HomeGaya hidupDiet dan NutrisiBenarkah Durian Tingkatkan Kemampuan Pria di Tempat Tidur?
Diet dan Nutrisi

Benarkah Durian Tingkatkan Kemampuan Pria di Tempat Tidur?

dr. Arina Heidyana, 14 Nov 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Durian telah sejak lama diklaim dapat meningkatkan kualitas sperma pria. Apakah manfaat tersebut memang benar-benar ada? Ini faktanya.

Benarkah Durian Tingkatkan Kemampuan Pria di Tempat Tidur?

Durian adalah buah berduri yang dapat ditemukan di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand dan Singapura. 

Bisa dibilang buah durian itu salah satu makanan yang paling kontroversial. Sebagian orang menyukainya, dan sebagian lain membencinya karena baunya. 

Durian juga dijuluki "raja buah-buahan", karena dipercaya dapat menjadikan laki-laki raja di atas ranjang. Benarkah ada manfaat makan durian untuk pria? Bagaimana aturan konsumsi durian untuk pria? Simak artikel berikut ini.

Manfaat Durian untuk Pria

Durian Memicu Kolesterol Tinggi, Mitos atau Fakta? (taveesak-srisomthavil/Shutterstock)

Durian dipercaya memiliki khasiat sebagai aphrodisiac atau penambah libido. Konsumsi buah ini dapat meningkatkan panas tubuh seseorang. Nah, beberapa orang menghubungkan peningkatan panas tubuh ini dengan peningkatan stamina seksual. 

Secara sains, peningkatan panas tubuh ini tidak memiliki korelasi dengan ketahanan di atas tempat tidur. 

Studi akan khasiat buah durian dan meningkatnya ketahanan tubuh untuk pria juga sangat minim. Meski demikian, ada studi yang meneliti hubungan antara manfaat makan durian dan kualitas sperma bagi pria.

Sebuah studi dari Iran meneliti sampel sperma dari laki-laki yang akan menjalani bayi tabung. Subjek penelitian dipisahkan menjadi kelompok yang menerima suplemen durian dan yang tidak menerima suplemen durian. 

Artikel Lainnya: Daftar Makanan yang Bisa Menurunkan Libido Pria

Studi ini berkesimpulan bahwa kelompok yang menerima suplemen durian menghasilkan kualitas sperma yang lebih baik. Namun sayangnya, kualitas studi ini kurang baik karena banyaknya bias dan jumlah sampel yang sedikit.

Buah durian memang memiliki kandungan nutrisi yang beragam. Protein, lemak, dan karbohidrat merupakan bahan dasar pembentuk sperma. 

Di samping itu, kandungan vitamin C dan A sebagai antioksidan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan sperma. Sedangkan kandungan fosfor dan kalsiumnya dapat meningkatkan kualitas sperma.

Namun, terkait manfaat durian untuk meningkatkan kemampuan pria di atas tempat tidur, hingga saat ini penelitiannya masih sangat kurang dan terbatas. Karena itu, belum bisa dipastikan efektivitasnya sampai efek sampingnya.

Aturan Konsumsi Durian untuk Pria

Kandungan Gizi dalam Durian

Durian memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari buah-buahan pada umumnya. Sekitar 250 gram durian memiliki kandungan gizi sebagai berikut:

  • Kalori: 357
  • Lemak: 13 gram
  • Karbohidrat: 66 gram
  • Serat: 9 gram
  • Protein: 4 gram
  • Vitamin C: 80% dari kebutuhan harian
  • Vitamin B1: 61% dari kebutuhan harian
  • Vitamin B6: 38% dari kebutuhan harian
  • Kalium: 30% dari kebutuhan harian
  • Magnesium: 18% dari kebutuhan harian
  • Niasin: 13% dari kebutuhan harian

Artikel Lainnya: Durian Picu Kolesterol Tinggi, Mitos atau Fakta?

Seperti yang dapat dilihat di atas, durian memiliki banyak antioksidan. Walau demikian, durian juga memiliki kalori dan kandungan gula yang tinggi. 

Karena kandungan gula dan kalorinya tinggi, batasilah konsumsi durian sebanyak 2-3 potong buah per hari saja.

Itulah fakta mengenai manfaat durian untuk pria. Jadi, jangan langsung mengonsumsi durian secara berlebihan, ya!

Kamu benar-benar ingin meningkatkan kemampuan di atas tempat tidur? Makanan yang bisa dijadikan pilihan adalah sayur-sayuran, telur, buah-buahan, tiram merah, daging merah, dan cokelat dalam jumlah yang sesuai.

Cari tahu informasi kesehatan lainnya yang menarik dengan download aplikasi KlikDokter. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Tanya Dokter. #JagaSehatmu selalu, ya!

[RS]

DurianPriaReproduksi pria

Konsultasi Dokter Terkait