Sukses

Bayi Menangis Histeris Setelah Diberi ASI

17 Jan 2019, 10:02 WIB
Pria, 30 tahun.

bayi yang suka nangis histeris setelah di beri asi

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya menggunakan KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Adalah hal yang cukup aneh bila anak menangis histeris setelah diberi ASI. Sebab, proses menyusu sepatutnya menjadi proses yang sangat nyaman bagi bayi. Beberapa hal harus didalami terlebih dahulu mengenai hal ini.

Berapa usia bayi saat ini? Apakah bayi menangis ditengah-tengah proses menyusui? Bila bayi berusia kurang dari 3 bulan, ada kemungkinan bayi kurang puas dengan aliran ASI/ jumlah ASI, sehingga bayi menjadi stres dan menangis. Atau, apakah bayi berusia lebih dari 6 bulan? Apakah baru-baru ini ada perubahan di lingkungan bayi dan ibu, misalnya baru pindah rumah, baru berganti pengasuh, ibu berganti deodoran/ produk wewangian lain? Bila Ya, hal ini bisa menyebabkan anak mogok menyusu (nursing strike). Anak akan tampak rewel dan menolak untuk menyusui, hal ini disebabkan karena bayi sedang tidak nyaman dengan suatu perubahan. Bila ini benar yang terjadi, yang perlu dilakukan ibu adalah menghadapinya dengan sabar, memberikan banyak perhatian bagi bayi, dan terus menawarkan payudara pada bayi.

Masih ada kemungkinan lain yang menyebabkan bayi menangis histeris telah diberi ASI, misalnya karena kondisi bayi yang sedang sakit, dll. Ada baiknya bayi diperiksakan terlebih dahulu oleh dokter anak. Dengan pemeriksaan lengkap, penyebab masalah tersebut akan bisa diungkap.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam