Diet dan Nutrisi

5 Cara Bikin Jus yang Sehat ala Dokter

Klikdokter, 26 Jun 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Jangan asal bikin jus. Ada beberapa hal yang perlu dan penting Anda perhatikan, agar Anda tidak terjebak dengan pemahaman yang salah soal minuman jus selama ini.

5 Cara Bikin Jus yang Sehat ala Dokter

Klikdokter.com - Apakah Anda termasuk yang tidak suka makan sayur dan buah? Tahukah Anda bahwa di dalam sayur dan buah banyak terkandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh Anda?

Bagi Anda yang tidak menyukai sayur ataupun buah, ada cara yang dapat digunakan untuk menyiasati ketidaksukaan Anda terhadap sayur dan buah. Salah satunya adalah dengan cara minum jus. Jus yang dikonsumsi sebaiknya jus yang anda buat sendiri supaya Anda yakin akan kandungan dan kebersihannya.

Tapi membuat jus jangan asal buat. Ada beberapa hal yang perlu dan penting Anda perhatikan, agar Anda tidak terjebak dengan pemahaman yang salah soal pemahaman minuman jus selama ini. Apa saja? Berikut diantaranya:

1. Pilihlah Aneka Sayur & Buah

Buatlah jus yang merupakan gabungan dari buah dan sayur dengan warna-warna yang berbeda supaya Anda mendapatkan asupan dari berbagai vitamin dan mineral.

2. Jangan Buang Ampas Jus!

Namun dengan dibuat jus, kandungan serat pada buah dan sayur menjadi hilang. Karena biasanya pada mesin pembuat jus akan dipisahkan antara sari dan ampas. Pada ampas itulah tertinggal serat yang tadinya terkandung dalam sayur dan buah. Untuk tetap terpenuhinya kebutuhan serat Anda, masukkan sedikit ampas yang tertinggal ke dalam jus Anda. Atau ampas tersebut dapat digunakan untuk campuran masakan.

3. Lebih Baik Gunakan Blender, Daripada Menggunakan Mesin Jus Modern

Untuk membuat jus, tidak masalah jika Anda tidak memiliki mesin pembuat jus modern. Pasalnya, mesin pembuat jus modern cukup mahal harganya. Tidak ketinggalan, mesin pembuat jus modern yang beredar di pasaran saat ini memisahkan secara otomatis antara serat dan air rasa buah yang ada. Sehingga melepaskan manfaat serat yang ada.

Jika tidak ada mesin tersebut, Anda dapat menggunakan blender yang konvensional. Dengan penggunaan blender, serat yang terkandung dalam sayur dan buah tidak akan hilang karena antara sari dan ampas tidak terpisah. Bila menggunakan blender, Anda dapat menambahkan sedikit air saat akan mengolah sayur dan buah tersebut.

4. Perhatikan Jumlah Kalori Tiap Buah

Bila Anda hanya menggunakan buah-buahan untuk bahan jus Anda, maka anda harus hati-hati dengan kalori yang Anda konsumsi. Jus yang terdiri dari buah-buahan saja memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, sedangkan jus yang terbuat dari sayur-sayuran saja memiliki kandungan kalori yang cukup rendah.

Contohnya saja, dalam 1 buah pisang bisa terdapat 100 hingga 200 kalori. Setara dengan Anda makan ½ potong donat tanpa topping.

 Untuk membuatnya seimbang Anda dapat menggabungkan antara keduanya. Anda juga dapat menambahkan susu atau yoghurt ke dalam jus Anda guna menambah asupan protein.

Bicara soal kalori, adalah bijaksana jika Anda sebaiknya tidak memasukan gula dalam jus Anda. Namun jika memang bicara soal selera, memasukan beberapa sendok teh gula asal tidak berlebihan masih bisa ditoleransi. Meskipun jika ada kesempatan Anda kompensasikan dengan olahraga cardio (jogging, renang, rowing dan lainnya) sedikitnya 20 menit untuk membakar kalori dari gula yang ada di jus Anda. 

5. Jus Memang Menyehatkan, Tapi Perlu Cermati Pemilihan Buah Bagi yang Berdiet

Dengan mengkonsumsi jus buah dan sayur Anda dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh Anda. Selain itu juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan kanker. Beberapa dari Anda mungkin beranggapan mengkonsumsi jus dapat menurunkan berat badan.

Namun tidak dibenarkan jika Anda diet hanya mengkonsumsi jus tanpa asupan nutrisi lain. Jika Anda diet hanya mengkonsumsi jus maka Anda akan kekurangan asupan protein dan serat yang menyebabkan massa otot dapat berkurang dan akan timbul masalah pada saluran cerna Anda.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter KlikDokter.com di laman utama website kami.

Ditulis oleh:

dr. Adithia Kwee

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com

Diet Turun Berat Badan Menu Makan Jus Buah Sayur

Konsultasi Dokter Terkait