HomeInfo SehatGigi MulutAwas, Dampak Buruk Menggunakan Tusuk Gigi!
Gigi Mulut

Awas, Dampak Buruk Menggunakan Tusuk Gigi!

drg. Callista Argentina, 06 Jan 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tusuk gigi selalu menjadi andalan banyak orang untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di gigi. Tapi ternyata, kebiasaan ini dapat mengganggu kesehatan gigi Anda!

Awas, Dampak Buruk Menggunakan Tusuk Gigi!

Sering membersihkan sela-sela gigi dengan tusuk gigi? Mulai sekarang, hentikan kebiasaan ini!

Menurut British Dental Journal (2013), tusuk gigi merupakan alat yang digunakan untuk membersihkan gigi saat sikat gigi belum ditemukan. Setelah sikat gigi dan dental floss (benang gigi) ditemukan, penggunaan tusuk gigi pun mulai berkurang.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa penggunaan tusuk gigi berdampak buruk terhadap gigi, terutama gusi. Bentuk ujung tusuk gigi yang tidak cocok dengan anatomi gusi dan gigi dapat menyebabkan gusi luka, bahkan hingga berdarah.

Celah sempit di antara gigi juga dapat melebar/longgar seukuran ujung tusuk gigi. Tak hanya itu, iritasi dan trauma yang berulang-ulang dari penggunaan tusuk gigi bisa menyebabkan epulis.

Epulis memiliki cirri yang bisa Anda kenali. Beberapa di antaranya adalah adanya benjolan kecil di antara celah gigi, menyatu dengan jaringan gusi, lunak, berwarna pucat, tidak mudah berdarah, dan tidak sakit.

Untuk menangani epulis, dapat dilakukan pemotongan pada jaringan gusi serta tindakan kuret. Namun, kondisi ini bisa kambuh kembali jika Anda masih menggunakan tusuk gigi secara berlebihan, kasar, dan tidak tepat sasaran.

Jika dilihat dari segi kebersihan, tusuk gigi yang dijual di pasaran tidak semuanya melaui proses steril. Hal ini tentunya dapat menimbulkan infeksi dalam rongga mulut.

Jangan biarkan penggunaan tusuk gigi mengorbankan kesehatan gigi Anda.  Gantilah tusuk gigi Anda dengan benang gigi. Selain lebih aman, benang gigi juga lebih efektif untuk membersihkan sisa-sisa makanan.

[RS/RH]

Baca Juga:

GigiTusuk GigiGusi Luka

Konsultasi Dokter Terkait