Sukses

Berkendara dengan Helm Tanpa Kaca Bikin Mata Bermasalah

Tahukah Anda bahwa mata adalah organ penting yang juga harus dilindungi saat berkendara sepeda motor? Cari tahu alasannya di sini.

Berkendara dengan sepeda motor belum terasa lengkap jika tidak menggunakan helm. Bukan sembarang helm, tetapi helm yang memiliki kaca pelindung di depannya.

Kelihatannya remeh, tapi banyak yang merasa hal ini agak menyulitkan. Tapi, helm jenis ini sangat penting untuk menunjang kesehatan anggota tubuh Anda saat berkendara, lho.

Sadar atau tidak, berkendara dengan sepeda motor membuat tubuh terpapar dengan udara, angin maupun debu secara langsung. Tidak hanya tubuh, tetapi wajah juga demikian.

Meskipun terasa pelan, ternyata angin yang menerpa bagian wajah saat berkendara bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Dalam jangka panjang, angin yang menerpa bagian wajah secara langsung dan terus-menerus akan menimbulkan trauma pada saraf-saraf fascialis yang berada di area wajah.

Saraf tersebut berperan dalam mengatur pergerakan otot-otot daerah mulut, kelopak mata, aliran air mata, dan bagian pendengaran. Dengan demikian, jika terjadi trauma pada saraf tersebut, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami gangguan makan, minum, dan berbicara. Kemampuan indera perasa pun menurun.

Tak hanya sampai di situ, paparan udara yang terjadi terus-menerus pada wajah saat berkendara juga dapat menyebabkan penekanan bola mata.  Jika terjadi dalam jangka waktu lama dan tidak segera dicegah, kondisi ini dapat meningkatkan risiko terjadinya kerusakan mata, yang berujung pada gangguan lapang pandang mata.

Mengejutkan, bukan? Maka dari itu, mulai saat ini gunakanlah helm yang memiliki kaca pelindung di depannya. Bukan hanya sekedar mencegah kelilipan, tetapi juga mencegah masalah kesehatan yang lebih berbahaya lagi.

Tak hanya helm, Anda juga sebaiknya menggunakan jaket tebal, sarung tangan, sepatu bot, dan perlengkapan berkendara berstandar nasional lainnya. Selain Anda tetap aman, kesehatan pun tetap terjaga meski berkendara keliling kota.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar