Sukses

5 Tanda Anda Membutuhkan Karbohidrat Lebih Banyak

Anda sering merasa lemas dan cepat lelah kalau berolahraga? Atau napas mudah dan cepat sekali menjadi bau tidak sedap sekalipun Anda sudah menyikat gigi? Bisa jadi Anda kekurangan karbohidrat. Simak penjelasan dr. Dewi Ema Anindia soal gejala kurang karbohidrat yang bisa terjadi pada Anda disini.

Klikdokter.com - Kadang kita terlalu menggangap karbohidrat sebagai sesuatu yang buruk karena sering dikatikan dengan penambahan berat badan serta kalori kosong.  Namun ternyata karbohidrat merupakan jenis makanan yang esensial untuk tubuh.

The Dietary Guidelines for Americans memberikan rekomendasi bahwa anak-anak dan dewasa membutuhkan 45-46% karbohidrat dari total sehari dalam sehari. Hindari karbohidrat yang terlalu manis dan perbanyak karbohidrat yang berasal dari kacang-kacangna, buah, dan banyak lagi. Berikut adalah tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Anda kekurangan karbohidrat.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

1 dari 7 halaman

5 Tanda Anda Membutuhkan Karbohidrat Lebih Banyak

karbohidratKlikdokter.com - Kadang kita terlalu menggangap karbohidrat sebagai sesuatu yang buruk karena sering dikatikan dengan penambahan berat badan serta kalori kosong.  Namun ternyata karbohidrat merupakan jenis makanan yang esensial untuk tubuh. 

The Dietary Guidelines for Americans memberikan rekomendasi bahwa anak-anak dan dewasa membutuhkan 45-46% karbohidrat dari total sehari dalam sehari. Hindari karbohidrat yang terlalu manis dan perbanyak karbohidrat yang berasal dari kacang-kacangna, buah, dan banyak lagi. Berikut adalah tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Anda kekurangan karbohidrat. 

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

2 dari 7 halaman

Tanda Anda Kekurangan Karbohidrat #1: Anda Memiliki Napas dengan Bau Tidak Sedap

bau mulutTujuan dari diet rendah karbohidrat adalah untuk membakar lemak sebagai candangan energy yang mengantikan fungsi dari karbohidrat, namun tidak semua ahli setuju bahwa proses ini dapat menyebabkan menurunnya berat badan jangka lama.

Saat tubuh membakar lemak, terjadi juga proses yang dinamakan ketosis, dimana tubuh mengeluarkan produk yang dinamakan keton. Keton di sisi lain dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Hal ini sangat sulit dihilangkan dengan menggosok gigi, flossing, atau hal lain.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

3 dari 7 halaman

Tanda Anda Kekurangan Karbohidrat #2: Anda Menjadi Lelah Dalam Berolahraga

lemah lemas ototSaat individu yang aktif secara fisik mengurangi intake dari karbohidrat, maka tubuh mulai menggunakan protein untuk fungsi otot.

Mengkonsumsi karbohidrat setelah berolahraga dapat mempercepat penyembuhan serta membantu Anda untuk rutinitas olahraga berikutnya.  

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

4 dari 7 halaman

Tanda Anda Kekurangan Karbohidrat #3: Anda Menjadi ?Lemot?

lemas lemahSeperti organ tubuh lainnya, otak membutuhkan karbohidrat untuk energi. Saat otak tidak mendapatkan energy yang cukup maka kemungkinan kerja otak tidak maksimal.

Sebuah studi kecil di tahun 2008 pernah menunjukkan bahwa wanita yang diet rendah karbohidrat memiliki hasil test memori yang rendah dibandingkan kelompok yang tidak diet nutrisi seimbang.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

5 dari 7 halaman

Tanda Anda Kekurangan Karbohidrat #4: Anda Menjadi Mudah Marah

pusing karbohidratOrang-orang dengan diet karbohidrat yang rendah akan lebih mudah terasa gusar, stress dan lelah, walaupun diet mereka dapat menghasilkan penurunan berat badan.

Salah satu penyebabnya adalah karbohidrat dibutuhkan untuk produksi serotonin (suatu kandungan di otak yang dibutuhkan untuk mood).  

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

6 dari 7 halaman

Tanda Anda Kekurangan Karbohidrat #5: Gangguan Pada Usus

Saat Anda mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang sedikit dapat terjadi gangguan dalam pola defekasi Anda. Dr. Stephen Sondike dari Children’s Hospital of Wisconsin melaporkan bahwa pada peserta diet rendah karbohidrat sering terjadi proses konstipasi (sulit BAB). Mengkonsumsi serat seperti sayur dan buah yang lebih banyak dapat membantu keadaan ini.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](EA)

 

Baca juga:

Tetap Fit Saat Lebaran & Mudik dengan Saripati Ayam

4 Masalah Tubuh yang Biasa Muncul Saat Mudik

6 Info Mudik Sehat Tanpa Nyeri Punggung

 
dewi ema anindiaDitulis oleh:
dr. Dewi Ema Anindia
Anggota Redaksi Medis
Klikdokter.com 

0 Komentar

Belum ada komentar