Seks

Durian bisa Meningkatkan Libido, Mitos atau Fakta?

dr. Sara Elise Wijono MRes., 22 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Buah durian diyakini dapat meningkatkan libido orang yang mengonsumsinya. Benarkah hal ini? Temukan jawabannya di sini.

Durian bisa Meningkatkan Libido, Mitos atau Fakta?

Durio zibethinus alias durian adalah buah yang sangat populer di Indonesia. Banyak orang menyukai buah durian. Namun, tidak sedikit pula yang membenci aroma maupun rasa buah satu ini.

Ada anggapan yang menyebut bahwa konsumsi durian secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan kolesterol. Namun, durian juga dipercaya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. 

Manfaat tersebut tidak hanya berasal dari daging buah durian, melainkan juga dari kulit dan daunnya. Bahkan, dipercaya bahwa durian dapat meningkatkan libido. Bagaimana faktanya?

Mitos Durian yang Bisa Meningkatkan Libido  

Durian Memicu Kolesterol Tinggi, Mitos atau Fakta? (taveesak-srisomthavil/Shutterstock)

Saat musim durian tiba, banyak pria memburu buah ini karena dianggap dapat meningkatkan panas tubuh dan secara tidak langsung bisa meningkatkan libido. Penting untuk diketahui, efek tersebut sebenarnya masih diperdebatkan hingga saat ini. 

Daging buah durian memang mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti kalsium, zat besi, asam folat, vitamin C, vitamin B kompleks, serat, zink, dan berbagai komponen bermanfaat lainnya. 

Artikel lainnya: 17 Manfaat Durian bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Sebuah penelitian pada tikus yang dilakukan di India menunjukkan bahwa tikus jantan yang mengonsumsi durian selama 14 hari memiliki jumlah sperma yang lebih banyak. Pergerakan sperma tikus juga lebih lincah dibandingkan dengan tikus yang tidak diberikan durian.

Selain itu, tikus yang mengonsumsi durian mengalami peningkatan libido. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan aktivitas seksual hewan pengerat tersebut. Para peneliti menduga durian meningkatkan hormon testosteron sehingga libido tikus ikut bertambah.

Lalu, bagaimana efek buah durian untuk libido manusia? Sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang bisa menjelaskan hal tersebut.

Durian Hanya Meningkatkan Panas Tubuh

Bahaya Kebanyakan Makan Durian

Menurut riset dalam jurnal Chinese Herbal Medicines, konsumsi buah durian dapat meningkatkan panas tubuh manusia. Namun, beberapa orang menghubungkan efek tersebut dengan peningkatan libido. 

Bagi pria yang mengalami disfungsi ereksi, rasa panas yang dirasakan setelah konsumsi buah durian dianggap dapat meningkatkan kemampuan ereksinya.

Artikel lainnya: Benarkah Durian Tingkatkan Kemampuan Pria di Tempat Tidur?

Sayangnya, belum ada bukti ilmiah yang mendukung anggapan bahwa durian bisa meningkatkan libido manusia. Bahkan, menurut studi pada tikus di Methods and Findings in Experimental and Clinical Pharmacology, tidak ada bukti peningkatan suhu tubuh tikus setelah konsumsi durian.

Manfaat makan durian yang justru bisa kamu rasakan, seperti melancarkan pergerakan usus, meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat penyembuhan luka, menghilangkan sakit kepala, menambah kekuatan otot, menjaga kesehatan kulit, memperbaiki mood, dan meningkatkan kualitas tidur.

Sejumlah penelitian terbaru juga menemukan manfaat durian, seperti memiliki efek antioksidan, antiperadangan, antibakterial, antigatal, hingga membantu pengaturan metabolisme gula dan lemak.

Meskipun klaim durian meningkatkan libido belum terbukti, buah ini memiliki beragam manfaat kesehatan yang menarik untuk diteliti lebih lanjut.

Jika kamu atau pasangan memiliki masalah libido hingga mengganggu keharmonisan rumah tangga, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter, ya!

#JagaSehatmu bisa lebih mudah dengan konsultasi online lewat layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(ADT/JKT)

DurianDisfungsi Ereksi

Konsultasi Dokter Terkait