Sehat dan Bugar

Setelah Olahraga, Mandi Air Hangat atau Air Dingin?

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 15 Sep 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Banyak mitos mengenai mandi setelah olahraga. Baik mandi dengan air hangat, air dingin, atau sauna. Simak faktanya di sini.

Setelah Olahraga, Mandi Air Hangat atau Air Dingin?

Setelah berolahraga, tubuh pasti tidak nyaman karena berkeringat. Mandi menjadi pilihan untuk kembali menyegarkan tubuh yang kelelahan. Namun, mana sebenarnya yang paling baik untuk tubuh: mandi air hangat, air dingin, atau malah menunda mandi?

Untuk bisa memahami mana yang paling baik dilakukan setelah berolahraga, mari pahami dulu kondisi tubuh setelah berolahraga. Sesi olahraga yang baik, hendaknya diawali dengan gerakan pemanasan dan diakhiri dengan gerakan pendinginan. Gerakan transisi ini berfungsi untuk menyesuaikan suhu tubuh dan denyut jantung sebelum dan setelah berolahraga, agar tidak terjadi perubahan drastis yang mendadak. Suhu tubuh setelah berolahraga cenderung lebih tinggi dari normal, begitu juga dengan denyut jantung.

Mandi Air Hangat

Suhu yang hangat identik dengan vasodilatasi, yaitu pelebaran dari pembuluh darah di tubuh. Hal ini berarti, mandi air hangat setelah berolahraga dapat membantu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Namun, mandi segera dengan air hangat setelah sesi olahraga yang intens dapat memicu proses inflamasi. Jangan lupa perhatikan suhu air saat mandi air hangat. Suhu yang dianjurkan biasanya berkisar antara 40-46 derajat celcius.

Mandi Air Dingin

Mandi dengan air yang sangat dingin (ice bath/icing) lebih identik dengan rutinitas setelah olahraga, karena dilakukan hampir semua atlet dan olahragawan ternama. Pada sesi olahraga yang intens, mandi air dingin segera setelah berolahraga berfungsi untuk mengatasi nyeri otot dengan cepat dan menghentikan proses inflamasi. Namun perlu diperhatikan, mandi dengan air dingin setelah olahraga dianjurkan untuk orang yang sehat. Pada orang dengan penyakit jantung, perubahan suhu drastis akibat mandi air dingin setelah olahraga dapat menyebabkan gangguan penyesuaian denyut jantung.

Pilihan Terbaik Setelah Olahraga

Apapun pilihan Anda baik mandi air hangat maupun air dingin, pastikan Anda selalu melakukan gerakan pendinginan dan mengistirahatkan tubuh beberapa saat setelah olahraga. Sebelum mandi, tunggu suhu tubuh kembali normal setelah olahraga. Jika Anda merasakan ada nyeri di otot tertentu atau mengalami cedera saat berolahraga, Anda dapat melakukan kompres cepat dengan es atau air dingin sebagai penanganan awal.

Kini, Anda telah mengetahui mandi yang baik setelah olahraga. Baik itu mandi air hangat, air dingin, atau kombinasi keduanya, selalu perhatikan kondisi tubuh dan sesuaikan rutinitas sebelum, saat, dan sesudah berolahraga.

(RS/RH)

mandiOlahraga

Konsultasi Dokter Terkait