi kuku rapuh yang Anda alami. Dengan demikian dibutuhkan pengobatan dari dalam oleh dokter agar kuku kembali cantik dan sehat.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar