Sukses

Usia 11 Bulan Belum Bisa Duduk Sendiri

20 Dec 2018, 13:47 WIB
Pria, 46 tahun.

Dears dokter, usia bayi saya sudah 11 bulan. tapi sampai skrg blm bisa bangun dari tidurr sendiri untuk duduk apalagi utk belajar berjalan, untuk tengkurap di mulai usia 5 bulan, gigi sudah mau 8 bh. Kenapa y dokter, apa ada solusi terbaik untuk bayi saya maaakasih

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Kondisi si Kecil memang perlu mendapatkan perhatian. Memang, seharusnya pada usia sekitar itu, bayi sudah dapat duduk sendiri.

Untuk mengatasi penyebabnya, tentu harus diperiksa secara menyeluruh semua aspek tumbuh kembangnya, dan ini sebaiknya dilakukan oleh dokter anak. Oleh sebab itu, sebaiknya bawa si Kecil kontrol ke dokter spesialis anak, boleh ke yang ahli tumbuh kembang.

Di rumah, coba Anda bantu dengan melakukan latihan-latihan yang ditujukan untuk memperkuat otot lehernya.

Cara-cara yang dapat dilakukan adalah seperti berikut:

Mengembangkan fungsi kontrol terhadap kepala

Latih bayi agar otot-otot lehernya kuat. Letakkan bayi pada posisi telentang. Pegang kedua pergelangan tangan bayi, tarik bayi perlahan-lahan ke arah anda, hingga badan bayi terangkat ke posisi setengah duduk. Jika bayi belum dapat mengontrol kepalanya (kepala bayi tidak ikut terangkat), jangan lakukan latihan ini. Tunggu sampai otot-otot leher bayi lebih kuat.

Duduk

Bantu bayi agar bisa duduk sendiri. Mula-mula bayi didudukkan di kursi dengan sandaran agar tidak jatuh kebelakang. Ketika bayi dalam posisi duduk, beri mainan kecil ditangannya. Jika bayi belum bisa duduk tegak, pegang badan bayi. Jika bayi bisa duduk tegak, dudukkan bayi di lantai yang beralaskan selimut, tanpa sandaran atau penyangga.

Anak pada umumnya memang diharapkan sudah dapat merangkak ketika menginjak usia 6-9 bulan. Saat ini anak Anda memang belum bisa merangkak,  setiap anak dapat memiliki variasi dalam pencapaian perkembangannya.

Untuk perkembangan yang optimal, diperlukan peran Anda dan setiap orang yang berada di sekitar buah hati untuk merangsang perkembangannya dengan memberikan stimulasi secara periodik dan teratur.

Yang harus diingat adalah agar stimulasi tersebut dilakukan secara rutin dan bertahap hingga anak dapat mencapai perkembangannya dengan baik.

Merangkak

Letakkan sebuah mainan di luar jangkauan bayi, usahakan agar ia mau merangkak ke arah mainan dengan menggunakan kedua tangan dan lututnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)