Sukses

Stres Bikin Terlambat Haid?
06 Jan 2018, 15:17 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok, saya mau tanya saya sudah 43 hari terlambat haid. Sebelumnya pada bulan Desember yang lalu pada pertengahan bulan ketika saya BAK saya mendapati ada sedikit bercak darah saya pikir saya akan haid tapi setelah saya tunggu saya tidak juga haid. Seminggu kemudian saya mengalami keputihan yang sangat banyak selama seminggu berturut - turut dan juga mengalami gejala2 seperti haid di ikuti dengan pusing, flu dan demam, tapi setelahnya saya belum juga haid sampai saat ini dan saya dalam kondisi yg sangat stabil tidak sedang stress atau apapun. Kira2 apa yg terjadi dgn saya? Saya belum pernah terlambat haid selama ini walaupun dalam keadaan stress. Terima kasih.

Terimakasih telah bertanya tentang terlambat haid melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Terlambat haid 1-2 kali setahun merupakan hal yang umum terjadi dan dapat disebabkan oleh banyak hal, yaitu:

Perubahan berat badan (baik peningkatan/penurunan BB) yang drastisExercise berlebihanCrash dietMerokok, minum alkohol, minum kopi berlebihanMenggunakan obat-obatan tertentu (hormon, kemoterapi, obat psikotik)Stress psikologisPenyakit kandungan (sindrom ovarium polikistik, myoma uteri, polip rahim, kista rahim, endometriosis)Penyakit lainnya seperti gangguan tiroidStres yang dialami baik stres fisik maupun psikologis kerap menimbulkan keterlambatan haid. Pada saat stres, otak akan mengirimkan pesan kimia yang menghambat hormon reproduksi sehingga haid tidak atau lambat terjadi.

Kami berikan pula 2 tips gaya hidup sehat agar haid Anda lebih teratur:

1. Cari waktu untuk rileks setelah bekerja. Dapat berupa mandi air hangat, membaca, yoga, atau aktivitas apapun yang Anda senangi dan membuat Anda merasa rileks.

2. Usahakan konsumsi beragam jenis makanan sehat, yang berasal dari buah, sayur, karbohidrat dan lemak sehat, serta protein yang cukup. Suplemen multivitamin juga diperbolehkan.Bila keluhan ini berlanjut terus, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kebidanan dan kandungan.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar terlambat haid. Semoga bermanfaat.