Sukses

Garis Kehitaman Pada Perut

21 Dec 2018, 12:04 WIB
Pria, 18 tahun.

Garis-garis menghitam-hitam pada area dada,paha,pantat,perut pada saat hamil apa penyebabnya dan bagaimana cara mengobatinya?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah bertanya tentang linea nigra melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Garis hitam yang muncul dari bawah pusar ke pubis (area miss V) disebut dengan linea nigra. Umumnya linea nigra ini muncul pada kehamilan. Garis hitam kecoklatan tersebut berjalan vertikal dari pusar memanjang sampai ke pubis. Garis ini merupakan hiperpigmentasi yang terjadi karena peningkatan produksi dari pigmen melanin yang merupakan akibat dari peningkatan produksi estrogen. Pada wanita yang tidak hamil kemungkinan hiperpigmentasi in idisebabkan oleh melasma atau kehitaman pada kulit akibat peningkatan produksi melanosit yang meningkatkan pigmen melanin. Pemicunya antara lain adalah suplemen estrogen, pil kontrasepsi, kehamilan, hipersensitif terhadap kadar estrogen normal, dan pajanan sinar matahari. 

Bila Anda terganggu dengan hal ini, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis kulit agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik langsung karena memang kelainan kulit paling baik diperiksa secara langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.