Sukses

Bayi 4 Bulan MPASI

26 Nov 2018, 06:17 WIB
Pria, 22 tahun.

Mau tanya dok, anak saya umur 4bulan emg boleh ya dikasih mkn?

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Berbagai organisasi kesehatan di dunia menganjurkan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan. Artinya ASI saja tanpa tambahan apapun. Ini bukan tanpa alasan, akan tetapi karena ASI sudah bisa memberikan kecukupan gizi selama periode tersebut.

Sebenarnya, sejak usia 4-6 bulan, bayi sudah mulai mampu mengontrol kepala dan memiliki koordinasi mulut. Selain itu, gusi bayi mulai mengeras dan saluran pencernaan bayi sudah mulai menghasilkan enzim-enzim pencernaan. Namun pada usia 4-6 bulan, kemampuan makan bayi baru dalam tahap perkembangan, sehingga belum cukup sempurna untuk menerima makanan semi padat.

Bayi baru benar-benar siap untuk menerima makanan semi padat pada usia 6 bulan, sehingga berbagai organisasi kesehatan anak di dunia hingga saat ini menyarankan pemberian MPASI dimulai pada usia 6 bulan.

Jika MPASI dimulai terlalu cepat, bayi akan lebih jarang minum ASI sehingga kebutuhan gizinya tidak terpenuhi. MPASI di awal-awal hanya bersifat tambahan, makanan utamanya tetap ASI. Oleh sebab itu, pemberian MPASI yang terlalu cepat juga berisiko membuat bayi malnutrisi.

Jika bayi Anda terlihat masih lapar di usia-usia ini memang wajar, karena usia 4 bulan tergolong tahapan tumbuh cepat dimana ia membutuhkan kalori yang lebih. Sering-sering saja disusui agar produksi ASI makin banyak sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi.

Jika ada kendala dalam hal menyusui, Anda bisa berkonsultasi dengan konsultan laktasi di kota Anda.

Namun, jika bayi Anda tidak ASI eksklusif, melainkan meminum juga susu formula dalam proporsi yang lebih besar ketimbang ASI, maka MPASI dapat dimulai sejak 4-5 bulan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)