HomeIbu Dan anakKesehatan Anak10 Tips Menghadapi Anak Sulit Makan
Kesehatan Anak

10 Tips Menghadapi Anak Sulit Makan

Klikdokter, 19 Mei 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Apakah buah hati kamu pilih-pilih makanan? Atau apakah ia lebih suka main atau menonton televisi dibandingkan makan? Cobalah tips-tips di bawah ini untuk menghindari ?perang? di waktu makan si kecil..

10 Tips Menghadapi Anak Sulit Makan

KLIKDOKTER.COM - Apakah buah hati kamu pilih-pilih makanan? Atau apakah ia lebih suka main atau menonton televisi dibandingkan makan? Cobalah tips-tips di bawah ini untuk menghindari “perang” di waktu makan si kecil.

  • Hargai nafsu makan anak kamu

Bila anak tidak lapar, jangan paksa ia makan. Selain itu, jangan paksa anak untuk memakan makanan tertentu atau menghabiskan makanannya. Hal ini justru dapat memperkuat “perlawanan” anak terhadap makanan. Ia juga dapat mengasosiasikan waktu makan dengan rasa cemas dan frustasi. Sajikan makanan dalam porsi kecil dan berikan kesempatan baginya untuk meminta tambah.

  • Jangan keluar dari rutinitas

Sajikan makanan dan cemilan pada waktu yang kira-kira sama setiap harinya. Berikan jus buah atau susu bersama dengan makanan dan tawarkan air putih di antara waktu makan dan cemilan.

  • Bersabarlah dengan makanan baru

Kamu mungkin memerlukan pajanan terhadap makanan baru berulang kali sebelum akhirnya mau memakannya. Bicarakan mengenai warna, bentuk, aroma, dan tekstur makanan. Sajikan makanan baru dengan makanan favorit anak.

  • Jadikan makan kegiatan yang menyenangkan

Potong-potong makanan ke dalam berbagai bentuk yang menarik. Sajikan makanan dengan berbagai macam warna.

  • Libatkan anak kamu

Di toko atau pasar, minta anak untuk membantu kamu memilih buah, sayuraan, dan makanan sehat lain. Jangan beli apa pun yang kamu tidak inginkan untuk dimakan anak kamu. Di rumah, ajak anak untuk mencuci sayuran atau menyiapkan meja makan.

  • Beri contoh yang baik

Jika kamu makan berbagai makanan sehat, anak kamu akan mengikutinya.

  • Berusaha kreatif

Tambahkan brokoli atau paprika ke dalam saus spaghetti, hias sereal dengan potongan buah, dll.

  • Kurangi distraksi

Matikan televisi dan peralatan elektronik lain pada jam makan. Hal ini akan membantu anak kamu fokus dalam kegiatan makannya. Iklan televisi juga dapat menggoda anak kamu untuk memakan makanan yang manis.

  • Jangan tawarkan makanan pencuci mulut sebagai “hadiah"

Berikan makanan pencuci mulut yang manis 1 – 2 kali saja dalam seminggu atau ganti dengan buah dan yogurt.

  • Jangan siapkan makanan alternatif

Walau anak tidak mau makan, ajak anak untuk tetap duduk di tempat makannya selama jam makan. Terus sajikan makanan sehat sampai anak terbiasa dengannya.

 

Sebagai tambahan, catatlah jenis dan banyaknya makanan yang dimakan selama 3 hari terakhir oleh buah hati kamu. Bila kamu khawatir, kamu dapat membawa catatan tersebut dan mendiskusikannya dengan dokter anak kamu. Ingatlah bahwa kebiasaan makanan tidak dapat diubah dalam waktu satu malam, namun langkah-langkah kecil yang kamu lakukan sekarang dapat membantu membentuk kebiasaan makan sehat pada anak.

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan kamu di fitur Tanya Dokter di laman website kami.

(PNA)

 

Ditulis oleh:

dr. Puti Naindra Alevia

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com 

Anak Sulit Makan Selera Susah

Konsultasi Dokter Terkait