Gigi Mulut

3 Penyakit Keturunan Penyebab Gusi Berdarah

drg. Callista Argentina, 30 Sep 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Gusi berdarah juga bisa disebabkan oleh penyakit keturunan yang ada pada diri Anda. Simak ulasannya berikut ini.

3 Penyakit Keturunan Penyebab Gusi Berdarah

Tahukah Anda bahwa penyakit keturunan ternyata dapat menimbulkan gejala pada rongga mulut? Salah satunya adalah gusi berdarah. Berikut adalah tiga penyakit keturunan yang bisa menjadi penyebab gusi berdarah:

  1. Hemofilia

Hemofilia merupakan kelainan pembekuan darah di mana darah menjadi sukar berhenti. Hal ini disebabkan karena kekurangan faktor pembekuan dalam darah. Biasanya ditandai oleh perdarahan spontan yang berat dan kelainan sendi yang nyeri dan menahun.? Hemofilia umumnya baru dapat diketahui saat anak dikhitan, anak melakukan imunisasi, atau anak diambil darahnya.

  1. Diabetes Tipe 1 & 2

Penyakit diabetes sangat erat hubungannya dengan gangguan pada jaringan penyangga gigi. Pada diabetes tipe 1, ditemukan peradangan jaringan periodontal berat dengan gejala pembesaran gusi, penurunan gusi, dan kerusakan jaringan.

  1. Gingivitis dan Periodontitis

Para peneliti mensinyalir bahwa penyakit yang menyerang jaringan penyangga gigi ini memiliki faktor yang dapat diturunkan. Namun, bukan berarti jika orangtua Anda memiliki penyakit ini, kemudian Anda akan mengalaminya juga. Memberikan perhatian dan perawatan ekstra terhadap kesehatan gusi sangatlah penting, terutama jika orangtua Anda mengalami kondisi kehilangan banyak gigi akibat penyakit ini.

Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui riwayat penyakit keluarga Anda. Salah satu upaya pencegahan dari penyakit yang disebabkan oleh genetik adalah dengan melakukan pemeriksaan secara lengkap sebelum menikah. Agar pada kemudian hari lebih siap untuk menghadapi gangguan/kelainan yang mungkin terjadi.

(RS/RH) 

MulutPenyakit KeturunanGusi Berdarah

Konsultasi Dokter Terkait